Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sabtu, 24 Desember 2011

Daftar Top 10 Anime Terbaik 2011 part 2

Setelah satu tahun FUN banyak mereview anime tiap season-nya, kali ini FUN akan menyusun daftar peringkat anime terbaik di tahun 2011 ini. Semoga hasilnya merupakan favorit di kalangan para penggemar anime sekalian. Penilaian ini mungkin sangat subyektif, jadi mohon maaf bila ada yang kurang berkenan.
Nah, kemarin sudah FUN tampilkan daftar peringkat ke-10 hingga ke-6, sekarang FUN akan tampilkan 5 besar termasuk jawara anime terbaik tahun 2011 ini. So, ini dia :



#05 Guilty Crown




Produksi      : Production I.G, Aniplex, FUNimation Entertainment
Tanggal Rilis : 14 Oktober 2011
Episode       : 22
Genre         : Action, Sci-Fi, Super Power


Di peringkat lima besar yang pertama, adalah sebuah anime yang diangkat dari manga karya Hiroyuki Yoshino berjudul Guilty Crown.

Mengambil setting di Tokyo pada tahun 2039. Setelah wabah virus tak dikenal yang bernama "Lost Christmas" 10 tahun yang lalu, Jepang telah berada di bawah kendali sebuah organisasi multinasional yang disebut GHQ. Sang tokoh utama, Ouma Shu adalah seorang anak 17 tahun yang tanpa sengaja memiliki kekuatan psikis di tangan kanannya. Shu mampu menggunakan kekuatan yang disebut "Tanda Raja" untuk mengekstrak alat atau senjata dari tubuh teman-temannya.


Kemampuan tersebut didapat Shu ketika ia bertemu dengan seorang penyanyi terkenal yang sangat digemarinya, Yuzuriha Inori. Saat itu, Inori dalam kondisi terluka dan sedang dalam masa persembunyian. Inori yang ternyata salah seorang anggota kelompok gerilyawan perlawanan terhadap GHQ yang disebut "Undertaker" tersebut yang kemudian mengubah kehidupan Shu.

Anime yang mempunyai alur cerita lambat diawal-awal cerita ini setidaknya mampu membuat penonton penasaran di akhir episode pertamanya. Tema cerita yang diambil yakni mengenai pertempuran dua kubu besar, pertarungan mecha, dan tokoh utama yang mempunyai kekuatan khusus, mungkin akan mengingatkan kita dengan anime Code Geass. Atau jangan-jangan mendompleng resep jitu Code Geass? Namun tetap saja, dengan grafis animasi yang mantap dan lagu-lagunya yang keren, anime ini tetap sayang untuk dilewatkan. Meski banyak kekurangan, namun jalan ceritanya yang masih bisa berkembang, menjadikan anime ini tetap masuk dalam peringkat lima besar di daftar FUN.



#04 Chihayafuru


Produksi      : Madhouse Studios
Tanggal Rilis : 5 Oktober 2011
Episode       : 25
Genre         : Drama, Game, Sport


Di posisi keempat kali ini dihuni oleh anime yang diangkat dari manga laris karya Suetsugu Yuki sensei. Yap, apalagi jika bukan Chihayafuru.

Chihayafuru sendiri bercerita tentang Chihaya Ayase, seorang anak SD yang tomboy dan mempunyai kebiasaan buruk selalu mengatakan apa yang pertama kali terlintas dalam otaknya. Mimpinya adalah untuk melihat kakaknya yang seorang model untuk menjadi nomor satu di Jepang atau mungkin dunia. Tapi pertemuannya dengan seorang anak bernama Arata mengubah hidup Chihaya, Arata menjelaskan bahwa mimpi haruslah berkaitan dengan dirinya sendiri. Mimpi melihat kakaknya menjadi model terbaik di Jepang bukanlah sebuah mimpi. Dari Arata, Chihaya pun menemukan keasyikan bermain Karuta, dimana Arata paling ahli memainkan permainan tersebut.


Waktu berlalu, Chihaya pun sudah berkebang menjadi seorang gadis belia yang cantik. Meski demikian, minatnya pada Karuta tidak berubah. Dan dari sinilah cerita Chihayafuru menjadi semakin menarik, bagaimana perjuangan Chihaya dkk mendirikan klub Karuta dan untuk menjadi yang terbaik di Jepang, bahkan dunia.

Kelebihan dari anime ini ada pada gambar animasinya yang mengalir lembut dan bagus untuk ukuran rata-rata. Tema cerita yang unik mengenai karuta juga menjadi poin lebih serial ini, dengan menonton anime ini kita diajak untuk mengetahui lebih dalam mengenai permainan khas Jepang itu. Jalan ceritanya sendiri mengingatkan kita pada anime Anohana, tentang perbedaan masa dewasa dan kanak-kanak yang kadang menyentuh, namun tetap menarik untuk diikuti.


