Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Sabtu, 15 Maret 2014

Aksi Mangaka Jepang Rayakan White Day

Hari Jum'at yang lalu, tepatnya pada tanggal 14 Maret, masyarakat Jepang - terutama para remaja atau yang mempunyai pasangan - merayakan White Day atau Hari Putih.


Sebelumnya, mungkin ada sebagian dari sobat FUN yang belum tahu apa itu White Day. Wajar sih, soalnya di Indonesia juga jarang merayakan hari semacam ini (FUN aja baru tahu beberapa menit yang lalu :D). Nah, mengenai pengertian White Day atau Hari Putih, berikut penjelasannya yang FUN kutip dari Wikipedia :

White Day atau hari putih adalah hari memberi hadiah untuk wanita yang jatuh tanggal 14 Maret. Perayaan ini berasal dari Jepang dan bukan tradisi Eropa atau Amerika. Hadiah berupa marshmallow atau permen diberikan sebagai balasan atas hadiah cokelat yang diterima pria sebulan sebelumnya pada Hari Valentine.
Pada Hari Valentine, anak perempuan dan wanita di Jepang memiliki tradisi memberi hadiah cokelat kepada pria yang disenangi, teman sekolah, rekan kerja, pacar, ayah, atau suami. Pria yang menerima cokelat berkeinginan membalasnya, dan niat ini disambut pedagang permen di sekitar pertengahan tahun 1970-an dengan mencetuskan ide "hadiah balasan" berupa kue kering, marshmallow, atau permen. Pada Hari Putih, anak laki-laki atau pria yang menerima baik honmei-choco ("cokelat calon pemenang") maupun giri-choco ("cokelat kewajiban") diharapkan untuk membalasnya dengan memberikan hadiah kepada si pemberi cokelat. Hadiah yang biasanya diberikan kepada wanita pada Hari Putih adalah kue kering, perhiasan, cokelat putih, pakaian dalam berwarna putih, dan marshmallow.

Nah, begitulah yang dimaksud dengan White Day, meski tujuan awalnya untuk melariskan dagangan, tapi toh perayaan ini cukup meriah di Jepang. Sampai-sampai beberapa mangaka ikut turun andil memeriahkan perayaan ini dengan goresan ilustrasi buatannya. Beberapa di antara mangaka Jepang yang merayakan White Day, adalah mangaka Kuroshitsuji, Yana Toboso dan mangaka Fairy Tail, Hiro Mashima.

White Day ala Hiro Mashima




Untuk melihat ilustrasi White Day ala Yana Toboso mangaka Kuroshitsuji, bisa klik di sini.

Referensi :
Wikipedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...