Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Rabu, 16 Maret 2011

Misteri : Universitas Teito


Bagi penggemar dorama ataupun manga/anime pasti tak asing dengan Universitas Teito. Paling tidak universitas itu muncul sebagai Universitas tempat Yukawa Manabu mengajar dalam dorama Galileo, tempat Aikawa Shin'ichi memperoleh gelar Master-nya di bidang Psikologi dalam manga atau dorama Liar Game, atau tempat dr. Ryoto bekerja sebelum di RED dalam manga Wild Life.

Melihat banyaknya karya-karya baik dorama atau manga yang menggunakan institusi pendidikan bernama Universitas Teito. Mungkin banyak yang mengira Universitas itu benar-benar eksis dan ada di Jepang. Padahal Universitas itu sebenarnya tidak ada, lokasinya mungkin juga hanya ada dalam pikiran para mangaka :)


Universitas Teito, mirip dengan ACME corporation yang sering muncul dalam kartun atau film-film barat sebagai perusahaan pembuat alat-alat canggih. Padahal ACME sendiri tidak ada.

Kenapa Universitas Teito bisa begitu nyata? Hal itu karena banyaknya karya yang menggunakan nama institusi tersebut. Seringnya kita mendengar nama Universitas Teito yang hadri dalam karya-karya lintas batas seperti manga, anime, dorama, hingga karya sastra seperti novel membuat banyak orang yakin bahwa Universitas Teito betul-betul ada.

Seringnya Universitas Teito dijadikan tempat dalam suatu karya, adalah karena memang sudah familiar dan begitu dikenal. Mangaka atau pembuat film tak perlu repot-repot meyakinkan pembacanya akan sebuah Universitas elit yang meluluskan banyak orang-orang hebat seperti Yukawa yang dijuluki Galileo, Aikawa yang jenius psikologi, atau Ryoto si dokter misterius. Cukup dengan menggunakan nama Universitas Teito saja. Pertimbangan lainnya juga, mangaka atau pembuat film lebih mudah mengutak-atik uliversitas tersebut seperti fakultas atau pelajarannya. Hal ini lebih aman, daripada mengutak-atik institusi yang betul-betul ada seperti Todai misalnya.

Jadi jangan heran jika saat membaca manga atau menonton dorama, ada Universitas Teito disitu :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...