#03 Persona 4 the Animation

Produksi      : Aniplex, AIC A.S.T.A., Sentai FilmworksL
Tanggal Rilis : 7 Oktober 2011
Episode       : -
Genre         : Adventure, Mystery, School, Sci-Fi, Supernatural


Para penggemar game pasti tidak asing dengan judul yang satu ini, Persona 4 the Animation berhasil menduduki peringkat ketiga.

Bercerita tentang serentetan pembunuhan misterius yang terjadi di kota bernama Inaba, setiap kali ada kabut setelah hujan lebat. Sedangkan satu-satunya petunjuk adalah sebuah saluran televisi bernama Mayonaka TV yang hanya eksis di tengah malam

Yuu Narukami yang baru saja pindah ke Inaba pun dihadapkan pada kasus tersebut. Kasus yang pada akhirnya menyeret dia dan kedua orang temannya memasuki dunia di dalam televisi. Dimana Yuu mampu mengaktifkan kekuatan Persona untuk mengalahkan tiap monster yang menyerang di dimensi yang lain namun berdampak di dunia nyata tersebut.


Anime ini langsung menarik perhatian karena nama besar Persona yang sudah malang melintang di dunia game. Mungkin bagi sebagian yang pernah memainkan gamenya akan sedikit bosan dengan jalan cerita yang sangat mirip dengan versi gamenya. Namun terlepas dari bayang-bayang gamenya, grafik animasi yang ditampilkan dalam anime ini benar-benar bagus, meski kadang di beberapa episode kualitasnya agak berkurang. Penceritaan yang mengalir juga membuat anime ini menjadi enak dinikmati, serta semakin membuat penasaran akan misteri yang perlahan terkuak di tiap episodenya.

So, tidak heran jika Persona 4 ini berhasil duduk di peringkat ketiga sebagai anime terbaik tahun 2011.


#02 Mahou Shoujo Madoka Magica

Produksi      : Aniplex, Shaft, Nitroplus
Tanggal Rilis : 7 Januari 2011 - 22 April 2011
Episode       : 12
Genre         : Magic, Psychological, Thriller


Di posisi Runner Up, ada anime Mahou Shoujo yang kontroversial karena ceritanya yang kelam dan cenderung sadis, Mahou Shoujo Madoka Magica.

Bercerita tentang Kaname Madoka, seorang gadis SMP yang bersekolah di Mitakihara City Middle School. Kehidupannya yang biasa-biasa saja berubah semenjak ia bermimpi mengenai seorang perempuan berambut panjang yang bertarung melawan makhluk-makhluk mengerikan. Ternyata gadis dalam mimpi itu adalah Akemi Homura, siswi transfer yang pindah ke sekolah dan kelas Madoka.

Pertemuan Madoka dengan seorang gadis bernama Mami Tomoe, menjelaskan bahwa baik Mami dan Homura merupakan seorang Mahou Shoujo. Seorang prajurit yang berjuang melawan monster-monster yang disebut Witch sebagai konsekuensi atas kontraknya dengan makhluk bernama Kyubey. Kontrak yang mengerikan, namun dapat mengabulkan sebuah permintaan, apapun itu.


Cerita yang gelap dan alur yang sulit ditebak menjadi salah satu daya tarik dari anime ini. Bagaimana sebuah cerita Mahou Shoujo yang umumnya ceria, diubah sedemikian rupa dalam serial ini menjadi kelam dan cenderung banyak menampilkan adegan sadis. Tekhnik animasi yang digunakan dalam anime ini juga menarik untuk disimak, dimana tampak studio pembuatnya banyak bereksperimen dalam menampilkan suasana-suasana kelam dengan animasi-animasi bertema surealis. Tak heran jika anime ini menjadi wajib ditonton, karena keistimewaan yang dimilikinya. Hal itu pula lah yang menjadikannya berada di posisi Runner Up ini.


#01 Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai

Produksi      : Aniplex, A-1 Pictures
Tanggal Rilis : 15 April 2011 - 24 Juni 2011
Episode       : 11
Genre         : Drama, Slice of Life


Sejak pertama kali menontonnya di musim semi kemarin, FUN sudah tertarik akan anime dengan nama sangat panjang ini, Ano Hi Mita Hana no Namae o Bokutachi wa Mada Shiranai atau biasa disingkat dengan Ano Hana. Meskipun bergenre drama, tapi anime ini juga cukup bisa membuat tersenyum, walaupun lebih sering membuat penontonnya menahan air mata.

