Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Kamis, 11 November 2010

5 Kamen Rider Terbaik

Kali ini FUN akan membahas Kamen Rider, serial tokusatsu tersukses di Jepang.

Namun bukan Kamen Rider Showa yang dimulai sejak Kamen Rider ichigo tahun 1971 sampai Kamen Rider Black RX yang berakhir tahun 1989. Melainkan Kamen Rider Heisei yang memainkan babak baru Kamen Rider di era modern sekarang ini. Kamen Rider Heisei yang dimulai dengan Kamen Rider Kuuga yang pertama kali ditayangkan tahun 2000, hingga berlanjut sampai sekarang ini, memberikan rasa yang berbeda dari Kamen Rider Showa. Hal ini tampak dari ide cerita, kostum, hingga tentu saja, spesial efek yang semakin canggih.


So, dari Kamen Rider Heisei yang telah muncul hingga saat ini, ada 5 serial Kamen Rider yang terbaik (menurut saya). Berikut urutan dan pertimbangannya :



#5 Kamen Rider Decade





"Subete O Hakaishi, Subete O Tsunage"

Kamen Rider dengan tagline "hancurkan semua, hubungkan semua" ini pertama kali diputar pada awal 2009. Sesuai namanya, Kamen Rider Decade merupakan Kamen Rider tahun kesepuluh dari serial Kamen Rider Heisei. Pada saat awal kemunculannya, saya langsung tertarik dengan Kamen Rider berwarna pink ini, konsep yang dibawanya yakni Kamen Rider yang "numpang lewat" di dunia Kamen Rider-Kamen Rider yang lain, menjadikan serial ini menarik di tiap episodenya karena tema cerita, setting, musuh, dan teman seperjuangan (atau "senjata" lebih tepatnya) yang selalu berganti.


Kesan yang bagus ini sudah ditunjukkan pada episode perdananya yang memukau, bahkan bisa dikatakan merupakan episode pertama yang terbagus dari semua serial Kamen Rider Heisei.
Namun tentu saja Kamen Rider yang konon terkuat ini mempunyai banyak kelemahan, selain faktor kostumnya, juga kualitas ceritanya yang semakin menurun seiring waktu, terlebih ketika berada di dunia Kamen Rider Showa, jalan cerita dan endingnya seperti dipaksakan. Bahkan mendekati akhir serial Kamen Rider Decade malah tidak ada endingnya, karena ending serial kamen Rider Decade langsung terhubung dengan movie-nya yakni All Rider vs Dai Shocker.


Tapi movie-nya pun lagi-lagi juga terlihat dipaksakan. Kesan dipaksakan itu paling tidak terlihat dari 3 poin, poin pertama memaksakan untuk menyambung dengan serialnya, kedua memaksakan untuk mengeluarkan semua musuh dan semua rider hingga jadi aneh jalan ceritanya, dan terakhir memaksakan untuk mengeluarkan Kamen Rider W yang sungguh sangat tidak penting kehadirannya.


Hal inilah yang menyebabkan Kamen Rider Decade, yang walaupun mempunyai konsep yang bagus, berada di urutan kelima.



#4 Kamen Rider Blade







Kamen Rider yang ditayangkan pertama kali di tahun 2004 ini mempunyai konsep dan ide dasar yang menarik. Tentang legenda manusia dan para Undead yang berlangsung sejak dahulu kala, juga konsep menyegel setiap undead (monster dalam serial ini) yang berhasil dikalahkan ke dalam kartu. Uniknya lagi, para Kamen Rider dapat menggunakan kartu tersebut untuk meminjam kekuatan dari Undead yang berhasil dikalahkannya. Lebih uniknya lagi, kartu tersebut dapat di combo untuk menghasilkan kekuatan yang lebih mantap dan bahkan berubah ke tingkat yang lebih kuat untuk mengalahkan setiap musuh yang ada. Dahsyat.


Namun banyak bagian dari Kamen Rider Blade yang seperti mengambil dari Kamen Rider sebelumnya, seperti penggunaan kartu yang meniru Kamen Rider Ryuuki, adanya tokoh utama yang ternyata undead meniru Kamen Rider 555, dan lain sebagainya.


Namun alasan Kamen Rider Blade berada di urutan keempat meskipun begitu bagus adalah karena terkesan biasa, kurang greget dalam jalan ceritanya, terutama karakter manusianya yang (menurut saya) kurang menonjol.



#3 Kamen Rider Kabuto






"My grandmother said this..."


Kamen Rider Kabuto yang pertama kali muncul di tahun 2006 ini muncul dengan konsep Kamen Rider asli kuatnya. Menggunakan sistem Clock-Up yang mampu membuatnya bergerak lebih cepat dan sistem Hyper clock-Up yang bahkan membuat Kamen Ridernya dapat memutar waktu dan kembali ke masa lalu. Dengan kemampuan sebegitu dahsyat, tak heran menurut poling di Jepang, merupakan Kamen Rider terkuat hingga saat ini (atau saat itu, karena Decade belum muncul saat itu).


