Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Minggu, 17 Mei 2015

Barakamon, Anime Wajib Tonton 2014

Yak, karena terdesak oleh keinginan luhur menyampaikan anime paling berbobot musim panas 2014 silam, membuat FUN harus mereview anime yang becerita tentang kaligrafer Jepang yang tinggal di pulau terpencil ini. Apalagi kalau bukan Barakamon!


Sekilas tentang Barakamon. Barakamon adalah anime yang diangkat dari manga yang lahir dari tangan mangaka Satsuki Yoshino. Serialisasi manganya sendiri dimuat di Gangan Online keluaran Februari 2009 oleh Square Enix. Tak heran jika di sepanjang anime, sobat FUN akan menemukan cover manga Soul Eater atau Fullmetal Alchemist berseliweran, karena mereka berada dalam satu perusahaan penerbitan yang sama.


Story

Anime Barakamon sendiri berpusat pada seorang Seishū Handa, kaligrafer (seniman kaligrafi Jepang) muda berusia 23 tahun yang memiliki masalah dengan kepribadiannya. Handa merupakan tipikal orang yang mudah depresi, tidak punya teman, dan kadang tidak bisa menahan emosinya. Suatu insiden terjadi tatkala di sebuah pameran, seorang direktur pameran yang juga kurator veteran mengomentari karya kaligrafi Handa dengan komentar yang pedas. Tak terima karyanya dikomentari, Handa pun tak bisa menahan emosinya, tangan Handa melayang dan memukul wajah direktur hingga terkapar.

Insiden memalukan tersebut membuat Handa depresi dan mendapat kecaman dari berbagai pihak. Hingga sang ayah mengirimkannya ke Pulau Gotō, pulau terpencil yang terletak di sebelah barat pesisir Kyūshū, untuk menenangkan diri dan memperbaiki sikapnya.


Handa yang terbiasa tinggal di kota seumur hidupnya mendapati kehidupan yang jauh dari hingar bingar perkotaan. Pulau terpencil tersebut sangat minim transportasi, peralatan telekomunikasi, bahkan toko pun hanya ada satu. Namun, seiring jalannya cerita, Handa menemukan sesuatu yang lain, alasan kenapa dia di kirim di pulau terpencil tersebut. Tentang penduduk yang ramah dan penuh kegotong royongan. Kehidupan pedesaan yang bersahaja dan bersahabat dengan alam. Serta para anak-anak kecil, Naru Kotoishi dan kawan-kawan, yang meski polos, namun keceriaan dan tingkah polahnya perlahan memberi pelajaran pada Handa untuk lebih memperbaiki dirinya.

Overall

Lupakan serial aksi khas musim panas, dengan hadirnya Barakamon memberikan warna tersendiri bagi para penikmat anime di tengah derasnya anime berplot serius pada musim panas 2014. Barakamon sendiri mengutamakan unsur cerita yang sangat apik dibalut dengan komedi yang segar khas genre slice of life.


Di Barakamon, sobat FUN akan menemukan bagaimana seorang Seishū Handa berkembang dan perlahan mengalami perubahan ketika berinteraksi dengan penduduk pulau, dengan segala karakter dan tingkah laku yang unik. Perkembangan karakter dibuat begitu halus, seiring banyaknya kejadian atau peristiwa yang terjadi. Tentu saja, tidak hanya Handa-kun yang mengambil hikmah dari kisah Barakamon, sobat FUN sendiri juga bisa mengambil pesan moral yang disajikan sepanjang 12 episode anime Barakamon.

Bisa jadi sarat pesan moral dan quotes, menjadikan nilai lebih dari anime Barakamon. Bagaimana proses pendewasaan diri seorang Seishū Handa mengajarkan para penontonnya untuk tidak takut kalah, atau terlalu berorientasi kemenangan, melainkan untuk menjalani segala aktivitas dengan rasa senang. Mengesampingkan sikap egois dan depresi berlebihan, dan merasakan bahwa banyak sekali hal indah di sekitar kita.

Pun tak hanya dari Handa, karakter pendukung seperti Naru Kotoishi juga banyak memberi pelajaran untuk selalu ceria, bahagia, dan mampu menghibur orang lain, meski tinggal sebatang kara dengan kakeknya. Episode Hiroshi Kido yang mengajarkan untuk percaya bahwa bakat terbesar adalah berusaha keras. Tentu saja, masih banyak lagi pelajaran yang bisa dipetik di setiap episode Barakamon, yang membuatnya  menjadi salah satu anime yang sangat wajib tonton di tahun 2014 kemarin.

6 komentar:

  1. nice info bro anime favorit gw juga nih, mampir" juga di otak-wibu.blogspot.com ditunggu bro :D

    BalasHapus
  2. siep!! kunjungi blog saya >> fullzealos.blogspot.com

    BalasHapus
  3. a Visit from teheperone.com hope you guys visit back to our website or trade link

    BalasHapus
  4. Wih, thanks, bro! artikelnya bagus dan menarik. Kunjungi blog ane juga ya => http://dokirablog.twomini.com

    BalasHapus
  5. Aku pengen download wedding peach sub indo complit dmna ya

    BalasHapus
  6. Aku pengen download wedding peach sub indo complit dmna ya

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...