Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sabtu, 28 Mei 2011

Kelompok Antagonis Terkeren #4 Homunculus

#4 Homunculus (Fullmetal Alchemist)


Manga : Fullmetal Alchemist
Author : Hiromu Arakawa
Nama Kelompok : Homunculus
Nama Lain : Homunkurusu
Deskripsi Singkat : Makhluk buatan yang tercipta dari darah "Father"
Tujuan : Melaksanakan segala perintah dan rencana "Father"
Pimpinan : "Father"/Homunculus
Anggota : Pride, Lust, Greed, Envy, Sloth, Gluttony, Wrath

Homunculus merupakan makhluk buatan yang menjadi lawan Edward Elric dan kawan-kawan dalam serial Full Metal Alchemist. Kejahatan para homunculus sudah terlihat sejak awal cerita bergulir. Mereka terdiri dari 7 orang makhluk yang memiliki kekuatan mengerikan, yang ditandai dengan adanya tato uroboros pada bagian tubuh mereka. Mereka sangat kuat dan bekerja mengikuti perintah seseorang yang disebut "Father", dalang dari semua kekacauan dalam serial Fullmetal Alchemist.

Pada awalnya, dahulu sekali homunculus merupakan makhluk yang terdapat pada sebuah botol kecil di sebuah laboratorium tempat seorang pemuda bernama Hohenheim bekerja sebagai pembantu. Hohenheim yang menemukan homunculus lantas memberikannya sedikit darah agar tetap hidup. Mereka pun bersahabat, dimana homunculus mengajarkan ilmu kepada Hohenheim yang saat itu tidak bisa baca tulis. Homunculus yang mempunyai ilmu pengetahuan membuat Hohenheim muda menjadi seorang manusia cerdas dan berpendidikan. Ia tidak lagi menjadi pembantu melainkan seorang ilmuwan jenius.

Namun sebuah peristiwa akhirnya terjadi, dimana suatu hari raja Cselk Cess meminta kehidupan abadi pada Hohenheim. Homunculus pun memberi tahu caranya agar Hohenheim membuat lingkaran transmutasi untuk raja Cselk Cess. Namun bukan hidup abadi yang didapatkan raja tersebut, melainkan raja dan seluruh anak buahnya yang hadir malah menjadi korban lingkaran transmutasi itu. Sebagai gantinya, didapatkan batu bijak dari pengorbanan tersebut. Sebagian batu bijak itu lantas dipakai Homunculus untuk mendapatkan tubuh seperti Hohenheim, sedangkan sebagian lainnya diberikan pada Hohenheim yang menjadikan tubuhnya abadi dan memiliki kekuatan alchemist yang luar biasa.

Cerita pun bergulir hingga bertahun-tahun kemudian. Homunculus yang berwujud Hohenheim menjadi penguasa Amestris dari balik layar. Ia yang dijuluki Father menciptakan 7 homunculus lain dari darahnya yang mewakili 7 dosa manusia, Envy (iri), Lust (nafsu), Wrath (amarah), Pride (bangga), Gluttony (rakus), Sloth (malas), dan Greed (tamak). Mereka bergerak dengan sangat rahasia yang bahkan salah seorang dari homunculus tersebut, yakni Wrath menjadi presiden Amestris dengan mengambil bentuk King Bradley.

Kehadiran para homunculus yang misterius telah menjadikan cerita serial Fullmetal Alchemist menjadi lebih kelam dan dalam. Makhluk-makhluk tersebut seakan menjadi misteri yang harus Edward pecahkan setapak demi setapak sejak awal kisah. Ditambah masa lalu yang kelam dan kenyataan yang mengejutkan menjadikan kelompok antagonis satu ini adalah merupakan yang terbaik dalam segi penceritaan.