Tak hanya wujud Kamen Rider Kabuto yang kuat, juga wujud manusianya yakni Souji Kusakabe Tendou yang digambarkan sempurna. Tendou yang penurut kata-kata nenek ini adalah sosok laki-laki tangguh, kuat, pintar memasak (atau pintar segala hal), dan penuh keberuntungan, setiap yang dilakukannya selalu sempurna dan berjalan sesuai perkiraannya.


Jadi, satu poin yang membuat Kamen Rider Kabuto berada setingkat di atas Blade adalah karakter manusianya yang menonjol. Setiap karakter mempunyai keunikan sendiri dan hubungan di antara mereka menjadi cerita yang menarik untuk diikuti. Jalan cerita juga mengalir dengan teka-teki yang terus berusaha diungkap sampai akhir membuat para fans tak sabar menanti setiap episodenya.


Dengan desain kostum yang keren dan terlihat tangguh, ditambah dengan versi Movie-nya yang juga tidak mengecewakan, yakni God Speed Love, bisa memberikan sisi lain dari Kamen Rider Kabuto secara baik.



#2 Kamen Rider Ryuki






Kamen Rider Ryuki yang pertama kali muncul tahun 2002 ini menyajikan serial Kamen Rider yang sungguh berbeda dari Kamen Rider sebelumnya. Penggunaan bentuk naga, dan bukan serangga seperti Kamen Rider pada umumnya adalah satu diantaranya. Bisa jadi, Kamen Rider Ryuki lah yang mengawali keragaman konsep dan jalan cerita Kamen Rider selanjutnya. Karena bisa dikatakan, Kamen Rider sebelum-sebelumnya adalah seorang super hero tulen yang membela kebenaran dan membasmi kejahatan, menyelamatkan umat manusia dari monster jahat, dan segepok konsep yang...yah...begitu-begitu saja. Dengan Kamen Rider Ryuuki, seolah pakem dasar Kamen Rider diubah dan diolah menjadi lebih bercerita, lebih manusiawi dan lebih kaya.


13 Kamen Rider bertarung dan saling bertarung di dunia cermin, selain untuk menyelamatkan umat manusia yang diserang monster, tujuan utamanya adalah untuk menjadi yang terkuat dan pemenang diantara yang lain, dimana sang pemenang akan dikabulkan satu permintaannya. Konsep cerita itu sungguh merupakan revolusioner dalam sejarah Kamen Rider, jumlah Rider yang tidak tanggung-tanggung yakni 13, menjadikan serial lebih menarik.


Sifat-sifat Kamen Ridernya juga tidak seperti Kamen Rider sebelumnya, bahkan di Kamen Rider Ryuki tidak ada tokoh yang benar-benar menjadi super hero sejati. Shinji Kido (Ryuki) si tokoh utama adalah orang yang naif, tak berpendirian, bodoh tapi berhati baik. Ren Akiyama (Knight) yang misterius, Suichi Kitaoka (Zolda) si pengacara yang pesakitan, hingga Takeshi Asakura (Ohja) yang preman tulen.


Sebagai tambahan, Kamen Rider Ryuki mempunyai 3 ending yang berbeda, yakni ending serial tv, ending spesial Kamen Rider Ryuki : 13 Rider, dan ending movie-nya yang berjudul Kamen rider Ryuki : Episode Final yang memukau. Sekedar catatan, versi Hyper Battle yang mempertemukan Ryuki dengan Agito adalah salah satu yang terbaik di antara Hyper Battle dari serial Kamen Rider lainnya.


Dengan segala keunikannya, salah satu Kamen Rider tersukses di Jepang ini layak mendapat peringkat kedua.



#1 Kamen Rider 555






Mungkin tak berlebihan jika menjadikan Kamen Rider 555 atau Faiz adalah yang terbaik hingga saat ini. Kamen Rider yang pertama kali muncul tahun 2003 ini memiliki sejumlah kelebihan yang menjadikannya layak.


Dari kostumnya, tidak hanya kostum Kamen Rider 555 dan Kaixa yang memang keren, juga desain Orpnoch (monster dalam serial ini) yang bagus. walaupun hanya bewarna abu-abu, keorisinalitasnya menjadikan desain monster Orpnoch di Kamen Rider 555 adalah yang terbaik dibanding serial Kamen Rider lainnya.
Jalan ceritanya yang kompleks dan penuh teka-teki menjadikan serial ini menarik untuk diikuti. Kenyataan-kenyataan yang mengejutkan yang terkuak seiring berjalannya serial, membuat para fans penasaran. Terlebih ketika mengetahui rahasia sebenarnya dari Inui Takumi si tokoh utama.


