Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Kamis, 11 November 2010

3 Manga Teratas Saat Ini

Di era modern sekarang ini, generasi baru manga banyak bermunculan. Diantara sekian banyak manga yang berprestasi, ada beberapa manga yang membuat gebrakan besar dan sangat terkenal di seluruh dunia. Paling tidak ada tiga manga yang paling terkenal yang memiliki jumlah penjualan terbesar. Kesemuanya merupakan manga dari majalah Shonen Jump, sudah jelas ketiga manga itu adalah One Piece, Naruto, dan Bleach.

Mungkin bagi para fans manga timbul pertanyaan, manga manakah yang terbaik di antara ketiga manga tersebut. Berikut sedikit gambaran mengenai prestasi ketiga manga ini sebagai pertimbangan :

One Piece : manga terbesar sepanjang sejarah





Bercerita tentang seorang anak yang bercita-cita menjadi raja bajak laut. Bocah bernama Monkey D Luffy ini memiliki kekuatan buah setan Gomu-Gomu yang membuat tubuh pemakannya menjadi lentur seperti karet. Bersama teman-temannya, Luffy mengalami petualangan menakjubkan di lautan luas, pertarungan dahsyat, dan permasalahan yang rumit yang semakin lama membuka misteri dibalik cerita One Piece ini.
Manga yang pertama kali terbit tanggal 4 Agustus 1997 ini memiliki segudang prestasi, antara lain:
1. Pada februari 2005, cetakan ke-100 juta eksemplar dari manga ini adalah yang tercepat dalam sejarah manga Jepang. Mengungguli Slam Dunk yang menjadi pemegang rekor saat itu.
2. Data hingga 4 Desember 2009, manga One Piece telah terjual sebanyak 176 juta eksemplar, yang menjadikannya manga terlaris no.1 sepanjang masa. Manga inilah yang menyebabkan total penjualan Shonen Jump naik pada 11 tahun terakhir ini.
3. Cetakan volume 56 dari manga ini merupakan jumlah oplah terbesar yang pernah dicetak dalam cetakan pertama dari sebuah manga Jepang dengan 2,85 juta eksemplar. Peringkat keduanya dipegang juga oleh manga ini, volume 25 dengan 2,63 juta eksemplar.

Naruto : manga terpopuler di dunia






Bercerita tentang seorang anak yang bercita-cita menjadi Hokage (ninja terkuat pemimpin desa ninja). Bocah bernama Naruto Uzumaki ini belakangan diketahui memiliki kekuatan rubah ekor sembilan (Kyuubi) di dalam dirinya. Cerita petualangan Naruto semakin lama semakin berkembang, dari seorang anak terkucil yang mengikuti ujian ninja, bertarung melindungi desanya dari kelompok ninja Akatsuki, hingga berpetualang untuk mengembalikan rivalnya Sasuke Uchiha kembali ke desa Konohagakure.
Manga yang sebegitu terkenalnya di Indonesia ini juga memiliki banyak prestasi sebagai berikut :
1. Salah satu manga terlaris dengan penjualan 90 juta eksemplar, menjadikannya peringkat ke-5 dari peringkat manga terlaris sepanjang masa dibawah One Piece, Dragon Ball, Kochikame, dan Slam Dunk.
2. Kepopulerannya peringkat 8 dunia menurut search engine Yahoo.com, sementara secara keseluruhan dunia menempati peringkat pertama search engine diantara manga-manga lain, bahkan diatas One Piece sekalipun.
3. Secara global popularitas Naruto saat ini adalah yang tertinggi diantara manga lainnya.

Bleach : the rising star






Bercerita tentang Kurosaki Ichigo, seorang anak SMA yang juga seorang Shinigami (malaikat kematian) yang bertugas menghabisi Hollow (semacam monster) yang muncul di dunia manusia. Cerita Bleach semakin berkembang dengan permasalahan yang terjadi antar sesama SHinigami, hingga akhirnya terjadi pengkhianatan dan hal-hal tak terduga yang menjadi kelebihan cerita Bleach ini. Namun yang paling menonjol adalah adegan pertarungannya yang begitu banyak dan menghiasi hampir keseluruhan dari kisahnya.
Manga yang langsung melejit ketika diterbitkan ini memiliki prestasi :
1.Salah satu manga terlaris dengan penjualan hingga saat ini sebanyak 56 juta eksemplar. Menjadikan manga ini bercokol di peringkat 8 dalam daftar manga terlaris sepanjang masa.
2. Penjualan manga Bleach pada pertengahan tahun ini sebanyak 3.568.545 copy, unggul tipis dari Naruto dengan 3.490.349 copy, sementara One Piece berada di puncak dengan 6.208.627 copy.
3. Di beberapa belahan dunia, manga ini bahkan melebihi popularitas One Piece dan Naruto.

Memang sulit menentukan siapa yang terbaik diantara ketiga manga ini jika dilihat dari berbagai aspek. Karena penilaian dari satu sudut pandang akan kurang obyektif. Bagi para fans suatu manga, sudah jelas manga favoritnya lah yang terbaik, hal ini terlihat ketika beberapa situs mengadakan poling manga terbaik diantara tiga manga ini. Jadi semua kembali pada diri kita masing-masing, manakah yang terbaik? One Piece, Naruto atau Bleach?




Sumber gambar : google.com

4 komentar:

  1. Yang benarnya ini neh (versi oricon Jepang, Bulan Desember 2010):

    1. One Piece (Author: Eiichiro Oda, Penerbit: Shueisha) dengan total 32.343.809 eksemplar.

    2. Naruto (Author: Masashi Kishimoto, Penerbit: Shueisha) dengan total 7.409.068 eksemplar.

    3. Kimi ni Todoke (Author: Karuho Shiina, Penerbit: Shueisha) dengan total 6.572.813 eksemplar.

    4. Fairy Tail (Author: Mashima Hiro, Penerbit: Kodansha) dengan total 5.739.526 eksemplar.

    5. Bleach (Penulis: Tite Kubo, Penerbit: Shueisha) dengan total 5.204.193 eksemplar.

    6. Fullmetal Alchemist (Penulis: Hiromu Arakawa, Publisher: Square Enix) dengan total 5.165.052 eksemplar.

    7. Gintama (Author: Hideaki Sorachi, Penerbit: Shueisha) dengan total 3.978.439 eksemplar.

    8. Katekyo Hitman Reborn! (Penulis: Akira Amano, Penerbit: Shueisha) dengan total 3.479.219 eksemplar.

    9. Nurarihyon no MAGO (Author: Hiroshi Shiibashi, Penerbit: Shueisha) dengan total 3.269.379 eksemplar.

    10. Nodame Cantabile (Author: Tomoko Ninomiya, Penerbit: Kodansha) dengan total 3.246.355 eksemplar.

    BalasHapus
  2. Sekarang, Manga Terpopuler Di Dunia, Direbut OP Juga Loh!!

    Di Seluruh Asia Tenggara, Kecuali Filiphina, OP Mendominasi 'Download' dan Penjualan Manga.

    Di Amerika, Menurut NY Times, Penjualan Manga OP Sekarang Selalu Berada Diurutan 1-7 (Selalu Ada 2-4 Buku)

    BalasHapus
  3. Wah, terimakasih infonya mantap,

    Ikuti terus perkembangan One Piece selanjutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. one piece the best ceritanya tidak monoton.... aku suka bgt sam naruto but lebih suka g sm one piece .... comedy,drama,action, semuanya ada di one piece heheheeh one piece tokohnya byk dan mengesankan .... jadi utuk tamat masih dari kata jauhhhhhhhhh

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...