7 makhluk Homunculus itu adalah sebagai berikut :

Envy
Makhluk berwujud anak remaja ini memiliki kemampuan untuk berubah wujud. Dengan kekuatannya yang mengerikan itu, ia menjadi penyebab paling mendasar terjadinya perang Ishvall. Dimana ia yang menembak seorang anak hingga tewas dengan menyamar sebagai tentara amestris yang menyebabkan suku Ishvall marah dan memicu peperangan.


Lust
Wanita yang menyamar sebagai Solaris, pacar Jean Havoc ini merupakan seorang yang cantik namun sangat licik. Sebagai seorang homunculus, Lust memiliki kekuatan Ultimate Spear dimana dapat menciptakan tombak yang sangat tajam untuk mencabik musuhnya. Riwayatnya berakhir setelah Lust mati terbakar oleh Flame Alchemist Roy Mustang.



Wrath
Awalnya dikenal sebagai King Bradley, presiden Amestris. Wrath yang seorang militer memiliki keahlian berpedang yang sangat mengerikan karena pedangnya dapat memotong apapun, bahkan tank sekalipun. Tato uroboros yang merupakan tanda homunculus terletak pada mata kirinya yang selalu memakai penutup mata.



Pride
Merupakan homunculus yang diciptakan pertama dan berkekuatan paling mengerikan karena berbentuk bayangan. Pride awalnya dikenal sebagai Selim Bradley anak adopsi dari King Bradley. Hingga pada suatu ketika, Hawkeye yang akan menyampaikan surat untuk King bertemu dengan Selim. Pada saat itulah Selim dengan tenangnya mengakui bahwa dirinya homunculus yang bernama Pride.


Gluttony
Seperti namanya, Gluttony berbentuk homunculus gendut berkepala botak yang sangat rakus dan memakan apapun yang ada di depannya. Meskipun terlihat bodoh, namun jika sudah marah, perut Gluttony akan terbuka menampilkan bagian dalam yang hitam dengan sebuah mata besar ditengahnya. Dan seperti sebuah lubang hitam, apapun yang ada disekitarnya akan tertelan oleh portal tersebut. Sementara orang yang tertelan kedalam perutnya akan masuk ke dimensi lain dan membusuk di dalamnya.



Greed
Mungkin karena mewakili sifat tamak, Greed merupakan homunculus yang menolak diperintah dan lebih suka menjalani kehidupannya sendiri untuk memuaskan ketamakannya, dengan kalimat favoritnya "aku ingin segalanya yang ada di dunia ini". Homunculus yang mampu melapisi tubuhnya dengan lapisan keras yang sangat kuat ini pernah menjadi lawan Edward duel satu lawan satu dan sangat sulit untuk dilumpuhkan. Namun dihadapan King Bradley atau Wrath, Greed tak berkutik. Nantinya Greed yang pengkhianat ini diproses kembali menjadi batu bijak dan dilahirkan kembali dalam tubuh Lin.



Sloth
Makhluk besar ini merupakan makhluk yang pemalas sesuai namanya. Meski demikian, Sloth merupakan homunculus dengan kekuatan fisik terkuat, bahkan dibalik besarnya badan, ia mampu bergerak dengan cepat. Memegang peranan penting dalam rencana Father. Sloth ditugaskan untuk menggali di bawah tanah negeri Amestris membentuk lingkaran transmutasi. Lingkaran tersebut nantinya akan digunakan oleh Father untuk membuat transmutasi batu bijak paling besar, paling dahsyat, dan paling mengerikan karena menggunakan korban semua orang yang ada di Amestris. Riwayatnya tamat di tangan Amstrong bersaudara dan suami istri Curtis.

3 komentar:

  1. Saya paling suka Lust, Greed & Pride.
    Pride = evil shota = epic win!

    BalasHapus
  2. Wah, suka Lust, Greed dan Pride ya..

    Greed dan Pride nya yang versi manga atau anime versi pertamanya?

    BalasHapus
  3. Versi manga dong. Saya gak nonton anime yang pertama.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...