Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Selasa, 03 Mei 2011

Liputan : Kaizen no Matsuri 8

Tanggal 1 Mei 2011 kemarin, FUN menghadiri sebuah festival Jepang bertajuk Kaizen no Matsuri 8 yang bertempat di SMA Negeri 5 Surakarta. Sepanjang pengetahuan FUN, Kaizen no Matsuri merupakan festival kebudayaan Jepang pertama di Surakarta (atau lebih dikenal dengan nama kota Solo), Jawa Tengah, Indonesia.


Berdasarkan data yang berhasil FUN himpun, Kaizen no Matsuri pertama kali digelar tahun 2001 dan sejak itu rutin digelar tiap tahunnya kecuali tahun 2004, 2006, dan 2009. Pada awalnya, even ini hanya sebatas pameran ekstra kulikuler Bahasa Jepang di SMA Negeri 5 Surakarta, pengunjungnya pun hanya dari lingkup siswa SMA Negeri 5 Surakarta. Namun, seiring perkembangannya, Kaizen no Matsuri mulai terbuka dengan mengundang pengunjung dari siswa SMA lain. Hingga akhirnya menjadi benar-benar terbuka untuk umum seperti sekarang ini.

Kesan FUN terhadap Kaizen no Matsuri 8 ini cukup bagus. Tapi jangan dibandingkan dengan event besar bertema Jepang yang biasa diadakan di Jakarta atau Bandung, dengan area festival yang luas dan acara yang beragam mengingat acara ini bukan acara yang dibuat oleh EO, bahkan bukan acara OSIS, dan kepanitiaannya hanya sebatas siswa ekskul.


Acara yang ditampilkan dalam Kaizen no Matsuri 8 ini lumayan meriah, ada perform Aikido, Kendo, dan tentu saja Band-band beraliran Japanese yang membawakan lagu-lagu band Jepang dan anime. Juga ada Tanabata, lomba cosplay, yu-gi-oh!, dan menggambar karakter manga. Selain acara tersebut, pengunjung juga bisa mencicipi beragam masakan Jepang dan membeli pakaian yang dijual di stand-stand.

Pengunjung yang datang pun lumayan ramai, banyak diantaranya yang berpakaian aneh-aneh ala Harajuku, juga beberapa peserta cosplay yang berlalu lalang. Band yang ditampilkan juga lumayan asyik, ada Guest Star yang spesialis lagu-lagu YUI dan ada pula yang sudah mengeluarkan album indie. Namun karena adanya acara parade band, menjadikan banyak lagu yang sama. Tercatat 4 band yang menyanyikan lagu Haruka Kanata-nya Naruto -_-



Hingga akhirnya cuaca menjadi tidak bersahabat dan hujan turun lumayang deras. Namun ditengah guyuran hujan, suara musik band yang menghentak masih begitu memikat penontonnya hingga akhir acara.

Overall, semoga Kaizen no Matsuri berikutnya dapat lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...