Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Jumat, 07 Juni 2013

10 Mangaka Terbaik Sepanjang Sejarah part 2

Melanjutkan 10 Mangaka Terbaik Sepanjang Sejarah part 1.
Kali ini FUN akan membahas mengenai mangaka-mangaka terbaik dalam sejarah. Apa yang FUN tulis ini adalah dengan melihat dari berbagai pertimbangan dan perspektif. Laris atau tidak, populer atau tidak, ternyata 'hanya' menjadi salah satu tolak ukur saja. Karena bisa jadi tokoh yang sudah ada sebelumnya menjadi penentu dari kesuksesan mangaka di masa kini. Sehingga mungkin akan ada banyak mangaka-mangaka lawas yang belum begitu dikenal, namun dapat menjadi pengetahuan baru bagi sobat FUN semua.
So, inilah daftar sepuluh mangaka legendaris dan terbaik dalam sejarah manga Jepang, posisi ketujuh hingga kelima :


#7 Akatsuka Fujio 

Nama : Fujio Akatsuka
Lahir : Luanping Rehe Manchukuo, 14 September 1935
Meninggal : Tokyo, 2 Agustus 2008
Karya : Tensai Bakabon, Osomatsu-kun

Jika sekarang kita banyak menikmati gag manga, ada baiknya jika kita patut berterima kasih pada tokoh satu ini. Karyanya banyak yang merupakan gag manga seperti yang paling dikenal di Indonesia yakni Bakabon, hingga beliau dijuluki Raja Manga Gag. Prestasi lainnya adalah ketika beliau memperkenalkan manga yang tidak hanya dapat dinikmati dari sisi visual, dengan menggambar manga dengan braille untuk tuna netra.
Untuk menghormati Fujio Akatsuka sebagai mangaka gag terbaik, penerbit manga besar Shueisha bahkan membuat semacam award dengan menggunakan nama beliau. Akatsuka Award yang merupakan penghargaan semi tahunan yang diberikan kepada komikus manga komedi atau gag manga sejak tahun 1974.


#6 Mizuki Shigeru 

Nama : Mizuki Shigeru
Lahir : Sakaiminato Tottori, 8 Maret 1922
Karya : Gegege no Kitaro

Penulis yang pernah terjun di Perang Dunia ke-2 ini memiliki andil besar dalam dunia manga. Karyanya sebagai seorang mangaka berjudul Gegege no Kitaro melambungkan namanya sebagai seorang peletak dasar manga genre horor di Jepang. Beliau juga lah yang pertama mengangkat dan memperkenalkan tema Yokai (hantu Jepang), sehingga banyak yang menyebutnya sebagai seorang maestro di genre tersebut.
Besarnya kontribusi Mizuki Shigeru dalam manga horror terutama bertema Yokai, membuat beliau menerima banyak penghargaan. Beberapa di antaranya atas pengabdian dan jasanya dalam mengenalkan budaya Jepang, hingga namanya didedikasikan sebagai nama jalan dan dibuatkan museum atas karya-karyanya. Melalui kontribusi Mizuki Shigeru pula Yokai dapat dikenal luas di dunia internasional. Jadi jika saat ini kita banyak menemukan dan menyukai genre horor dalam manga yang kita baca, ada baiknya kita berterimakasih pada Shigeru sensei.


#5 Inoue Takehiko 

Nama : Takehiko Inoue
Lahir : Okuchi Kagoshima, 12 Januari 1967
Karya : Slamdunk, Vagabond, Real

Berbicara tentang Inoue sensei, maka berbicara tentang bagaimana manga berpengaruh pada perubahan sosial. Dahulu publik Jepang tidak terlalu mengenal olahraga basket, hingga akhirnya muncul karya besar beliau yang berjudul Slamdunk. Manga populer yang mendapat banyak apresiasi dan penghargaan tersebut pada tahun 1990-an berhasil membawa perubahan besar dalam dunia manga sport yang mainstream-nya hanya seputar baseball dan sedikit sepakbola. Berkat Slamdunk pula, olahraga basket akhirnya dapat menjadi populer di Jepang dan diterima hingga ke penjuru Asia Timur.
Karyanya Vagabond yang mengangkat tokoh terkenal Musashi, dan real yang mengangkat realitas penyandang cacat adalah bukti kehebatan mangaka yang bisa dianggap maestro manga realis ini, baik dari segi penggambaran maupun cerita.

Berlanjut ke 10 Mangaka Terbaik Sepanjang Sejarah part 3

1 komentar:

  1. Slam Dunk... Manga Basket terbaik sampai saat ini versi gw...

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...