Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Rabu, 27 Februari 2013

Nominasi Penghargaan Osamu Tezuka Cultural Prize Ke-17 Diumumkan

Surat kabar Asahi Shimbun pada hari selasa silam, telah mengumumkan tujuh manga yang dinominasi untuk Osamu Tezuka Cultural Prize ke-17.


Bagi yang belum tahu, Osamu Tezuka Cultural Prize ini berbeda dengan Tezuka Award - sebuah penghargaan bagi mangaka baru yang diberikan oleh Shueisha dalam majalah Weekly Shonen Jump yang lebih familiar di kalangan penggemar manga.

Nah, kalau Osamu Tezuka Cultural Prize sendiri adalah penghargaan yang diberikan guna memperingati kontribusi dari sang pelopor manga Osamu Tezuka - "dewa manga" yang merupakan author dari Astro Boy, Kimba White Lion, Phoenix, Black Jack, dan masih banyak lagi. Cakupan dari penghargaan ini tentu lebih luas dari Tezuka Award yakni manga-manga yang paling mengikuti pendekatan manga Osamu Tezuka.

Komite penilai nominasi tahun ini mencakup novelis Atsuko Asano, mangaka Keiko Takemiya, mangaka Go Nagai, editor manga Haruyuki Nakano, dan profesor Jaqueline Berndt dari Kyoto Seika University. Nominasinya sendiri dipilih di antara karya-karya yang dipublikasikan dari Januari hingga Desember 2012.

Tak hanya kebanggan yang diterima mangaka, penghargaan tersebut juga menyediakan hadiah 2 juta yen - atau sekitar US $ 22.000 plus piala patung Astro Boy karya Tezuka sebagai hadiah - bagi peraih Manga Grand Prize tersebut.

Selain itu, 1 juta yen (atau senilai US $ 11.000) pjuga diberikan bagi para pemenang kategori New Artist Prize, Short Work Prize, dan the Special Prize setiap tahunnya. Para pemenangnya sendiri akan diumumkan pada akhir April mendatang, dalam upacara penghargaan yang akan berlangsung pada tanggal 31 Mei 2013.

Ketujuh manga nominator Tezuka Awards Ke-17 tersebut, antara lain :

Judul : I
Mangaka : Mikio Igarashi
Penerbit : Shogakukan










Judul : Kingdom
Mangaka : Yasuhisa Hara
Penerbit : Shueisha











Judul : Silver Spoon
Mangaka : Hiromu Arakawa
Penerbit : Shogakukan











Judul : March comes in like a lion
Mangaka : Chica Umino
Penerbit : Hakusensha











Judul : Shōwa Genroku Rakugo Shinjū
Mangaka : Haruko Kumota
Penerbit : Kodansha








Judul : Hi Score Girl
Mangaka : Rensuke Oshikiri
Penerbit : Square Enix








Judul : Hitsuji no Ki
Mangaka :
Story : Tatsuhiko Yamagami
Art : Mikio Igarashi
Penerbit : Kodansha








Hmm.. Tampaknya tahun ini memang tahunnya Silver Spoon karya Arakawa-sensei. Manga tersebut kembali masuk penghargaan setelah sebelumnya sempat memenangkan Shogakukan Manga Awards dan tahun lalu berhasil meraih Manga Taisho Awards 2012.


Referensi : Comic Natalie via ANN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...