Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Kamis, 31 Maret 2011

7 Mangaka dengan Gaya Gambar Khas

Berbeda dengan beberapa dekade silam, dimana gaya gambar para mangaka cenderung mirip dan seperti mengekor trend manga yang sedang booming. Mangaka modern sekarang ini berlomba-lomba untuk menemukan gaya gambarnya sendiri-sendiri. Dimana gaya gambar tersebut menjadi ciri khas mangaka, sehingga walaupun banyak judul manga yang tercipta namun dapat diketahui dengan cepat siapa pengarangnya dengan hanya sekilas melihat covernya saja. Oleh sebab itu, tak heran jika mangaka dengan gaya gambar yang sudah signature itu kebanyakan adalah mangaka veteran yang sudah malang melintang di dunia manga.
Nah, dari sekian banyak mangaka, berikut FUN sajikan daftar mangaka yang mempunyai gaya gambar paling khas dan banyak memberi inspirasi bagi mangaka-mangaka selanjutnya :


#7 Rumiko Takahashi

FUN memulai dari salah satu mangaka perempuan tersukses saat ini, Rumiko Takahashi. Kreator dari manga Inuyasha ini terbilang memiliki gaya gambar yang khas. Hal itu terlihat dari gaya gambarnya yang tidak berubah banyak dari manga-manganya terdahulu seperti Ranma 1/2 atau Urusei Yatsura.
Gaya gambarnya yang mirip serial cantik namun kaku dan bersih seperti gaya gambar shonen menjadi ciri khasnya. Mungkin karena banyak dari karyanya yang bergenre shonen yang diperuntukkan untuk pembaca laki-laki (meski kebanyakan penggemar dari Rumiko Takahashi adalah perempuan).


#6 Urasawa Naoki

Mangaka yang mempunyai spesialisasi genre thriller psikologi dan suspense ini menurut FUN juga memiliki gaya gambar yang terbilang khas.
Urasawa Naoki yang melejit lewat manga detektif Master Keaton dan Monster serta mendunia lewat 20th Century Boys ini memiliki gaya gambar khas manga yang semi realis seperti gaya gambar komik barat. Hal ini tentunya sangat menunjang genre manga buatannya yang cenderung serius dan terlihat nyata.
Sebagai seorang mangaka yang terbilang veteran, gaya gambarnya juga tidak mengalami banyak perubahan dari manganya terdahulu macam Master Keaton hingga yang terbaru seperti Pluto yang diadaptasinya dari manga karya Osamu Tezuka.


#5 Obata Takeshi

Mangaka yang mendunia lewat manga Deathnote ini terbilang memiliki gaya gambar yang khas. Yakni gaya gambar manga yang detil, selain detil proporsional tokohnya, Obata-sensei juga dikenal kedetilannya dalam menggambar background. Ciri khas lain dari Obata-sensei ada pada pakaian yang dikenakan para tokoh dalam manganya yang cenderung stylish dan mengikuti trend pada masanya, maka tak heran jika Obata-sensei juga dikenal sebagai mangaka yang stylish. Juga teknik pewarnaannya yang khas dan menjadi inspirasi mangaka lain.
Meski demikian, gaya gambarnya tidak langsung seperti sekarang ini, melainkan didapat secara bertahap melalui eksplorasi gambar dan tema di setiap manga buatannya. Sebagai contoh pada manga Hikaru no Go yang pada awalnya terlihat masih simpel, namun karena mengambil tema permainan igo yang menuntut ketelitian dan kedetilan gambar, lama kelamaan gaya gambarnya menjadi semakin bagus dan detil hingga menjadi seperti sekarang ini.



#4 Takehiko Inoue
Mangaka dari serial terkenal Slam Dunk ini termasuk mangaka yang memiliki gaya gambar manga yang khas. Ciri gaya gambar Inoue-sensei terlihat dari kesan realis yang didapat pada setiap goresan gambar manganya.
Proporsi tubuh, bentuk wajah, dan ekspresi tokoh merupakan poin-poin yang menjadi kelebihan dan ciri khas gambar Inoue-sensei. Inoue-sensei mampu menyampaikan dengan baik pesan dari tokoh-tokoh dalam manga buatannya, melalui perubahan ekspresi wajah. Inoue-sensei juga tidak takut menampilkan wajah-wajah yang tidak setampan tokoh manga pada umumnya.
Ciri khas lain dari mangaka yang satu ini adalah tema basket yang sering diangkatnya menjadi sebuah mangaka, sebut saja Slam Sunk, Buzzer Beater, hingga yang terbaru REAL. Bahkan, atas jasa Inoue-sensei lah, basket yang dulunya kurang populer di Jepang menjadi populer seperti sekarang ini. Menjadikan Inoue-sensei sebagai mangaka olahraga spesialis basket yang paling sukses.


