Selamat datang di fun-otaku.blogspot.com
Blog dalam bahasa Indonesia yang mereview anime terbaik, mengulas manga terlaris, tokusatsu, dorama, musik, film, berita seputar animanga, dan segala hal mengenai otaku. Sertakan link aktif blog, jika ingin membagikan berita, artikel, info, atau referensi dari blog ini.
Terima kasih atas kunjungannya :)

Kamis, 31 Maret 2011

7 Mangaka dengan Gaya Gambar Khas

Berbeda dengan beberapa dekade silam, dimana gaya gambar para mangaka cenderung mirip dan seperti mengekor trend manga yang sedang booming. Mangaka modern sekarang ini berlomba-lomba untuk menemukan gaya gambarnya sendiri-sendiri. Dimana gaya gambar tersebut menjadi ciri khas mangaka, sehingga walaupun banyak judul manga yang tercipta namun dapat diketahui dengan cepat siapa pengarangnya dengan hanya sekilas melihat covernya saja. Oleh sebab itu, tak heran jika mangaka dengan gaya gambar yang sudah signature itu kebanyakan adalah mangaka veteran yang sudah malang melintang di dunia manga.
Nah, dari sekian banyak mangaka, berikut FUN sajikan daftar mangaka yang mempunyai gaya gambar paling khas dan banyak memberi inspirasi bagi mangaka-mangaka selanjutnya :


#7 Rumiko Takahashi

FUN memulai dari salah satu mangaka perempuan tersukses saat ini, Rumiko Takahashi. Kreator dari manga Inuyasha ini terbilang memiliki gaya gambar yang khas. Hal itu terlihat dari gaya gambarnya yang tidak berubah banyak dari manga-manganya terdahulu seperti Ranma 1/2 atau Urusei Yatsura.
Gaya gambarnya yang mirip serial cantik namun kaku dan bersih seperti gaya gambar shonen menjadi ciri khasnya. Mungkin karena banyak dari karyanya yang bergenre shonen yang diperuntukkan untuk pembaca laki-laki (meski kebanyakan penggemar dari Rumiko Takahashi adalah perempuan).


#6 Urasawa Naoki

Mangaka yang mempunyai spesialisasi genre thriller psikologi dan suspense ini menurut FUN juga memiliki gaya gambar yang terbilang khas.
Urasawa Naoki yang melejit lewat manga detektif Master Keaton dan Monster serta mendunia lewat 20th Century Boys ini memiliki gaya gambar khas manga yang semi realis seperti gaya gambar komik barat. Hal ini tentunya sangat menunjang genre manga buatannya yang cenderung serius dan terlihat nyata.
Sebagai seorang mangaka yang terbilang veteran, gaya gambarnya juga tidak mengalami banyak perubahan dari manganya terdahulu macam Master Keaton hingga yang terbaru seperti Pluto yang diadaptasinya dari manga karya Osamu Tezuka.


#5 Obata Takeshi

Mangaka yang mendunia lewat manga Deathnote ini terbilang memiliki gaya gambar yang khas. Yakni gaya gambar manga yang detil, selain detil proporsional tokohnya, Obata-sensei juga dikenal kedetilannya dalam menggambar background. Ciri khas lain dari Obata-sensei ada pada pakaian yang dikenakan para tokoh dalam manganya yang cenderung stylish dan mengikuti trend pada masanya, maka tak heran jika Obata-sensei juga dikenal sebagai mangaka yang stylish. Juga teknik pewarnaannya yang khas dan menjadi inspirasi mangaka lain.
Meski demikian, gaya gambarnya tidak langsung seperti sekarang ini, melainkan didapat secara bertahap melalui eksplorasi gambar dan tema di setiap manga buatannya. Sebagai contoh pada manga Hikaru no Go yang pada awalnya terlihat masih simpel, namun karena mengambil tema permainan igo yang menuntut ketelitian dan kedetilan gambar, lama kelamaan gaya gambarnya menjadi semakin bagus dan detil hingga menjadi seperti sekarang ini.



#4 Takehiko Inoue
Mangaka dari serial terkenal Slam Dunk ini termasuk mangaka yang memiliki gaya gambar manga yang khas. Ciri gaya gambar Inoue-sensei terlihat dari kesan realis yang didapat pada setiap goresan gambar manganya.
Proporsi tubuh, bentuk wajah, dan ekspresi tokoh merupakan poin-poin yang menjadi kelebihan dan ciri khas gambar Inoue-sensei. Inoue-sensei mampu menyampaikan dengan baik pesan dari tokoh-tokoh dalam manga buatannya, melalui perubahan ekspresi wajah. Inoue-sensei juga tidak takut menampilkan wajah-wajah yang tidak setampan tokoh manga pada umumnya.
Ciri khas lain dari mangaka yang satu ini adalah tema basket yang sering diangkatnya menjadi sebuah mangaka, sebut saja Slam Sunk, Buzzer Beater, hingga yang terbaru REAL. Bahkan, atas jasa Inoue-sensei lah, basket yang dulunya kurang populer di Jepang menjadi populer seperti sekarang ini. Menjadikan Inoue-sensei sebagai mangaka olahraga spesialis basket yang paling sukses.