Bercerita tentang seorang pemuda bernama Jintan yang selalu diikuti oleh seorang gadis bernama Menmei. Menma sendiri merupakan sosok yang hanya bisa dilihat oleh Jintan, sedangkan orang lain tidak bisa melihatnya. Ternyata Menma merupakan seseorang dari masa lalu Jintan. Dimana pada masa kecilnya, Jintan merupakan anggota Super Peace Busters, geng anak-anak yang bersahabat sangat dekat, beranggotakan Anjou, Yukiatsu, Tsuruko, Poppo, Menma dan Jintan sendiri. Ketika masih kecil itulah, sebuah peristiwa terjadi dimana Menma meninggal dunia. Hal itu membuat terkejut Jintan, dimana situasi pada saat itu Ia melukai hati Menma dan belum sempat meminta maaf.


Waktu pun bergulir, anggota kelompok yang tersisa yakni Anjou, Yukiatsu, Tsuruko, Poppo dan Jintan semakin dewasa dan mulai berubah. Mereka yang dulunya sangat akrab menjadi mulai renggang dan jarang berkomunikasi. Bahkan kesibukan masing-masing membuat mereka merasa asing satu sama lain, meskipun tempat tinggalnya berdekatan. Pada saat itulah dalam kehidupan Jintan, Menmei bangkit kembali untuk meminta Jintan mengabulkan permohonan yang dulu pernah diungkapkannya sewaktu masih kecil. Permohonan yang membuat sahabat-sahabatnya yang kini telah berjauhan itu bisa dekat kembali seperti dulu.

Menurut FUN, kelebihan dari anime ini ada pada tema dan jalan ceritanya yang begitu mengalir dan indah. Tema persahabatan masa kecil yang merenggang, seakan mengingatkan kita pada sahabat-sahabat kita sewaktu kecil yang sekarang mungkin jarang kita temui. Dengan animasi yang cukup bagus dan musik yang sangat mendukung terutama opening dan endingnya, menjadikan anime ini begitu menyentuh dan indah. Sehingga sayang jika dilewatkan begitu saja.
Sehingga tidak diragukan lagi menurut FUN anime yang menguras air mata ini adalah yang terbaik di tahun 2011.
Bagaimana dengan kalian?

27 komentar:

  1. wah bagus juga coba, aku nonton satu persatu.

    BalasHapus
  2. Sebenarnya masih ada satu lagi anime yang sangat bagus di 2011 kemarin, tapi entah kenapa tidak masuk list ini. Judulnya Steins;Gate.. Silakan tonton juga anime itu.. hanya genre-nya yang segmented sekali, mungkin itu yang membuatnya tidak masuk disini..

    BalasHapus
  3. plg keren mah guilty crown. dri plot,karakter n kualitas gmbr bnr2 keren.

    BalasHapus
  4. Punya link download guility crown gak????

    BalasHapus
  5. thankz buat review-nya... :)

    BalasHapus
  6. AnoHana memang menyentuh hati gue...!!!

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. K Project itu anime rilisan tahun 2012, untuk daftar anime terbaik 2012 bisa dilihat di link Anchor Text dan link Anchor Text

      Hapus
  8. Kk judul musik nya apa ? please replyyy !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya musik yang dipake buat background blog ini?
      Judulnya Rainbow dari band Rountable ft Nino .
      Tapi kalo yang FUN putar adalah versi cover, penyanyinya Riesta bisa dilihat di akun Soundcloud nya

      Hapus
  9. daftar anime apa aj yg bagus dan jga eps sedikit seperti sword art online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang sejenis SAO? mungkin Accel World, Persona 4, Btooom!,Druaga no Tou..

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. gan,klo bisa msukan anime terbaik tahun sebelum-sebelumnya juga ya..coz msh newbie ni tentang anime,gra2 fun nih jdi kecanduan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah gara2 FUN jadi kecanduan?
      hehehe..
      :D
      terimakasih2..

      anime terbaik tahun2 sebelumnya?
      ide yang bagus, FUN tampung dulu ya..
      sembari menunggu coba juga dibaca anime terbaik tahun 2012

      Hapus
  12. Fun bsa mnta list film anime kya sword art online?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Accel World, Persona 4, Druaga no Tou, Btooom! banyak :D

      Hapus
  13. judul anime yg temanya sepatu roda selain air gear apaan gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. genki di monster rancher juga memakai sepatu roda :D shugo chara juga ada yang memakai sepatu roda..

      Hapus
  14. kerenan guilty crown kemana mana :D
    dari kualitas gambar n ceritanya keren abis, bnyak intrik, jalan ceritanya ga bisa ketebak

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, tapi secara garis besar, mirip anime Code Geass..
      tapi ini masalah selera sih.. hehehehe :D tapi overall GC emang bagus ko :D

      Hapus
  15. ada yang tau film vrmmo selain sword art online

    BalasHapus
  16. Ahh..Code Geass gk ada padahal lumayan bagus lo..
    peringatan jika ingin nonton code geass:
    1.Jangan Marah2 terutama orang yang gampang emosional
    2.Harus Cepak2 Tisu terutama waktu endingnya.
    Selamat Menonton

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...