Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Kamis, 25 November 2010

5 Anime Mecha Terbaik

#5 Macross



Anime ini pertama kali diudarakan di Jepang pada tanggal 3 Oktober 1982 dan berakhir pada tanggal 26 Juni 1983. Kita tentu sudah tak asing lagi dengan anime ini karena pernah disiarkan di televisi nasional pada tahun 1995. Bercerita tentang SDF-1 Macross, sebuah pesawat antariksa berukuran raksasa yang berusaha kembali ke planet bumi setelah tanpa sengaja terlempar ke ujung Tata Surya. Perjalanan Hikaru Ichijo dan kru Macross lainnya tidaklah mudah, selain serangan dari bangsa Zentradi, kisah cinta segitiga antara Hikaru Ichijo dengan Lynn Minmay dan Misa Hayase juga menjadi daya tarik serial ini.

Kelebihan dari anime ini adalah bentuk mecha-nya yang revolusioner, yakni dapat berubah menjadi 3 bentuk, bentuk pesawat, bentuk setengah robot, dan bentuk robot. Kesuksesan serial pertama dari saga Macross ini membuat anime ini dilanjutkan hingga menjadi 8 seri sampai saat ini, dengan seri Macross Frontier sebagai seri terbaru. Dari banyaknya seri tersebut, bisa dikatakan Macross merupakan serial mecha legendaris yang hampir sejajar dengan serial gundam.


#4 Tengen Toppa Gurren Lagann



Serial anime sepanjang 27 episode ini pertama kali diudarakan di TV Tokyo tanggal 1 April 2007 hingga 30 September 2007. Pernah memenangkan beberapa penghargaan, antara lain Tokyo International Anime Fair, Animation Kobe, dan Japan Media Arts Festivals. Serial ini juga mempunyai 2 versi layar lebar, Tengen Toppa Gurren Lagann : Gurren-Hen (2008) dan Tengen Toppa Gurren Lagann : Lagann-Hen (2009).

Bercerita tentang Shimon yang menemukan Core Drill yang ternyata merupakan kunci pengendali Gunmen, nama robot dalam serial ini. Bersama Kamina dan Yoko Littner mereka berpetualang untuk membasmi Beastmen, musuh dalam serial ini. Robot Shimon yang bernama Lagann dapat bergabung dengan robot Kamina yang bernama Gurren, menjadi sebuah Gunmen super kuat yang bernama Gurren Lagann.

Kelebihan dari anime ini selain kualitas gambar yang bagus, juga penuh dengan adegan kocak, meskipun terkadang terselip kisah dramatis. Kelebihan lainnya? Tentu saja opening theme-nya yang dahsyat dengan Shoko Nakagawa sebagai pengisi lagunya.


#3 Neon Genesis Evangelion



Tak ada otaku yang tidak tahu anime ini, ya Neon Genesis Evangelion, tak mungkin tidak menyebutnya jika berbicara tentang anime mecha, meskipun sebenarnya EVA sendiri bukanlah sebuah robot.

Anime produksi Gainax ini pertama kali mengudara tanggal 4 Oktober 1995 hingga 27 Maret 1996. Serial sepanjang 26 episode ini juga memiliki versi layar lebar, yakni Death and Rebirth dan End of Evangelion yang sama-sama dirilis tahun 1997. Tak berhenti sampai disitu, Gainax juga telah membuat remake-nya dalam bentuk layar lebar yang rencananya akan dibuat trilogi.

Bercerita tentang perlawanan organisasi NERV menghadapi alien Angel (Shitou) yang berusaha menyerang bumi. Untuk melawan Angel yang umumnya berukuran raksasa, mereka menggunakan senjata bernama EVA yang berbentuk seperti robot. Meskipun ceritanya terlihat simpel namun pada kenyataannya anime ini sangat kompleks dan tergolong anime berat yang sulit dicerna.

Daya tarik dari anime ini selain desain mecha, kostum dan karakter yang original keren. Juga pada aspek ceritanya yang sangat-sangat kompleks dengan twist dimana-mana. Selain itu, anime ini juga kontroversial karena terdapat banyak sekali unsur suatu agama di dalamnya.


#2 Code Geass



Merupakan hasil duet spesialis anime mecha SUnrise dengan mangaka legendaris Clamp, sudah jelas menjadi jaminan mutu anime yang dihasilkan akan dahsyat.

Terdiri dari 2 season, Code Geass : Lelouch of Rebellion dan kelanjutannya Code Geass Lelouch of Rebellion R2. Bercerita tentang dunia yang hampir seluruhnya dikuasai oleh kerajaan Britannia, termasuk Jepang yang telah berganti nama menjadi Area 11. Adalah seorang pangeran Britannia super jenius bernama Lelouch Lamperouge yang dibuang ke Area 11 oleh ayahnya. Dengan berbekal kekuatan Geass yang diberi oleh seorang gadis penyihir immortal bernama C.C. Ia berusaha membalas dendam pada ayahnya dengan mengadakan pemberontakan. Dalam aksinya, Lelouch menggunakan samaran Zero, agar tidak mempengaruhi kehidupan normalnya yang damai.

Kelebihan dari anime ini tentu saja pada jalan ceritanya yang keren dan sulit ditebak. Adu strategi antara Lelouch dengan musuh-musuhnya yang notabene lebih banyak dan lebih kuat menjadi daya tarik tersendiri. Namun, akibatnya mecha hanya menjadi hiasan dalam anime ini, meski dalam season duanya menjadi lebih terlihat. Hal ini karena senjata terampuh untuk melawan musuh bukan lah mecha, melainkan otak dan mata yang dilengkapi dengan kekuatan Geass, yang mampu mengontrol dan memerintah setiap orang yang dilihatnya.


#1 Gundam Wing



Sudah jelas jika berbicara tentang mecha tak mungkin lepas dari serial Gundam. Bahkan mecha sendiri seakan sudah identik dengan serial yang sudah malang melintang lebih dari 30 tahun dan hampir selalu sukses setiap serialnya. Bahkan jika tidak dibatasi, bisa muncul beberapa judul serial Gundam muncul dalam daftar anime mecha terbaik ini. Oleh karena itu, dipilih lah yang terbaik dari serial Gundam yang pernah ada, yakni serial Gundam Wing.

Anime sepanjang 49 episode ini pertama kali disiarkan tanggal 7 April 1995 sampai 29 Maret 1996. Mempunyai lanjutan berbentuk OVA Gundam Wing : Operation Meteor I dan II yang dirilis selepas serialnya berakhir dan Gundam Wing : Endless Waltz yang dirilis pada tahun 1997. Selain berhasilmenjadi salah satu serial Gundam paling sukses, anime ini juga meraih peringkat 2 dalam Anime Grand Prix 1996 dan berada di peringkat 76 dari 100 anime sepanjang masa. Di belahan dunia lain, anime ini juga mendapat sambutan hangat dan mencetak rekor sukses. Di Indonesia, anime ini juga pernah ditayangkan di salah satu televisi nasional setiap minggu pagi.

Kelebihan anime ini adalah anime yang mecha banget, hal ini tentu saja karena desain mecha-nya yang sangat keren khas Gundam. Adegan pertarungan yang dahsyat, kisah penuh konflik, dan karakter-karakternya yang mantap. Tak heran untuk sebuah anime bergenre mecha real robot, anime Gundam Wing adalah yang terbaik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...