Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Senin, 14 Maret 2011

Daftar Serial Ultraman yang Pernah Ditayangkan di Indonesia (1)

Sejak pertama kali hadir tahun 1991, serial tokusatsu Ultraman merupakan serial tokusatsu yang paling sering hadir di layar kaca Indonesia, bahkan melebihi serial Kamen Rider yang sangat populer sekalipun. Total serial kamen rider yang pernah disiarkan di Indonesia hanya 9 seri, sedangkan Ultraman mencapai 11 seri.

Anehnya, yang pertama kali masuk ke Indonesia adalah serial Ultra Seven yang disiarkan di TVRI tahun 1991, sedangkan original Ultraman (Shodai Urotoraman) yang merupakan Ultraman pertama, baru disiarkan di RCTI 3 tahun kemudian pada tahun 1994.

Untuk sekedar mengenang nostalgia bersama serial Ultraman yang pernah hadir menemani kita, berikut FUN hadirkan daftar serial Ultraman yang pernah ditayangkan di televisi Indonesia :


#1 Ultra Seven


Judul                     : Ultra Seven
Tahun Penayangan : 1991
Stasiun Tv              : TVRI
Pertama Tayang     : 1 Oktober 1967 - 8 September 1968
Saluran Asli           : TBS

Ultra Seven merupakan serial Ultraman yang disiarkan pertama kali di Indonesia sebelum Ultraman (padahal Ultra Seven merupakan generasi ketiga dari serial ultra). Baru 3 tahun setelahnya, serial Ultraman (original/shodai) disiarkan.
Disiarkan pertama kali tahun 1967 menyusul kesuksesan pendahulunya, Ultraman yang menjadi acara televisi bergenre fantasi yang paling populer.
Banyak yang keliru menyebutnya dengan nama Ultraman Seven, padahal nama yang sebenarnya adalah Ultra Seven. Keunikan lainnya ada di senjatanya yang menancap di kepalanya (Eye Slugger) yang khas dan kostumnya yang jauh berbeda dengan pendahulunya.


#2 Ultraman

Judul                      : Ultraman/Shodai Urutoraman/Original Ultraman
Tahun Penayangan : 1994
Stasiun Tv              : RCTI
Pertama Tayang    : 17 Juli 1966 - 9 April 1967
Saluran Asli           : TBS

Merupakan serial Ultraman pertama (jika serial Ultra Q yang menampilkan sosok Ultraman pertama kali tidak dihitung). Menampilkan tokoh pahlawan berukuran raksasa bernama Ultraman, berasal dari Nebula 78. Ketika mengejar monster bernama Bemular, Ultraman menabrak hancur pesawat yang ditumpangi manusia bernama Shin Hayata. Agar Hayata tetap hidup, Ultraman pun bergabung menjadi satu dengan Hayata dan tinggal di bumi. Setiap kali monster menyerang bumi, Hayata akan berubah menjadi Ultraman untuk mengalahkan monster-monster tersebut.
Serial ini mulai masuk ke Indonesia tahun 1994. Disiarkan tiap sore bersama dengan serial anime Saint Seiya di stasiun televisi RCTI.


#3 Ultraman Ace

Judul                     : Ultraman Ace
Tahun Penayangan : 1996
Stasiun Tv              : TVRI
Pertama Tayang     : 7 April 1972 - 30 Maret 1973
Saluran Asli           : TBS

Merupakan seri ke-5 dari serial ultra. Disiarkan pertama kali tahun 1972 sebanyak 52 episode. Kelebihan dari serial ini adalah kemunculan pendahulunya dalam episode serial ini, seperti Ultraman, Ultra Seven, Ultraman Jack, dan Zoffy. Keunikan lainnya adalah bahwa wujud manusia dari Ultraman Ace adalah dua orang yakni Seiji Hokuto dan Yuuko Minami. Ultraman Ace hanya bsa muncul jika dua sejoli tadi bergabung dengan media transformasi berupa cincin Ultra Ring. Mungkin itulah alasan kenapa bentuk rupa Ultraman Ace tampak agak "cantik".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...