Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Minggu, 09 Juni 2013

10 Mangaka Terbaik Sepanjang Sejarah part 3

Melanjutkan 10 Mangaka Terbaik Sepanjang Sejarah part 2.
Kali ini FUN akan membahas mengenai mangaka-mangaka terbaik dalam sejarah. Apa yang FUN tulis ini adalah dengan melihat dari berbagai pertimbangan dan perspektif. Laris atau tidak, populer atau tidak, ternyata 'hanya' menjadi salah satu tolak ukur saja. Karena bisa jadi tokoh yang sudah ada sebelumnya menjadi penentu dari kesuksesan mangaka di masa kini. Sehingga mungkin akan ada banyak mangaka-mangaka lawas yang belum begitu dikenal, namun dapat menjadi pengetahuan baru bagi sobat FUN semua.
So, inilah daftar sepuluh mangaka legendaris dan terbaik dalam sejarah manga Jepang, posisi keempat hingga pertama :


#4 Oda Eiichiro 

Nama : Oda Eiichiro
Lahir : Kumamoto, 1 Januari 1975
Karya : One Piece

Hari ini mungkin tak ada yang bisa menyangkal kesuksesan One Piece sebagai manga tersukses sepanjang sejarah dengan penjualan tertinggi dan masih akan terus bertambah. Tentu saja, mangaka dibalik kesuksesan One Piece tentu bukan mangaka sembarangan. Di usianya yang terbilang paling muda di antara para tokoh mangaka paling berpengaruh, Eiichiro Oda berhasil masuk dalam daftar Oricon sebagai tokoh yang mengubah sejarah manga.

Prestasi tersebut tentu bukan tanpa alasan, melalui tangannya lah, manga One Piece menjadi mendunia seperti sekarang ini. Tidak hanya dari sisi penjualan yang sangat tinggi dan sulit dicapai manga lain, namun juga atas berbagai apresiasi dan sejumlah penghargaan. Meraih finalis Tezuka Cultural Award tiga kali berturut-turut, berbagai penghargaan internasional, hingga pujian dari sejumlah kritikus internasional mengalir atas karya fenomenal tersebut.


#3 Fujiko F Fujio 

Nama : Hiroshi Fujimoto
Lahir : Takaoka, 1 Desember 1933
Meninggal : 23 September 1996
Karya : Doraemon, Perman, 21emon, Mojacko, Ume Boshi Denkai, Kiteretsu Daihayakka, Hitoribocchi no Uchu Senso, Bakeru-kun, Esper Mami, TP Bon, Chimpui

Tidak ada anak Indonesia pada tahun 90-an yang tidak mengenal doraemon. Jika ada televisi di rumah mereka. Itulah hebatnya Fujio sensei, di tangannya manga tidak sekedar manga, bisa menjadi media edukatif, media penerangan, bahkan sebuah karya mediamix. Manga-anime-movie dan seterusnya sesuai perkembangan jaman.
Tak hanya pouler di Jepang, lewat tangan Fujiko F Fujio, popularitas Doraemon meroket hingga ke seluruh dunia. Bahkan majalah Times memilih Doraemon sebagai salah satu Asian Heroes pada tahun 2002. Berkat kepopulerannya pula, Doraemon diberi penghargaan sebagai duta budaya Jepang oleh Kementerian Luar Negeri Jepang pada tahun 2008.


#2 Toriyama Akira 

Nama :Akira Toriyama
Lahir : Kiyoshu Aichi, 5 Agustus 1955
Karya : Dragon Ball, Dr. Slump

Merupakan peletak dasar formulasi manga shonen yang kini banyak dianut mangaka shonen modern dengan karya yang begitu mendunia. Toriyama sensei jelas menjadi pendobrak di dunia manga, dimana ia menjadi peletak dasar yang paling jelas dan pembeda genre shonen dengan genre lainnya. Terutama melalui karya fenomenal yang terus dikenang hingga sekarang, Dragon Ball.
Terlepas dari begitu luar biasanya manga Dragon Ball yang beliau ciptakan mendapat apresiasi dunia. Formulasi tokoh, tema cerita, plot, hingga gaya rambut landak yang beliau gunakan dalam tiap karyanya banyak menginspirasi mangaka selanjutnya, hingga menjadi resep laris yang manjur.


#1 Tezuka Osamu

Nama : Tezuka Osamu
Lahir : Toyonaka Osaka, 3 November 1928
Meninggal : Tokyo, 9 Februari 1989 (60 tahun)
Karya : Astro Boy, Kimba the White Lion, Phoenix, Black Jack, Spouse Etsuko Okada

Tak ada yang lebih pantas berada di posisi pertama selain Osamu Tezuka.
Dewa manga ini jelas menjadi nomor satu karena merupakan seorang legendaris pionir manga Jepang. Manga tidak akan menjadi seperti sekarang jika Tezuka sensei tidak meletakkan dasar yang kuat, bagaimana perbedaan gaya manga dengan komik lainnya hanya sebagai contoh dari banyak sejarah yang diukirnya.
Kontribusi serta pengabdian Osamu Tezuka membuat nama beliau didedikasikan dalam dua penghargaan besar insan manga Jepang, Osamu Tezuka Cultural Prize dan Tezuka Award. Dewa manga yang dibuatkan museum di daerah Takarazuka ini memang menjadi inspirasi di dunia manga Jepang, beberapa tokoh di antaranya seperti bos Studio Ghibli Hayao Miyazaki dan mangaka Dragon Ball Akira Toriyama pun mengaku terinspirasi dari beliau. Tanpa Tetsuwan Atom atau masterpiece-masteriece dari beliau, FUN rasa, Dragon Ball, One Piece, atau Naruto tidak akan ada dan berbentuk seperti sekarang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...