Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Minggu, 30 Desember 2012

Indonesia dalam Anime Musim Gugur 2012


Negara kita dalam animanga Jepang? Ada, bahkan bisa dikatakan banyak. Karena jika diteliti dari semua animanga yang pernah rilis selama ini, akan ada banyak anime yang memasukkan unsur Indonesia, entah itu dalam cerita, setting, istilah, dan lain sebagainya. Seperti Captain Tsubasa dan timnya yang pernah mampir di Jakarta dalam ajang World Youth.

Tsubasa cs di Jakarta
Namun yang membuat FUN tertarik mengulas hal ini, karena khusus dalam anime rilisan fall 2012 atau musim gugur tahun ini saja, FUN menemukan banyak anime yang menampilkan Indonesia, entah secara eksplisit maupun implisit. Paling tidak ada 3 judul anime yang berhasil FUN temukan, apa sajakah mereka?

FUN mulai dari anime Chuunibyou demo Koi ga Shitai. Di situ diceritakan, ayah dari tokoh utama, Yuta Togashi, bekerja di Jakarta. Bahkan ketika liburan, keluarga Togashi merencanakan akan berlibur ke Indonesia untuk mengunjungi sang ayah.

Chuunibyou : Ayah Yuta kerja di Jakarta?
Sayangnya Yuta lebih memilih liburan ke pantai bareng Rikka dan kawan-kawan. Kalau tidak, pasti kita bisa melihat Yuta jalan-jalan di ibukota tercinta.

Selanjutnya, meski tidak dikatakan secara langsung, Indonesia ditampilkan secara implisit dalam anime Btooom! Dalam anime tersebut diceritakan, Ryouta Sakamoto dan  puluhan orang lainnya disekap dan dibawa ke sebuah pulau terpencil di lautan pasifik untuk mengikuti sebuah game mengerikan. Nah, kira-kira dimanakah pulau terpencil itu?

Btooom! : Kepulauan di lautan pasifik?
Dari gambar tersebut, sepertinya sudah jelas, "pulau terpencil di lautan pasifik" yang dimaksud itu ada di negara mana. Yap, Indonesia, lebih tepatnya di pulau komodo. Karena dalam anime tersebut, Ryouta Sakamoto dihadapkan pada kadal raksasa tersebut. Sementara Komodo sendiri adalah hewan endemik pulau Komodo.




Dan terakhir, kemunculan Indonesia yang paling jelas ada dalam season kedua serial Jormungand, Perfect Order. Episode 16 merupakan yang paling banyak menggunakan setting Indonesia, yakni ketika Kasper Hekmatyar cs menjalankan sebuah misi perdagangan di Jakarta.


Menurut FUN sendiri, penggambaran Indonesia atau Jakarta khususnya lumayan detail. Banyak detail khas Indonesia yang ditampilkan seperti bajaj, nama-nama toko yang cukup familiar, nama masakan, hingga suasana Jakarta di musim hujan. Bahkan Kasper cs sempat memuji kelezatan masakan Indonesia juga.

Kendaraan umum yang familiar kan?

Masakan apakah ini?

Kasper cs di Jakarta
Mungkin akan lebih mantap lagi jika di episode Jakarta, percakapan orang-orangnya juga menggunakan bahasa Indonesia :)

Tak hanya sampai disitu, di episode 21 melalui perbincangan agen CIA Scarecrow dan rekannya, diketahui bahwa Koko Hekmatyar memiliki kekayaan dalam bentuk investasi dan obligasi di sejumlah bank. Dan, yah bisa dilihat bank mana yang dimaksud dalam gambar ini berikut kotanya :)

Adakah kota kalian di daftar investasi Hekmatyar?
Itulah sekilas tentang kemunculan Indonesia di beberapa anime yang tayang musim gugur ini. Rasanya bangga juga dan FUN harap, kedepannya akan ada lebih banyak lagi kemunculan semacam ini, agar negara kita semakin dikenal dan terkenal :)

4 komentar:

  1. Yg dijakarta mantap gan :beer:
    Detil gedung-gedung, bajaj, dan nasi gorenngya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semoga kedepannya makin banyak anime yang menampilkan Indonesia.

      Hapus
    2. Ada banyak lagi bro, termasuk bendera Indonesia saat Kuroka lagi duduk2 diruangan sebelum nemuin kasper, trus nama salah satu tokoh yg dbunuh Chequita cs itu Agus, Bir Bintang, duit 50ribuan segepok juga ada
      Mungkin anime ini sebagai stimulus supaya Indonesia bikin anime juga, hhehehehe

      Hapus
    3. Yup, mungkin juga karena negara kita dengan Jepang punya nostalgia sejarah yang cukup 'dekat'.. jadi Indonesia di mata Jepang sudah bukan negara asing lagi :D

      makasih update indonesia di anime Jormungand-nya :D

      Hapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...