Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Jumat, 10 Juni 2011

Mengenal Igo

Bagi yang suka baca manga Hikaru no Go pasti sudah tidak asing lagi dengan game menyusun batu diatas papan ini, yap! Apalagi jika bukan Igo. Nah kali ini FUN akan membahas permainan favorit Hikaru Shindo ini. Enjoy it!

Sekilas Tentang Igo

Permainan Igo
Igo atau biasa disebut Go (Inggris), Weiqi (China), Baduk (Korea), merupakan permainan yang sebenarnya berasal dari Tiongkok sekitar tahun 2000SM hingga 200SM. Menurut wikipedia, igo konon diciptakan oleh Kaisar Tiongkok Yao pada tahun 2337-2258SM untuk melaih anaknya, Danzhu belajar disiplin, konsentrasi dan keseimbangan.
Memang pada kenyataannya igo tidak hanya sekedar sebuah permainan, melainkan memiliki kedalaman, kompleksitas, strategi, melatih konsentrasi, keseimbangan, ingatan, bahkan penuh dengan falsafah yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.



Aturan Awal Igo

Batu putih di sisi dan
pojok papan, hanya
memiliki 3 dan 2 liberti
1. Dua pemain masing-masing memegang salah  satu batu hitam atau putih. Batu hitam dalam permainan ini adalah yang melangkah pertama kali.
2. Untuk menentukan siapa pemakai batu hitam, salah seorang pemain menggenggam sejumlah batu dan pemain lain menebak apakah batu-batu itu berjumlah genap atau ganjil. Jika jawaban tepat, maka ia memperoleh batu hitam.
3. Pemegang batu hitam, karena jalan lebih dulu maka memiliki komi 5,5 mata. Dimana dalam keadaan permainan imbang, biji putih menang 5,5 mata. Jika pada permainan hitam unggul 6 mata, maka sejatinya ia menang 0,5 mata karena peraturan komi tersebut.
4. Jika perbedaan kemampuan antar dua pemain sangat jauh, maka pemain yang lebih lemah bisa menempatkan sejumlah biji pada tempat-tempat yang dianggapnya strategis sebelum  permainan dimulai. Jumlah biji yang ditempatkan sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Fungsi ini mirip semacam handicap.

Aturan Permainan Igo


Batu putih tertangkap
1. Dua pemain secara bergantian meletakkan sebuah biji batu pada titik perpotongan garis pada papan. Umumnya papan berukuran 19x19, namun ada pula yang berukuran 9x9, bermacam-macam.
2. Setiap batu memiliki liberti atau empat titik lain di sekitarnya. Jika pada keempat titik tersebut diletakkan batu lawan. Maka batu tersebut dinyatakan tertangkap, dikeluarkan dari papan untuk diambil oleh lawan. Sebagai tambahan, titik pojok hanya memiliki dua liberti dan titik sisi memiliki tiga liberti saja.
3. Titik kosong setelah penangkapan tadi dinamakan mata. Lawan tidak bisa meletakkan batu pada titik tersebut karena titik tersebut tidak mempunyai liberti.
4. Untuk lolos dari tangkapan, batu bisa diletakkan pada titik yang berhubungan dengan batu yang kita letakkan sebelumnya sehingga membentuk rantai liberti. Lawan harus menutupi semua titik yang dihasilkan dua batu tersebut untuk bisa menangkap dua batu kita.
5. Kita bisa meletakkan batu pada titik mata yang tidak mempunyai liberti, jika pada saat yang bersamaan hal itu untuk menangkap batu musuh.
6. Jika dirasa sudah tidak ada langkah yang bermanfaat, pemain bisa melakukan pass dan tidak perlu meletakkan batunya lagi. Jika kedua pemain pass, maka permainan dinyatakan berakhir dan mulai penghitungan wilayah dan batu lawan yang berhasil didapat, hal ini untuk menentukan siapa pemenangnya.

Strategi dalam Igo


Batu putih bisa diletakkan
pada mata, jika untuk
mengambil batu lawan.
1. Permainan igo pada dasarnya tidak sesimpel hanya bermain untuk mengepung batu lawan untuk mendapatkan batu lawan sebanyak-banyaknya. Melainkan lebih kepada merangkai wilayah sehingga lawan tidak bisa menempatkan batunya pada wilayah tersebut.
2. Penting sekali untuk membuat wilayah tidak bisa diserang, sehingga minimal perlu ada dua mata yang kokoh agar tidak ada batu yang bisa diambil.
3. Mempertahankan batu agar tidak diambil lawan juga sangat penting. Perlu perencanaan dan strategi yang tepat ketika meletakkan batu untuk membentuk rantai liberti. Agar nantinya bisa selamat dan bukan hanya menambah jumlah korban yang sia-sia.
4. Gagalkan lawan membuat wilayah. Hal ini dapat dengan mendesak lawan sehingga wilayah yang didapatkannya sempit atau bahkan gagal mendapatkan wilayah.
5. Analisa dan hitung langkah lawan agar kita tahu apakah langkah kita nanti akan sukses atau tidak.