#3 Adachi Mitsuru


Selanjutnya adalah mangaka veteran yang sudah malang melintang di dunia manga secara profesional, Adachi Mitsuru.
Adachi-sensei pertama kali dikenal di Indonesia lewat manganya yang berjudul Natane. Merupakan mangaka yang dekat dengan genre drama percintaan remaja yang dibalut dengan tema sport, terutama baseball.
Ciri khas dari manga karya Adachi-sensei selain pada tema yang diangkat, juga pada penggambaran manganya yang cenderung simpel dan sangat khas. Mata yang besar dan bulat dan bagian tubuh yang simpel menjadi poin utama goresan tangannya.
Gaya Adachi-sensei bercerita dalam manganya yang cenderung lamban dan datar namun begitu mengalir, menarik untuk diikuti dan dihayati juga menjadi poin lebih dari mangaka satu ini. Maka tak heran jika manga buatannya memiliki banyak penggemar hingga diadaptasi menjadi anime dan dorama.
Mangaka veteran yang terbilang produktif ini secara konsisten menghasilkan karya yang berkualitas. Terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diraihnya, bahkan disaat usianya menjelang senja sekalipun.


#2 Aoyama Gosho


Tak ada yang tidak kenal dengan detektif Conan, dan mungkin juga tidak ada yang tidak kenal dengan Aoyama Gosho sang mangaka-nya.
Aoyama-sensei merupakan salah satu mangaka produktif yang karyanya banyak yang menjadi best seller di Indonesia, sebut saja Yaiba, Kaitou Kid, Third Baseman no 4, dan yang paling terkenal tentu saja, Detektif Conan.
Mangaka yang terbilang veteran ini juga memiliki gaya gambar yang sangat khas, gaya gambar tersebut secara konsisten terlihat dalam setiap manga buatannya dari Yaiba hingga Conan. Sehingga sekali lirik saja sudah bisa ditebak bahwa manga tersebut diciptakan oleh mangaka yang sama.
Mangaka yang sangat konsisten dengan gaya gambar manganya ini memiliki keunikan pada detil gambar pada tiap panelnya, juga pada karakter-karakternya yang mirip-mirip. Ciri lainnya juga ada pada penggambaran hidung karakternya yang sangat khas.


#1 Akira Toriyama


Dan inilah mangaka dengan gaya gambar paling khas dari yang khas menurut FUN, maestro manga Jepang yang paling terkenal di dunia, Akira Toriyama.
Sudah tidak diragukan lagi, Akira Toriyama dengan Dragon Ball-nya adalah mangaka dengan gaya gambar paling khas dan menginspirasi banyak mangaka lain, sebut saja Eiichiro Oda dan Masashi Kishimoto. Dengan sekali lihat saja, manga-manga buatannya seperti Dragon Ball, Dr.Slump hingga Sandland dapat diketahui diciptakan oleh mangaka yang sama.
Ciri khas dari gambar goresan tangannya ada pada gaya rambutnya yang dominan spike, bermata besar dengan bagian hitam yang kecil, bentuk tubuh berotot kotak-kotak, dan pakaian yang berlipat-lipat.
Akira Toriyama mungkin bisa disejajarkan dengan Osamu Tezuka sebagai seorang pionir di dunianya. Berkat kesuksesan Dragon Ball, Akira Toriyama seakan memberi warna dan standar baru bagi dunia manga shonen. Penggambaran aksi yang superior, minimnya penggunaan tone, dan arsiran yang dominan yang ada pada manga ciptaan Toriyama-sensei, seakan menjadi standar manga shonen yang digunakan oleh mangaka-mangaka setelahnya.
Meski sekarang sudah jarang terjun di dunia manga, namun goresan tangan Toriyama-sensei yang khas dapat kita temui dalam game-game Square-Enix yang ditanganinya.
Dengan segala kelebihannya, wajar kalau FUN menobatkannya menjadi mangaka dengan gaya gambar paling khas :)

Lagu Takut Vierra Mirip Lagu Anime

Memang mirip atau hanya perasaan FUN saja?
Saat pertama kali mendengar lagu berjudul "Takut" dari grup band Vierra, FUN sudah merasa familiar dengan nadanya, terutama pada bagian reff dari lagu itu.