#3 Adachi Mitsuru


Selanjutnya adalah mangaka veteran yang sudah malang melintang di dunia manga secara profesional, Adachi Mitsuru.
Adachi-sensei pertama kali dikenal di Indonesia lewat manganya yang berjudul Natane. Merupakan mangaka yang dekat dengan genre drama percintaan remaja yang dibalut dengan tema sport, terutama baseball.
Ciri khas dari manga karya Adachi-sensei selain pada tema yang diangkat, juga pada penggambaran manganya yang cenderung simpel dan sangat khas. Mata yang besar dan bulat dan bagian tubuh yang simpel menjadi poin utama goresan tangannya.
Gaya Adachi-sensei bercerita dalam manganya yang cenderung lamban dan datar namun begitu mengalir, menarik untuk diikuti dan dihayati juga menjadi poin lebih dari mangaka satu ini. Maka tak heran jika manga buatannya memiliki banyak penggemar hingga diadaptasi menjadi anime dan dorama.
Mangaka veteran yang terbilang produktif ini secara konsisten menghasilkan karya yang berkualitas. Terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diraihnya, bahkan disaat usianya menjelang senja sekalipun.


#2 Aoyama Gosho


Tak ada yang tidak kenal dengan detektif Conan, dan mungkin juga tidak ada yang tidak kenal dengan Aoyama Gosho sang mangaka-nya.
Aoyama-sensei merupakan salah satu mangaka produktif yang karyanya banyak yang menjadi best seller di Indonesia, sebut saja Yaiba, Kaitou Kid, Third Baseman no 4, dan yang paling terkenal tentu saja, Detektif Conan.
Mangaka yang terbilang veteran ini juga memiliki gaya gambar yang sangat khas, gaya gambar tersebut secara konsisten terlihat dalam setiap manga buatannya dari Yaiba hingga Conan. Sehingga sekali lirik saja sudah bisa ditebak bahwa manga tersebut diciptakan oleh mangaka yang sama.
Mangaka yang sangat konsisten dengan gaya gambar manganya ini memiliki keunikan pada detil gambar pada tiap panelnya, juga pada karakter-karakternya yang mirip-mirip. Ciri lainnya juga ada pada penggambaran hidung karakternya yang sangat khas.


#1 Akira Toriyama


Dan inilah mangaka dengan gaya gambar paling khas dari yang khas menurut FUN, maestro manga Jepang yang paling terkenal di dunia, Akira Toriyama.
Sudah tidak diragukan lagi, Akira Toriyama dengan Dragon Ball-nya adalah mangaka dengan gaya gambar paling khas dan menginspirasi banyak mangaka lain, sebut saja Eiichiro Oda dan Masashi Kishimoto. Dengan sekali lihat saja, manga-manga buatannya seperti Dragon Ball, Dr.Slump hingga Sandland dapat diketahui diciptakan oleh mangaka yang sama.
Ciri khas dari gambar goresan tangannya ada pada gaya rambutnya yang dominan spike, bermata besar dengan bagian hitam yang kecil, bentuk tubuh berotot kotak-kotak, dan pakaian yang berlipat-lipat.
Akira Toriyama mungkin bisa disejajarkan dengan Osamu Tezuka sebagai seorang pionir di dunianya. Berkat kesuksesan Dragon Ball, Akira Toriyama seakan memberi warna dan standar baru bagi dunia manga shonen. Penggambaran aksi yang superior, minimnya penggunaan tone, dan arsiran yang dominan yang ada pada manga ciptaan Toriyama-sensei, seakan menjadi standar manga shonen yang digunakan oleh mangaka-mangaka setelahnya.
Meski sekarang sudah jarang terjun di dunia manga, namun goresan tangan Toriyama-sensei yang khas dapat kita temui dalam game-game Square-Enix yang ditanganinya.
Dengan segala kelebihannya, wajar kalau FUN menobatkannya menjadi mangaka dengan gaya gambar paling khas :)

3 komentar:

  1. Kalo boleh gue tebak, anime 'Blue Dragon' n game 'Dragon Quest series' tu kan Akira sensei, kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, bener banget :D goresan tangan Akira Toriyama mudah dikenali. Style nya juga gampang ditiru dan menginspirasi, makanya mangaka2 sekarang banyak yg mengidolakan Toriyama-sensei :D

      Hapus
  2. aku paling suka gaya realistiknya takehiko sensei, mirip style komikus jadul indonesia, kurang real kalau disebut realism, tapi juga terlalu real unttuk disebut manga. keren

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...