Kedahsyatan Igo


Susunan batu menciptakan
wilayah. Lingkaran biru merupakan
wilayah hitam, merah wilayah putih,
dan kuling wilayah netral
1. Meski peraturan tadi terlihat sederhana, namun kompleksitasnya sangat tinggi. Hal ini karena luasnya area titik pada papan dan lebih leluasanya kita dalam meletakkan batu. Bahkan kedalaman dan kompleksitas Igo melebihi permainan papan sejenis seperti Othello, Shogi, bahkan catur sekalipun.
2. Dalam wikipedia disebutkan jumlah posisi catur yang sah berada di antara 10^43 dan 10^50 langkah. Bandingkan dengan kemungkinan posisi permainan igo yang ada sekitar 3^361x0,012 = 2,1x10^170 yang merupakan hasil dari sekitar (120)^2 = 4,5x10^397 permainan berbeda tanpa penangkapan, sehingga jumlahnya sekitar 9,3x10^567 permainan, mengizinkan penangkapan memberikan sekitar 10^7,49x10^48 kemungkinan permainan. Bandingkan dengan jumlah proton seluruh alam semesta menurut para fisikawan yang tidak lebih dari 10^90.
3. Karena saking kompleksnya, banyak orang yang berusaha mempelajari igo secara mendalam. Mempelajari langkah demi langkah bahkan dari para pemain yang telah lampau.
4. Igo bukan lah permainan keberuntungan dengan menyusun batu secara acak. Karena perlu strategi dalam menempatkan sebuah batu igo, karena peletakkan sebuah batu saja dapat mempengaruhi jalannya ratusan langkah kedepan. Hal itulah yang menyebabkan aspek pengalaman sangat berperan dalam permainan ini.
5. Para pemain yang berpengalaman sudah bisa membaca langkah apa yang akan diambil lawan. Dari satu langkah batu saja ia sudah harus paham wilayah mana yang akan didapatkan, strategi apa yang akan digunakan, dan bagaimana mengantisipasi serangan lawan. Sehingga dari beberapa langkah saja permainan dimulai, mereka sudah hampir tahu bagaimana akhir dari permainan mereka.

Akhirnya


Sejak pertama kali FUN mengenal igo di sekolah menengah, FUN sudah merasa tertarik dengan permainan papan strategi yang satu ini. Memang tidak dipungkiri, ketertarikan itu salah satunya adalah karena manga Hikaru no Go. Namun seiring waktu, igo masih tetap menjadi favorit meski anime Hikaru no Go sudah lama berlalu.
Perasaan ketika memainkan, sensasi adrenalin ketika melangkahkan batu, memutar otak untuk menyimpulkan beberapa langkah yang mungkin dan menebak langkah lawan yang mungkin diambil membuat permainan ini sangat menarik. Mengecoh lawan untuk terjatuh pada perangkap dan menunggu lawan salah melangkah merupakan sensasi tersendiri.
Kadang kita tidak akan tahu hasil akhirnya sebelum penghitungan wilayah dilaksanakan. Tidak seperti permainan lain yang sudah jelas terlihat jika lawan tamat. Hal inilah yang membuat penasaran, bahkan bisa jadi orang yang mengira dirinya kalah, setelah dihitung ternyata menang tipis.
Sekali lagi, Igo benar-benar permainan menarik yang memacu otak berpikir dan berstrategi. Berkonsentrasi agar tidak salah melangkah dan keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Hal ini merupakan refleksi kehidupan yang sangat berharga dan bisa kita terapkan pada kehidupan nyata.

Bagi yang ingin memberikan ralat, saran, atau pertanyaan seputar Igo, silahkan comment di bawah :)

1 komentar:

  1. AYOIGO Saya pemain igo sudah beberapa tahun main, permainan catur Igo ini seru banget kalo sudah ngerti mainnya. Bagi yang tertarik dan mau bertanya seputar catur Igo boleh lewat facebook saya di www.fb.com/ayoigo

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...