Akhirnya setelah mendengarkan beberapa lagu anime yang sudah lumayan lama, FUN menyadari bahwa lagu tersebut, pada bagian reff-nya mirip dengan lagu ending ke-21 dari serial Meitantei Conan (Detektif Conan) yang berjudul June Bride ~Anata Shika Mienai~. Meski intro kedua lagu tersebut agak berbeda namun pada reff dan irama pianonya sangat mirip dengan lagu yang dinyanyikan oleh penyanyi wanita terkenal dari Jepang, U-ka Saegusa.

U-ka Saegusa sendiri adalah seorang penyanyi wanita dari Giza Studio yang memulai debut sejak tahun 2002. Sementara lagu June Bride ~Anata Shika Mienai~ tersebut dirilis pada tanggal 15 Juni 2005, yang tentunya lebih dahulu daripada lagu "Takut"nya Vierra yang dirilis akhir tahun 2010.

Jika anda sekalian penasaran, silakan untuk mendengarkan kedua lagu itu. Apakah anda akan berpendapat sama seperti FUN tentang kedua lagu tersebut?


Video June Bride ~Anata Shika Mienai~ by U-ka Saegusa




Video Takut by Vierra




Selasa, 29 Maret 2011

10 Besar Mangaka Terpopuler 2011

Pada awal maret 2011, Oricon telah melansir 10 besar mangaka yang karyanya paling dinanti di tahun 2011. Survey ini melibatkan 600 responden, yang berkisar remaja, berumur 20 tahun dan 30 tahunan dan dibagi rata berdasarkan jenis kelamin. Survey yang dilakukan pada tanggal 12-15 Februari tersebut menghasilkan daftar sebagai berikut :

#10 Tezuka Osamu
Walau sudah tiada, namun mangaka bernama lengkap Dr. Osamu Tezuka ini menjadi salah satu mangaka yang karyanya tetap dikenang dan dinanti.
Mangaka yang sebelumnya berprofesi sebagai dokter ini merupakan pionir animasi Jepang dan legenda mangaka  Jepang hingga disebut sebagai bapak manga. Kejeniusan karyanya dan banyaknya manga yang diciptakannya bahkan membuat dirinya disebut dewa manga, selain karena menjadi pionir teknik manga seperti gaya mata besar. Hingga namanya diabadikan sebagai lambang supremasi penghargaan bagi para mangaka, Tezuka Award.


#9 Fujiko F Fujio
Siapa yang tidak kenal dengan anime robot kucing Doraemon? Fujiko F Fujio mungkin menjadi mangaka pertama yang dikenal oleh anak-anak di Indonesia lewat karya manga dan animenya yang begitu terkenal di Indonesia.
Meski telah tiada, namun mangaka bernama asli Fujimoto Hiroshi ini karyanya tetap banyak dinanti. Terlebih perusahaannya, Fujiko pro yang masih eksis menghasilkan film doraemon dan manganya dalam berbagai genre.


#8 CLAMP
Salah satu grup mangaka paling terkenal di dunia. Terlihat dari karya-karya yang dihasilkan banyak yang best seller. Sebut saja X, Cardcaptor Sakura, Magic Knight Rayearth, hingga yang terakhir Tsubasa Reservoir Crhonicle. Maka tak heran jika fans fanatiknya selalu menanti karya-karya selanjutnya.


#7 Urasawa Naoki
Mangaka yang pertama kali dikenal di Indonesia lewat manga Master Keaton dan Monster ini merupakan salah satu mangaka yang brilian. Dengan spesialisasi genre Thriller Psikologi, Urasawa Naoki mampu menghipnotis pembacanya untuk larut dalam cerita manganya. Hal itu terbukti dengan karya best sellernya yang membuat namanya terdongkrak hingga posisi 7 ini, 20th Century Boys.


#6 Oda Eiichiro
Sudah tidak disangsikan lagi kalau Oda-sensei masuk dalam list ini. Karyanya selalu ditunggu bahkan tiap minggunya dan tiap chapternya sekalipun. Hal ini karena Oda masih menangani serial terlaris di Jepang saat ini, One Piece yang begitu fenomenal dan bahkan membuatnya menjadi salah satu mangaka terkaya saat ini. Dengan One Piece yang masih panjang dan akhir yang masih jauh, maka tak heran jika Oda akan selalu ada dalam list ini pada tahun-tahun berikutnya.


