Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Rabu, 10 Agustus 2011

Manga Shonen karangan Mangaka Perempuan

Dunia manga memang terus berkembang pesat, peminatnya pun semakin bertambah dari beragam usia dan gender. dari sekian banyak genre, manga terbagi menjadi dua kategori utama Shonen dan Shojo. Keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok meski kadang bisa kabur juga, yakni dalam penggambaran dan cerita.

Manga Shojo biasanya diperuntukkan untuk penikmat manga perempuan, ceritanya pun biasanya tidak lepas dari drama, tema percintaan romantis. Sementara gaya gambarnya biasanya memakai karakter bermata besar, dengan panel yang penuh tone dan hiasan bunga-bunga. Di Indonesia sendiri manga jenis ini seringkali disebut serial cantik.

Sementara manga Shonen adalah jenis manga yang diperuntukkan untuk untuk kaum laki-laki. Ceritanya pun lebih keras daripada Shojo, bisa seputar olahraga, petualangan, penuh adegan pertarungan dan persaingan. Gaya gambarnya pun lebih realis dan lebih "kasar" dari Shojo.

Meski sudah dikotak-kotakkan semacam itu, banyak juga penikmat manga perempuan yang juga suka dengan manga Shonen, begitu pun laki-laki ada pula yang suka genre Shojo. Dalam dunia manga pun begitu, meski segelintir, ada pula mangaka laki-laki yang menggambar manga Shojo dan mangaka perempuan yang menggambar manga Shonen.

Dari sekian banyak manga Shonen yang berhasil menembus jajaran manga terlaris, ternyata ada beberapa manga Shonen yang ternyata dikarang oleh mangaka perempuan. Gaya gambarnya bahkan kadang tidak mencerminkan bahwa pengarangnya perempuan karena penuh hujan darah dan adegan sadis di dalamnya, sehingga kaget juga kalau mangaka-nya ternyata perempuan.

Nah, berikut FUN sajikan beberapa manga Shonen terkenal dengan mangaka perempuan :


#1 Full Metal Alchemist (Hiromu Arakawa)



Hiromu Arakawa di tengah
Mungkin bagi penggemar Fullmetal Alchemist atau Hagane no Renkinjutsushi tak akan mengira bahwa manga dengan cerita yang kelam dan banyak memunculkan adegan hujan darah ini merupakan hasil karya seorang mangaka perempuan. Ya, Hiromu Arakawa sensei adalah wanita tulen kelahiran 8 Mei 1973 di Tokachi, Hokkaido, Jepang. Beliau yang bernama asli Hiromi, memutuskan menggunakan nama pena Hiromu yang lebih maskulin untuk menyesuaikan dengan manga shonen ciptaannya yang kebanyakan fansnya adalah laki-laki.
Kenyataan bahwa Hiromu Arakawa adalah seorang perempuan sungguh tidak terduga. Selain karena penggambaran dirinya sebagai seekor sapi berkacamata tidak mencerminkan hal itu. Namun patut diapresiasi juga, bahwa dari tangan seorang perempuan bisa muncul karya hebat dengan cerita dan gambar keren seperti Fullmetal Alchemist. Paling tidak, angka 5.883.000 copy manga yang terjual di tahun 2010 kemarin membuktikan kehebatan mangaka  perempuan yang satu ini.

#2 D.Gray-man (Katsura Hoshino)


Katsura Hoshino
Manga lain yang tidak diduga dikarang oleh seorang perempuan adalah manga D.Gray-man. Sosok Katsura Hoshino sensei yang tidak pernah muncul dihadapan publik hingga tahun 2008 membuat identitasnya menjadi misterius. Wanita yang berkarier sejak tahun 2003 ini bahkan oleh penerbit Amerika pernah disangka laki-laki dalam kolom biografi buku manganya.
Jalan cerita D.Gray-man yang gelap dan sarat adegan aksi lah yang mungkin membuat para fansnya yang kebanyakan laki-laki mengira bahwa mangaka D.Gray-man adalah seorang laki-laki. Namun kemunculan Hoshino di hadapan publik pada acara AnimagiC di Jerman membuktikan bahwa dari tangan perempuan lah Allen Walker, Yu Kanda, dan Lavi tercipta.



#3 Katekyo Hitman Reborn (Akira Amano)


Akira Amano
Mungkin banyak yang tidak tahu bahwa Katekyo Hitman Reborn dikarang oleh perempuan. Hal ini karena namanya yang terkesan laki-laki yakni Akira Amano. Akira Amano sensei yang lahir tahun 1973 ini sebenarnya sudah lama bergelut dalam dunia manga. Namun baru pada pertengahan tahun 2004, karyanya yang dimuat di majalah Weekly Shonen Jump yakni Katekyo Hitman Reborn yang berhasil melambungkan namanya. Hingga saat ini, Reborn menjadi salah satu manga terlaris yang memiliki angka penjualan yang tinggi.






Masih banyak manga Shonen yang dikarang oleh mangaka perempuan, antara lain :

Tanaba Yellow, mangaka Kekkaishi
Yukiru Sugisaki, mangaka D.N. Angel











5 komentar:

  1. Aq penggemar Kekkaishi tdk tau kalo Tanabe Yellow alias Tanaba Yellow adalah perempuan !

    BalasHapus
  2. Hehehe...
    terus setelah tahu bahwa Tanabe Yellow perempuan, tanggapannya bagaimana?

    BalasHapus
  3. Wah,baru tau klo Hoshino sensei itu perempuan.
    Klo Amano n Arakawa sensei udah lama tau.
    Btw,thanks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, sama2:D
      pas artikel ini ditulis tahun 2011, yang paling mengejutkan tetap Arakawa sensei :D hehehe

      Hapus
  4. Hore, Hoshino Katsura ternotis!
    Pas pertama baca manganya juga aku nyangka kalo dia itu laki"

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...