Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Senin, 26 Mei 2014

Kaizen no Matsuri X, Festival Jepang Terbesar di Kota Solo

Pada tanggal 18 Mei 2014 kemarin, FUN berkesempatan menghadiri gelaran festival Jepang di kota Solo bertajuk Kaizen no Matsuri X.


Kaizen no Matsuri X sendiri merupakan festival kebudayaan Jepang yang digelar oleh ekskul Bahasa Jepang Kaizen SMA Negeri 5 Surakarta. Sesuai dengan judulnya, Kaizen no Matsuri X merupakan kali kesepuluh event ini diadakan.
Mengambi tema Kaizen Decade's Special : Ninja Village, Kaizen no Matsuri X berusaha menghadirkan suasana desa ninja dan gelaran acara yang berbau ala ninja Jepang. Penerapan tema tersebut terlihat dari stand Maid Cafe khas Kaizen no Matsuri yang mengangkat tema kunoichi (ninja perempuan), pertunjukkan seni bela diri yang mengangkat ninjutsu, dekorasi stand, hingga costreet yang banyak bertemakan ninja.


Satu kata yang FUN rasakan ketika menginjakkan kaki di gelaran Kaizen no Matsuri X adalah 'rame!'. Dengan klaim ribuan tiket terjual, event ini sungguh sangat padat oleh pengunjung penggila kebudayaan pop Jepang. Tidak hanya dari kota Solo sendiri, sebagian bahkan jauh-jauh berasal dari luar kota, seperti Jogja, Semarang, dan kota-kota lainnya.


Tidak hanya dari sisi pengunjung, event ini juga dipadati dengan deretan stand yang menjual pernak-pernik khas Jepang, seperti stand makanan Jepang, merchandise, action figure, dll. Dari denah Kaizen no Matsuri X yang ditempel di dekat pintu masuk, ada sebanyak lebih dari 46 stand yang memadati luasnya area Kaizen no Matsuri X kali ini.


Selain rame oleh pengunjung dan banyaknya stand, Kaizen no Matsuri X juga memanjakan para penggemar budaya pop Jepang dengan beragam acara di panggung utamanya. Beberapa band beraliran pop Jepang yang mengisi acara tak pernah sepi dari teriakan para penggemarnya, kabaret yang ditampilkan juga mampu mengocok perut para pengunjung, atraksi para cosplayer dan dance di depan juri juga mampu menarik perhatian khalayak untuk terus berlama-lama di depan panggung.



Menurut FUN sendiri, Kaizen no Matsuri X tahun 2014 ini telah meletakkan standar baru di kancah festival Jepang tingkat SMA. Segala kualitas yang ditampilkan oleh ekskul Bahasa Jepang Kaizen SMA Negeri 5 Surakarta dalam gelarannya tahun ini mampu membuktikan bahwa event japanese festival yang diselenggarakan pelajar SMA mampu bersaing dengan event-event sejenis yang diselenggarakan oleh para mahasiswa di tingkat perguruan tinggi.


Berdasarkan catatan FUN, selama bulan mei 2014 ini ada dua event jejepangan lain yang diselenggarakan di Jogja dan satu event yang penyelenggaraannya bersamaan dengan Kaizen no Matsuri X di kota Semarang, kesemuanya berada di tingkat perguruan tinggi. Meski dikepung oleh kakak-kakak mereka, namun Kaizen no Matsuri X berhasil survive dalam menarik pengunjung dan menjadi salah satu yang terbesar. Jika dengan jadwal event yang padat saja, event ini mampu menarik ribuan pengunjung, bagaimana jika diselenggarakan pada waktu yang sepi event?


Selamat bagi Kaizen no Matsuri X, FUN tunggu gebrakan Kaizen no Matsuri XI di tahun mendatang.

Referensi :
Page Event Kaizen no Matsuri X
Blog Kaizen Smaliska

4 komentar:

  1. Setelah lama gk update.......... :)

    BalasHapus
  2. Bukti mereka menjajah dengan kekuatan budaya,tanpa kekuatan militer

    (hiraukan saya)

    BalasHapus

  3. I want you to thank for your time of this wonderful read!!! I definately enjoy every little bit of it and I have you

    bookmarked to check out new stuff of your blog a must read blog!!!! WALLPAPER ANIME FULL HD?

    BalasHapus
  4. Ane malah nunggu yg 2016 ke 12

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...