Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Selasa, 29 Maret 2011

10 Besar Mangaka Terpopuler 2011

Pada awal maret 2011, Oricon telah melansir 10 besar mangaka yang karyanya paling dinanti di tahun 2011. Survey ini melibatkan 600 responden, yang berkisar remaja, berumur 20 tahun dan 30 tahunan dan dibagi rata berdasarkan jenis kelamin. Survey yang dilakukan pada tanggal 12-15 Februari tersebut menghasilkan daftar sebagai berikut :

#10 Tezuka Osamu
Walau sudah tiada, namun mangaka bernama lengkap Dr. Osamu Tezuka ini menjadi salah satu mangaka yang karyanya tetap dikenang dan dinanti.
Mangaka yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter ini merupakan pionir animasi Jepang dan legenda mangaka  Jepang hingga disebut sebagai bapak manga. Kejeniusan karyanya dan banyaknya manga yang diciptakannya bahkan membuat dirinya disebut dewa manga, selain karena menjadi pionir teknik manga seperti gaya mata besar. Hingga namanya diabadikan sebagai lambang supremasi penghargaan bagi para mangaka, Tezuka Award.


#9 Fujiko F Fujio
Siapa yang tidak kenal dengan anime robot kucing Doraemon? Fujiko F Fujio mungkin menjadi mangaka pertama yang dikenal oleh anak-anak di Indonesia lewat karya manga dan animenya yang begitu terkenal di Indonesia.
Meski telah tiada, namun mangaka bernama asli Fujimoto Hiroshi ini karyanya tetap banyak dinanti. Terlebih perusahaannya, Fujiko pro yang masih eksis menghasilkan film doraemon dan manganya dalam berbagai genre.


#8 CLAMP
Salah satu grup mangaka paling terkenal di dunia. Terlihat dari karya-karya yang dihasilkan banyak yang best seller. Sebut saja X, Cardcaptor Sakura, Magic Knight Rayearth, hingga yang terakhir Tsubasa Reservoir Crhonicle. Maka tak heran jika fans fanatiknya selalu menanti karya-karya selanjutnya.


#7 Urasawa Naoki
Mangaka yang pertama kali dikenal di Indonesia lewat manga Master Keaton dan Monster ini merupakan salah satu mangaka yang brilian. Dengan spesialisasi genre Thriller Psikologi, Urasawa Naoki mampu menghipnotis pembacanya untuk larut dalam cerita manganya. Hal itu terbukti dengan karya best sellernya yang membuat namanya terdongkrak hingga posisi 7 ini, 20th Century Boys.


#6 Oda Eiichiro
Sudah tidak disangsikan lagi kalau Oda-sensei masuk dalam list ini. Karyanya selalu ditunggu bahkan tiap minggunya dan tiap chapternya sekalipun. Hal ini karena Oda masih menangani serial terlaris di Jepang saat ini, One Piece yang begitu fenomenal dan bahkan membuatnya menjadi salah satu mangaka terkaya saat ini. Dengan One Piece yang masih panjang dan akhir yang masih jauh, maka tak heran jika Oda akan selalu ada dalam list ini pada tahun-tahun berikutnya.


#5 Togashi Yoshihiro
Salah satu mangaka terhebat dari Jump, dikenal di Indonesia pertama kali lewat anime dan manga Yu Yu Hakusho. Togashi-sensei menjelma dengan karyanya yang lain dan juga sangat fenomenal, Hunter X Hunter. Namun mengingat Hunter X Hunter sering hiatus dan Togashi sering menghilang tiba-tiba, mungkin hal itulah yang menyebabkan para penggemarnya menantikan kelanjutan cerita manga buatannya.


#4 Adachi Mitsuru
Salah satu mangaka veteran yang masih bertahan untuk tetap produktif dan menghasilkan karya yang cemerlang.
Adachi-sensei yang terkenal dengan genre seputar drama percintaan remaja, komedi dan sport  ini karyanya selalu dinanti untuk dikoleksi. Maka tak heran jika Adachi-sensei mempunyai penggemar fanatik manganya yang membuatnya tetap bertahan dalam list ini.


#3 Inoue Takehiko
Terkenal dan mendunia lewat manga bertema basket, Slam Dunk. Inoue-sensei yang merupakan mangaka beraliran realis ini mampu menyihir para pembaca dengan karya-karya yang berkualitas. Saat ini manga yang digarapnya, Vagbond dan Real lah yang membuatnya tetap berada di list ini.


#2 Toriyama Akira
Tak ada yang tidak kenal dengan Dragon Ball, meski sudah lama berlalu masanya, namun tetap saja menjadi legenda dan tetap memiliki banyak peminat. Tak heran meski sudah banyak game dibuat berdasarkan manga tersebut, bahkan animenya yang ratusan episode itu diremake ulang, tetap saja memiliki banyak penggemar.
Hal itu tentunya berkat goresan tangan Toriyama-sensei yang khas dan menginspirasi banyak mangak seperti Oda-sensei dan Kishimoto-sensei. Beliau bahkan dijuluki mangaka tersukses Jepang meski sekarang sudah jarang membuat karya manga. Hal itulah mungkin yang menyebabkan banyak penggemarnya tetap menantikan karya manga dari tangannya.


#1 Yazawa Ai
FUN kira akan ada nama Masashi Kishimoto disini, namun ternyata posisi pertama justru dihuni oleh mangaka perempuan Yazawa Ai. Mangaka yang melejit berkat manga Nana ini menjadi idola bagi pembaca manga perempuan (atau serial cantik di Indonesia). Mungkin karena survey ini dibagi rata sesuai jenis kelamin, makanya para responden perempuan banyak yang memilih mangaka ini. Tapi lebih dari itu, Nana memang manga yang patut dinanti dan selalu menarik perhatian hingga membuat Yazawa Ai tetap bertahan di posisi atas list ini dalam 2 tahun terakhir.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...