Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Selasa, 19 Februari 2013

6 Masakan Anime Terenak part 2

Melanjutkan 6 Masakan Anime Terenak part 1, berikut posisi ketiga hingga keempat masakan anime manga paling enak (atau paling ingin dicicipi?) versi FUN, langsung saja :

#3 Baby Kailan/Peking Duck - Master Cooking Boy
Tidak perlu adu jotos, selesaikan semua masalah dengan adu masak.
Dan inilah, anime masakan yang seringkali menampilkan masakan yang atraktif dan fantastis. Nah, kira-kira masakan apa yang FUN pilihkan dari animenya Liu Mao Tsing ini?
Yak, dia adalah Ca Baby Kailan yang sempat muncul di jilid awal Master Cooking Boy.
Penampakan Ca baby Kailan, walau cuma sayuran, tapi tetap saja bikin lapar.
Kenapa memilih menu itu? Karena jujur, begitu FUN melihatnya pertama kali saat kecil, FUN mendadak jadi gemar makan sayur, Mungkin karena "tersihir" cita rasa yang digembar-gemborkan di animenya.
Kailan sendiri merupakan sayuran berdaun tebal, datar, mengkilap, berwarna hijau, dengan batang tebal dan sejumlah kecil kepala bunga berukuran kecil hampir vestigial mirip dengan bunga pada brokoli. Kailan termasuk dalam spesies yang sama dengan brokoli dan kembang kol, yaitu Brassica oleracea.Umur 20-30  adalah masa panen untuk menghasilkan sayur baby kailan seperti yang digunakan Liu. Sedang umur 35-45 hari adalah masa panen untuk sayur kailan dewasa.
Sayuran kailan lazim digunakan dalam masakan Tionghoa, dan terutama dalam masakan Kanton. Sayur ini biasa ditumis dengan bumbu jahe dan bawang putih, atau direbus dan dihidangkan dengan saus tiram. Daun maupun batang kailan dapat dimakan, biasanya dipotong-potong kecil sebelum dimasak. Yah, mirip yang dibuat Liu pokoknya.
Selain baby kailan, Liu juga pernah memasak bebek peking.
Pasti pertanyaannya : mana bebeknya? ko ngga keliatan?
Bebek Peking sendiri adalah makanan tradisional di Tiongkok yang berasal dari Beijing makanya disebut bebek peking (Peking dengan Beijing itu sama oy). Nah, penyajian bebek peking memang bermacam-macam, salah satunya gambar di atas, yakni dengan cara digulung memakai sejenis pancake bersama dengan sayuran. Bagaimanakah rasanya? Kalau FUN lihat di animenya sih enak banget.


#2 Melon Pan - Yakitate Japan
Yakitate! Melon Pan
Anime paling lebay kalau bicara soal masakan dan reaksi yang ditimbulkan, dari terbang hingga ke surga, sampai bisa mengubah masa lalu. Itulah Yakitate Japan.
Nah, namun di antara roti-roti buatan Azuma dkk, yang paling menarik perhatian FUN tetap saja roti sederhana ini. Meski bukan roti terenak dari yang terenak milik Azuma, tapi roti ini tetap saja bikin perut ingin mencicipi.
Serasa ingin makan semua
Melon pan atau roti Melon sendiri adalah roti manis khas Jepang, dibuat unik dari adonan yang diperkaya dengan adonan kue lapisan tertutup yang tipis dan renyah. Melon pan kadang juga divariasikan dengan taburan chocolate chips, diisi dengan sirup karamel, sirup maple, krim, atau bahkan isi puding.
Roti yang juga populer di Taiwan dan China ini selain muncul di anime manga Yakitate Japan juga muncul di serial Shakugan no Shana, dimana karakter utamanya, Shana sangat suka makan melon pan.
Favoritnya Shana ternyata...


#1 Super-Thick Katsudon - Born to Cook
Murata Genjirou ketika membuka "masakan misterius" buatan Yoichi, entah apa yang terjadi setelah beliau memakannya.
Nah, ini dia, anime yang bikin anak kecil tahun 90-an menjadi doyan makan : Born to Cook alias Mr. Ajikko, Yoichi Ajiyoshi.
Nah, sebelum Yoichi berpetualang dan bertanding ilmu masak dengan para lawan-lawannya, semua bermula dari masakan ini :
Penampakan katsudon di atas semangkuk nasi, siap santap.
Yup, masakan tersebut adalah katsudon atau dalam anime Mr. Ajikko, masakan katsudon yang diolah oleh Yoichi diberi nama Super-Thick Katsudon yang membuat Murata Genjirou terkesima.
Katsudon sendiri adalah makanan khas Jepang yang populer dan sudah umum di Indonesia. Lazimnya terdiri dari semangkuk nasi dengan bagian atasnya diberi potongan daging yang digoreng dengan campuran telur, bumbu, dan tepung panko.
Variasi masakan ini bermacam-macam, termasuk katsudon saus (dengan saus Worcestershire), demi katsudon (dengan saos demi-glace dan kacang polong), shio-katsudon, shoyu-dare katsudon (dengan kecap), dan miso-katsudon, serta daging sapi (Gyu-katsu) dan daging ayam (oyakodon).
Namun yang terenak pasti tetap buatannya Yoichi Ajiyoshi, itadakimasu!

2 komentar:

  1. gw liat Super-Thick Katsudon - Born to Cook jadi ngiler wkwkwk, nice post gan lanjutkan! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... kalo katsudon sudah umum dijual di resto-resto yang menyajikan masakan khas Jepang. Cuma resto yang kokinya Yoichi Ajiyoshi yang belum ada :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...