Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Rabu, 21 November 2012

Review Anime : Tonari no Kaibutsu-Kun



Judul           : Tonari no Kaibutsu-Kun
Inggris         : My Little Monster, The Monster Next Door, My Neighbor Monster-Kun
Romaji        : となり の 怪物 くん
Tipe            : Serial TV
Episode      : 13
Status         : On-Going
Diudarakan : 2 Oktober 2012 -
Produksi     : TV Tokyo, Aniplex, Brain Base, NAS, Kodansha
Genre        : Komedi Romantis
Durasi        : 24 menit per episode
Rating        : PG-13

Tonari no Kaibutsu-kun  atau My Little Monster merupakan sebuah anime komedi romantis garapan Brains Base yang diangkat dari manga yang ditulis dan digambar oleh Robico-sensei. Manganya sendiri diterbitkan oleh Kodansha pada tahun 2008 dan diserialisasikan pertama kali di majalah Dessert. Hingga kini tankobon Tonari no Kaibutsu-kun sudah mencapai 10 volume dan masih berstatus on-going.

Sedangkan versi animenya diisiarkan pertama kali pada tanggal 2 Oktober 2012 di TV Tokyo dibawah arahan sutradara Hiro Kaburaki - sutradara spesialis anime romantis yang juga menggarap serial Kimi ni Todoke. Lagu pembuka dari anime ini, Q&A Recital! dinyanyikan oleh Haruka Tomatsu sedangkan Wishes Wihte sebagai lagu penutup, dinyanyikan oleh grup 9nine. Hingga artikel ini ditulis, versi penayangan animenya sudah mencapai episode ke-8 dari rencana total 13 episode.

Cerita dari Tonari no Kaibutsu-kun berpusat pada seorang gadis siswi SMA bernama Shizuku Mizutani, seorang pendiam, tertutup dan hanya memiliki satu ketertarikan : belajar. Baginya tidak ada kepentingan lain, kecuali mendapat nilai yang baik demi masa depan yang gemilang. Sikap cuek itulah yang menjadikannya sulit untuk bergaul dan mendapatkan banyak teman.

Kisah Mizutani berubah ketika dirinya ditugaskan untuk mengantar catatan pelajaran kepada murid yang sangat jarang masuk kelas, Haru Yoshida. Haru Yoshida sendiri bisa dikatakan berbeda 180 derajat dengan Mizutani, seorang laki-laki yang lebih suka bermain-main, sangat ekspresif, dan ingin memiliki banyak teman. Namun karena penampilannya yang sangar, dan track record-nya sebagai seorang murid bermasalah yang suka berantem, menyebabkan dirinya dijauhi.

Pertemuan tersebut, akhirnya menimbulkan benih cinta diantara keduanya. Perasaan yang saling tarik ulur, perbedaan sifat, dan kekonyolan yang terjadi selama masa pendekatan ekstrim antara Haru dengan Mizutani menjadi inti cerita Tonari no Kaibutsu-kun.

Karakter Utama :
Shizuku Mizutani (水 谷 雫)
Seiyuu: Haruka Tomatsu


Murid yang amat sangat rajin belajar, sebagian besar perhatian dan waktu dalam hidupnya didedikasikan untuk terus fokus pada nilai-nilai akademis. Akibatnya Mizutani terkesan tertutup dan cuek terhadap segala hal yang ada di sekitarnya, termasuk teman-temannya. Namun sifat dan perangainya perlahan sedikit berubah sejak pertemuannya dengan Haru. Meski di sisi lain, kemampuan akademis luar biasa yang dimiliki Haru, malah membuat Mizutani - yang tergeser ke posisi rangking 2 di sekolah - semakin gila belajar.

Haru Yoshida (吉田 春)
Seiyuu: Tatsuhisa Suzuki

Meski seorang trouble maker, Haru sebenarnya adalah seorang anak yang baik, memiliki semangat keadilan dan tak segan membantu orang lain. Yang menarik, meski telah lama absen, lebih sering bermain dan membuat kebodohan, Haru memiliki otak yang encer dalam pelajaran sekolah. Bahkan kemampuan akademis-nya melebihi Mizutani yang selalu belajar. Dalam kesehariannya, Haru selalu bertindak tanpa pikir panjang, sehingga menimbulkan kekonyolan-kekonyolan, di sisi lain, sifat itulah yang membuatnya dapat dengan mudah mengungkapkan perasaannya pada Mizutani, yang akhirnya turut mengubah perangai Mizutani.

Asako Natsume (夏目 あさ子)
Seiyuu: Atsumi Tanezaki

Merupakan teman sekelas Mizutani dan Haru. Namun berbeda dengan keduanya, Natsume tergolong siswa yang bodoh dan selalu mendapat nilai yang buruk di setiap mata pelajaran, kecuali olahraga. Hubungannya dengan Mizutani dan Haru berawal dari keinginannya untuk lulus ujian, sehingga meminta bantuan keduanya untuk mengajarinya pelajaran. Sama seperti Mizutani dan Haru, Natsume juga tidak banyak memilik teman di dunia nyata, karena lebih suka berteman dan bersosial di dunia maya.

Sōhei Sasahara (佐 々 原 宗 平)
Seiyuu: Ryota Osaka

Teman sekelas Mizutani dkk ini merupakan anak laki-laki yang ceria dan murah senyum. Sering terlihat berseragam softball dan mencuri waktu di sela-sela permainan untuk mengobrol dengan Mizutani dkk. Sasahara merupakan teman Haru juga sewaktu SMP dimana Haru juga jarang sekali masuk kelas.



Overall, Tonari no Kaibutsu-kun menyajikan sebuah kisah komedi romantis bersetting kehidupan sekolah. Terkadang kekonyolan para karakternya membuat terpingkal dan di sisi lain, ada pula cerita romantis tarik ulur antara Haru dan Mizutani. Menurut FUN sendiri anime ini cukup layak diikuti, ceritanya yang ringan menjadikannya tontonan yang cukup menghibur. Rating PG-13 cukup beralasan karena beberapa kali ada adegan ciuman dalam anime ini.
Untuk rating FUN sendiri, anime Tonari Kaibutsu-kun berada di kisaran 7,5/10.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...