Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Rabu, 20 Februari 2013

Daftar Top 10 Karakter Anime Terbaik 2012


Salah satu yang membuat anime menarik adalah kehadiran chara atau tokoh-tokohnya, baik tokoh utama, antagonis, maupun hanya peran pembantu/figuran. Kenapa menarik? Karena biasanya mereka tampil dengan gaya berpakaian, sikap dan karakteristik masing-masing yang kadang membuat banyak fans anime memfavoritkan mereka.

Nah, seperti tahun sebelumnya, kali ini FUN sudah menyeleksi beberapa karakter yang muncul di anime-anime tahun 2012 lalu. Karakter tersebut dinilai berdasarkan desain, perkembangan karakter, hingga keunikan dan perannya dalam anime tersebut. Sehingga penilaian ini bisa jadi akan sangat subyektif.

So, langsung saja, inilah daftar kesepuluh tokoh anime terbaik tahun 2012 menurut FUN :

#10 Kuroyukihime (Accel World)

Daftar ini dibuka dengan seorang gadis terpopuler di SMP Umezato, Kuroyukihime. Namun siapa sangka, Kuroyukihime yang elegan dan terlihat seperti gadis manis yang normal, ternyata seorang Burst Linker dan pemimpin dari Nega Nebulus Legion di dunia Accel World. Selain desain penampilan Kuroyukihime yang menarik, perkembangan karakternya dalam anime Accel World juga lah yang membuat Kuroyukihime masuk dalam daftar FUN sebagai salah satu yang terbaik.

#9 Haru Yoshida (Tonari no Kaibutsu-Kun)

Di peringkat kesembilan, dihuni oleh protagonis laki-laki dari anime drama komedi Tonari no Kaibutsu-Kun, Yoshida Haru. FUN memasukkan Yoshida Haru ke dalam daftar lantaran karakternya yang unik. Terkenal sebagai seorang "monster" di sekolahnya karena memiliki tenaga dan keberanian yang besar. Apalagi track record-nya sebagai seorang pembuat masalah semakin menambah suram namanya. Namun siapa sangka, dibalik sifatnya yang emosional, Haru merupakan seorang siswa tercerdas di sekolah dengan nilai-nilai yang tak pernah tergeser dari peringkat atas. Haru juga memiliki tingkah yang aneh, dari memelihara ayam di sekolah hingga mudah dibohongi. Terlepas dari itu, desain penampilan Haru yang tampan memang menjadi poin tersendiri.

#8 Ryuzen Goto (Kokoro Connect)

Satu-satunya karakter figuran yang tidak terlalu mencolok yang masuk dalam daftar FUN. Digambarkan sebagai seorang guru yang terlalu humoris dan santai, sehingga kurang disegani atau kurang dihormati oleh murid-muridnya. Pria yang akrab dipanggil Go-san ini dihadapan klub peneliti ilmu budaya lebih dianggap sebagai teman dibandingkan guru. Kenapa bisa masuk daftar FUN? Tak lain karena perubahan karakter yang sangat signifikan ketika dirinya dimasuki oleh semacam roh, Fusen Kazura. Ketika "kesurupan" itulah, dari sikap, tingkah laku, hingga suaranya akan berbeda 180 derajat.
Mendengarkan Go-san ketika dirasuki Fusen Kazura terkadang membuat bulu kuduk merinding. Apalagi kesurupan bisa terjadi secara tiba-tiba. Sungguh chara jenius yang terkadang luput dari perhatian. Jika tahun 2011 dulu, sahabat menyukai chara Kyuubey, mungkin akan suka pula dengan chara satu ini :D

#7 Kirigaya "Kirito" Kazuto (Sword Art Online)

Siapa yang tidak kenal Kirito dari anime Sword Art Online? Anime yang melejit dan sangat populer di tahun 2012 tersebut mengantarkan Kirito sebagai salah satu tokoh terfavorit, berpasangan dengan Asuna. Digambarkan sebagai seorang gamer akut yang menjajal game Sword Art Online. Meski di awal tampak biasa, Kirito mengalami perkembangan karakter yang drastis (atau sangat drastis sekali) dengan menjadi seorang gamer tak terkalahkan, memiliki level relatif sangat tinggi, dan item-item langka. Penggambaran Kirito yang overpowered yang mungkin menjadikannya populer, dan karena alasan itulah Kirito berada di peringat ketujuh di daftar FUN.

#6 Black★Rock Shooter (Black★Rock Shooter)

Di posisi keenam, dihuni karakter populer dari anime yang mengambil namanya sebagai judul, Black Rock Shooter. Chara original yang terlahir dari tangan seorang ilustrator bernama Ryohei "Huke" Fuke ini langsung melejit dan populer dengan banyaknya adaptasi berdasarkan karakter ini, seperti 8 episode serial televisi, OVA dan sebuah music video garapan Ryo "Supercell". Tidak heran jika ketika orang ditanya alasan kenapa menonton BlackRock Shooter, kebanyakan dari mereka akan menyebutkan kehadiran karakter ini sebagai alasannya.

#5 Mei Misaki (Another)

Membuka daftar 5 besar karakter terbaik, dihuni oleh gadis misterius dari anime Another, Mei Misaki. Gadis kelas III SMP Yomiyama ini memang kental dengan unsur misteri, tatapan yang sendu, suasana yang suram, gaya bicaranya, ditambah mata kirinya yang selalu tertutup. Belakang diketahui bahwa mata kirinya memiliki kekuatan dapat melihat hal-hal yang seharusnya tak terlihat - dapat melihat orang-orang yang dekat dengan ajalnya, atau bahkan orang-orang yang sudah meninggal.

