Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Jumat, 19 November 2010

Review Dorama Dr. Koto Shinryojo

"Are you god? Do you think you have a person's life in your hand? If so, that's pretty arrogant."
"I've never thought that. I am...just a doctor. But because I am a doctor. I can't let go of a person...who is about to fade away right before my eyes..."





Dr.Koto Shinryojo merupakan dorama Jepang yang diangkat dari manga karya Yamada Takatoshi yang berjudul sama, diserialisasikan pertama kali di majalah mingguan Shonen Sunday oleh penerbit Shogakukan di Jepang. Di Indonesia sendiri manga ini sudah diterbitkan dalam majalah manga Shonen Star.





Bercerita tentang Goto Kensuke yang berprofesi sebagai dokter di sebuah rumah sakit terkemuka. Sebagai seorang dokter bedah, ia salah satu yang terbaik di rumah sakit tersebut. Sebuah peristiwa terjadi yang berakibat dia "dimutasi" ke sebuah klinik kecil di pulau terpencil. Bersama perawat Hoshino mereka berjuang membantu masyarakat di pulau tersebut.

Jalan cerita dari dorama ini tidak berbeda jauh dengan versi manga-nya. Garis besar serta peristiwa-peristiwa penting yang terjadi tidak melenceng dari manga aslinya. Perbedaan hanya bagaimana mengadaptasi manga yang kadang terlalu simbolis dengan versi dorama yang lebih manusiawi. Juga terdapat beberapa cerita tambahan yang tidak ada dalam versi manganya. Penggambaran tokoh-tokohnya dalam versi dorama juga bagus, baik dari segi pemilihan aktor dengan gambaran manga serta kualitas aktor-aktornya dalam memahami karakter.

Berikut tokoh utamanya :





dr.Koto a.k.a Goto Kensuke, diperankan oleh Yoshioka Hidetaka 

Tokoh dr. Koto digambarkan sebagai seorang dokter yang ramah dan baik (atau teramat-sangat-baik-sekali) tapi berfisik lemah, bodoh, ceroboh, namun akan berbalik 180 derajat apabila dihadapkan pada pasien yang membutuhkan pertolongannya. Dia akan menjadi dokter bedah jenius, yang akan berjuang sekuat tenaga demi kesembuhan pasiennya.





Hoshino Ayaka, diperankan oleh Shibasaki Kou

Seorang perawat yang jutek, keras kepala, pemarah, tegas, namun dibalik itu semua ia adalah seorang perawat yang baik, yang begitu perhatian dengan pasien-pasiennya. Pada awal-awal manga/dorama, ia begitu meremehkan dr.Koto yang dianggapnya seperti dokter-dokter sebelumnya di pulau itu yang tidak bersungguh-sungguh dalam membantu warga pulau. Namun sedikit demi sedikit, ia mulai memahami dr.Koto yang sesungguhnya. Kebaikan dan kesungguhan hati dr.Koto untuk mengabdikan diri sebagai satu-satunya dokter di pulau tersebut, membuat perawat Hoshino sedikit demi sedikit berubah. Bahkan dari sikapnya terlihat ia menaruh perhatian pada dokter super baik tersebut.





Secara keseluruhan, dr.Koto, baik manga maupun dorama-nya, adalah karya yang indah, begitu menyentuh, penuh dengan nilai-nilai moral, sosial dan kemanusiaan serta diselingi humor-humor yang mampu membuat penontonnya tersenyum-senyum sendiri. Sifat dr.Koto yang begitu sabar dan menerima segala sesuatu yang dihadapkan padanya (yang seringkali keterlaluan) dengan ketabahan dan senyuman membuat dokter ini akhirnya diterima dan disayangi warga pulau. Dedikasinya yang tinggi untuk mengabdikan ilmu kedokterannya patut ditiru. Peralatan kedokteran yang tak memadai, sikap pasien dan masyarakat yang terkadang meremehkan, tidak membuatnya putus asa. Meskipun kadang digambarkan terlalu berlebihan, namun dr.Koto tetap dalam koridor-koridor yang manusiawi dan tetap realistis.

So, bagi yang pengen tahu bagaimana seorang dokter ataupun tenaga medis seharusnya bertindak, tonton dan resapi dorama dr.Koto Shinryojo! 


Judul : Dr. Koto/Dr. Koto Shinryojo
Sutradara : Noriko Yoshida
Pemain : Yoshioka Hidetaka, Shibasaki Kou
Jumlah Episode : 11
Tayang Perdana : 3 Juli - 11 September 2003


Dari beberapa segi, dorama ini merupakan yang terbaik menurut FUN :)


Sumber gambar : google.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...