Karakter-karakter manusianya pun juga begitu menonjol, sekilas bahkan menjadi mirip dorama. Hubungan cinta, kekeluargaan, dan persahabatan membuat cerita sosok manusianya tidak kalah bagusnya dengan pertarungan Kamen Rider melawan Orpnoch yang menjadi inti cerita. Gaya bertarung 555 yang seperti preman dan tidak bergaya layaknya Kamen Rider sebelumnya juga menjadi keunikan sendiri.


Versi movie-nya yakni Kamen Rider 555 : Paradise Lost adalah versi movie Kamen Rider yang terbaik. Movie yang bisa dikatakan another ending dari serial ini menampilkan ide cerita yang mantap dimana bumi sudah dipenuhi Orpnoch dan hanya sedikit manusia yang tersisa. Disini kehadiran monster sudah biasa, malah jika Kamen Rider yang muncul, para manusia langsung lari tunggang langgang seperti melihat monster. Jalinan ceritanya, perkembangan karakter, dan ending pertarungan yang baik sudah cukup membuatnya menjadi versi movie terbaik diantara movie dari serial lainnya.


Dengan segala ke-terbaik-an nya, tak heran Kamen Rider 555 menjadi yang terbaik dari serial Kamen Rider yang pernah ada.


Sumber gambar : google.com

22 komentar:

  1. Gan, sekarang kan udah ada W (Double), OOO (OZ), Fourze, dan Wizard... gimana menurut agan? masih kalah dari yg 5 terbaik ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, semua punya keunikan masing2..
      mungkin nanti akan ada 5 kamen rider terbaik di era setelah decade.. :)

      Hapus
  2. yang keren tuh W, pake flashdisk USB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, konsep W yang pakai USB memang unik :D

      Hapus
  3. waah..... kamen rider favoritku nomor satu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, selamat kalau begitu... :D

      Hapus
  4. Mantap gan saya setuju kamen rider faiz nomor satu karena style berpakaiannya juga keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang dari berbagai sisi, baik kostum, gaya tarung, henshin style, Faiz terlihat paling mantap..
      :D
      apalagi gaya tarung ala preman nya itu :D

      Hapus
  5. Dan Puella Magi Madoka Magica adalah versi cantik 12 episode-nya Kamen Rider Ryuki... dilihat dari banyak aspek, dimulai dari contract sama mystical beast sampai di endingya si hitamlah yang survive sampai akhir... CMIIW

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, bisa juga sampai situ :D
      tapi ending ryuuki ada banyak lho, ada tiga : dua mengambang dan satu nggak enak :D
      sementara Madomagi sepertinya happy ending :D

      Hapus
  6. Setuju gan,
    tetapi kalau melihat serangan dan daya tarik kamen rider-nya decade lah yg bisa melakukannya sekaligus..,
    decade yg selalu bersikap santai membuat penonton jadi penasaran..
    ditambah dhiend yg selalu memanggil k.rider yag lain..,
    mantap deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. sipp... emang kamen rider decade mantap :D

      Hapus
  7. wah keren gan... kamen rider 555 tetap nomr satu hehe..
    i like it...
    tambah keren gan kalo teknologi kamen rider 555 terus dikembangkan dan membuat film baru wah ... kemungkinan pasti nonton saya hehehe

    BalasHapus
  8. Gan seharusya yg nomor satu tu kuuga rising ultimate kekuatan yg bisa menghancurkan bumi dengan sekejap dan bisa mebangkitkan rider jahat berubahan juga keren sampai saat ini berubahan ya sampai kuuga ultimate rising apalagi jika dia berupah final rising ultimate pasti tak terkalakan itu pun bukan berubahan terahir dari rider kuuga

    BalasHapus
  9. Kamen rider Gaem gan dengan tagline "Berbuah"

    BalasHapus
  10. kamen Rider Kuuga Versi Yusuke Godai lah Kamen Rider terhebat bukan yang pertama maupun bukan yang kedua atau seterusnya tapi terhebat sepanjang Kamen Rider

    BalasHapus
  11. kamen Rider Kuuga Versi Yusuke Godai lah Kamen Rider terhebat bukan yang pertama maupun bukan yang kedua atau seterusnya tapi terhebat sepanjang Kamen Rider

    BalasHapus
  12. Bukannya karena kamen rider favorit saya 555 sih, tapi menurut saya sejauh ini memang kamen rider 555 yang terbaik. karena jalur ceritanya yang compleks, dan perwujudan henshinnya yang nggak terlalu muluk-muluk. terima kasih artikelnya, pembahasannya bagus.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...