#4 Houtarou Oreki (Hyouka)

"If I don't have to do it, I won't. If I have to do it, I'll make it quick"
Mungkin itulah kata-kata yang dapat menggambarkan karakter satu ini, Houtarou Oreki dari anime Hyouka. Ditampilkan sebagai seorang anak SMA berambut coklat yang terkadang berantakan, dengan mata hijau dan selalu redup. Menunjukkan perawakannya yang sebenarnya, yakni pemalas - meskipun sikapnya itu diterjemahkannya sebagai sikap "menyimpan energi". Namun dibalik sikapnya itu, Oreki adalah seorang pemuda cerdas, mampu memecahkan misteri-misteri sulit dengan cepat. Dengan kebiasaannya memegang poni, maka sesulit apapun, akan dapat ditemukan solusinya. Sesuai dengan kalimatnya, "If I don't have to do it, I won't. If I have to do it, I'll make it quick" - dan itulah yang menyebabkan Oreki berada di peringkat keempat dalam daftar FUN.

#3 Rikka Takanashi (Chuunibyou demo Koi ga Shitai!)

Di peringkat ketiga ada pengidap Chuunibyou akut dari anime Chuunibyou demo Koi ga Shitai, Rikka Takanashi. Digambarkan sebagai seorang perempuan berperawakan kecil nan imut dengan mata kiri yang tertutup. Perilakunya sebagai seorang Chuunibyou adalah yang membuatnya berada di posisi ini, tingkah lakunya yang polos dan lucu kerap kali mengundang tawa serta imajinasi chuunibyou-nya yang seakan tidak ada habisnya. Karakter Rikka membuat sebagian orang mendambakan adik seperti ini, yang aneh, yang kadang merepotkan, namun mempunyai sisi lain untuk bisa tetap tegar menghadapi beratnya hidup.

#2 Rea Sanka (Sankarea)

Dan posisi Runner Up dihuni oleh karakter cantik dari anime Sankarea, Rea Sanka. Sudah bisa ditebak jika alasannya menembus runner up adalah karena penampilannya. Ya, Rea memang digambarkan sebagai seorang perempuan nyaris sempurna, cantik, supel, murah senyum, baik, pintar, dan kaya. Namun dibalik senyumnya yang disukai banyak orang, Rea hanyalah seorang anak malang yang jenuh dan sedih dengan kehidupan keluarga kaya raya-nya yang aneh. Rea begitu mendambakan kehidupan normal layaknya anak perempuan lain. Dan itu, ditemukannya ketika bertemu dengan Furuya. Bagi FUN sendiri, Rea Sanka mengingatkan pada sosok Chii dari anime Chobits. Jika Chii dalam anime chobits adalah seorang persocom, tapi kalau Rea Sanka, di adalah seorang... Errr... silakan dilihat sendiri animenya :D

#1 Koko Hekmatyar (Jormungand)

Dan inilah karakter yang menjadi jawara di tahun 2012 ini, seorang bos wanita dari grup pedagang senjata HCLI divisi Eropa dan Afrika dalam anime sangar Jormugand, Koko Hekmatyar. Gadis yang selalu dikawal kelompok bersenjata elite karena selalu terancam jiwanya ini memang hadir dengan membawa karakter yang mutlak ada dalam anime tembak-tembakan. Tegas, jenius, agak licik, dan penuh dengan perhitungan serta strategi yang membuat terjungkal lawan-lawannya. Namun dibalik sifat-sifat itu, poin terbesar dari Koko adalah kharismanya yang terpancar, sehingga meski berusia muda, namun mampu menyelesaikan misi-misi sulit dan menjadi atasan yang disegani para bawahannya.


Memang jika melihat dari penampilan, orang awam akan mengernyitkan dahi. Koko tidak memiliki wajah 'moe' seperti kebanyakan karakter perempuan di atas, atau tampilan pakaiannya yang terbilang resmi. Namun terlepas dari itu semua, FUN menempatkan gadis yang selalu tersenyum ini sebagai karakter terbaik karena perannya dalam animanga Jormungand sangatlah vital. Tidak ada Jormungand tanpa Koko, begitu pula sebaliknya. Karena Jormungand sendiri ada di dalam otak Koko Hekmatyar, dan dalam animenya sendiri, baik jalan cerita atau bahkan pikiran penonton selalu menebak-nebak apa yang dipikirkan Koko.

Jadi rasanya tidak salah jika FUN memilih karakter sehebat ini berada di peringkat pertama.

Nah, itulah daftar 10 karakter terbaik menurut FUN di tahun 2012 ini. Jika sahabat mempunyai karakter jagoannya sendiri yang belum masuk dalam daftar FUN, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar :)

Referensi :
Daftar Top 10 Karakter Anime Terbaik 2012 part 1
Daftar Top 10 Karakter Anime Terbaik 2012 part 2

6 komentar:

  1. Wahh Rikka Takanashi masuk ya...
    Wahh Imut bgtt Tuhhh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. pengen punya adik kayak gitu :D

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  2. setuju gan ,koko hekmatyar punya karater kuat tu..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe... setuju..
      perannya dalam anime jormungand sangat vital..
      bahkan punya lagu tema sendiri :D

      Hapus
  3. izin copas bisa gk... postingan yg ada di blog ini gan ?

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...