#5 Togashi Yoshihiro
Salah satu mangaka terhebat dari Jump, dikenal di Indonesia pertama kali lewat anime dan manga Yu Yu Hakusho. Togashi-sensei menjelma dengan karyanya yang lain dan juga sangat fenomenal, Hunter X Hunter. Namun mengingat Hunter X Hunter sering hiatus dan Togashi sering menghilang tiba-tiba, mungkin hal itulah yang menyebabkan para penggemarnya menantikan kelanjutan cerita manga buatannya.


#4 Adachi Mitsuru
Salah satu mangaka veteran yang masih bertahan untuk tetap produktif dan menghasilkan karya yang cemerlang.
Adachi-sensei yang terkenal dengan genre seputar drama percintaan remaja, komedi dan sport  ini karyanya selalu dinanti untuk dikoleksi. Maka tak heran jika Adachi-sensei mempunyai penggemar fanatik manganya yang membuatnya tetap bertahan dalam list ini.


#3 Inoue Takehiko
Terkenal dan mendunia lewat manga bertema basket, Slam Dunk. Inoue-sensei yang merupakan mangaka beraliran realis ini mampu menyihir para pembaca dengan karya-karya yang berkualitas. Saat ini manga yang digarapnya, Vagbond dan Real lah yang membuatnya tetap berada di list ini.


#2 Toriyama Akira
Tak ada yang tidak kenal dengan Dragon Ball, meski sudah lama berlalu masanya, namun tetap saja menjadi legenda dan tetap memiliki banyak peminat. Tak heran meski sudah banyak game dibuat berdasarkan manga tersebut, bahkan animenya yang ratusan episode itu diremake ulang, tetap saja memiliki banyak penggemar.
Hal itu tentunya berkat goresan tangan Toriyama-sensei yang khas dan menginspirasi banyak mangak seperti Oda-sensei dan Kishimoto-sensei. Beliau bahkan dijuluki mangaka tersukses Jepang meski sekarang sudah jarang membuat karya manga. Hal itulah mungkin yang menyebabkan banyak penggemarnya tetap menantikan karya manga dari tangannya.


#1 Yazawa Ai
FUN kira akan ada nama Masashi Kishimoto disini, namun ternyata posisi pertama justru dihuni oleh mangaka perempuan Yazawa Ai. Mangaka yang melejit berkat manga Nana ini menjadi idola bagi pembaca manga perempuan (atau serial cantik di Indonesia). Mungkin karena survey ini dibagi rata sesuai jenis kelamin, makanya para responden perempuan banyak yang memilih mangaka ini. Tapi lebih dari itu, Nana memang manga yang patut dinanti dan selalu menarik perhatian hingga membuat Yazawa Ai tetap bertahan di posisi atas list ini dalam 2 tahun terakhir.


Ahli Strategi Jenius di Dunia Manga

Berikut adalah daftar 6 tokoh manga atau anime yang mempunyai otak brilian untuk mengatur strategi meraih kemenangan. Siapakah mereka?


#6 Hiruma Yoichi (Eyeshield 21)

FUN mulai dari otak tim Amefuto (American Football) Deimon Devil Bats, siapa lagi kalau bukan Hiruma Youichi. Cowok kurus yang sering berposisi sebagai Quarterback ini adalah pengatur serangan tim Deimon yang mumpuni. Taktiknya yang "menghalalkan segala cara" sudah sangat terkenal dan ditakuti oleh tim-tim lawan. Bisa dikatakan, kekuatan tim Deimon bukan terletak pada ace runner Kobayakawa Sena, melainkan ada pada kejeniusan otak Hiruma.
Tak heran jika dengan strategi yang dibuatnya, tim lemah Deimon mampu membungkan tim kuat Oujo dan Shinryuuji, bahkan tim allstar Teikoku Alexander Gakuen.
Sebagai seorang ahli taktik, bakat Hiruma sudah terlihat sejak berumur 10 tahun, dimana Ia pernah membantu membuatkan taktik untuk tim Amefuto tentara militer Amerika.
Selain ahli strategi, manusia berwajah mirip setan ini juga menggunakan kejeniusannya untuk memeras orang, mengontrol sekolah dari balik layar, berjudi, sebagai hacker, bahkan dengan mudah memperoleh kekayaan yang melimpah, yang konon bahkan bisa digunakan untuk membeli sebuah pulau :)


#5 Nara Shikamaru (Naruto)

Ketika melihat karakter ini pertama kali, mungkin FUN tidak menyangka bahwa cowok kurus yang pemalas ini ber-IQ diatas 200 dan tergolong jenius.
Pada dasarnya, Nara Shikamaru tergolong ninja yang lemah dan tidak memiliki kekuatan atau serangan yang mematikan dan berdaya rusak tinggi seperti teman-temannya yang lain. Namun, Shikamaru memiliki otak yang brilian untuk mengatur strategi dan taktik, sehingga hanya dengan kekuatannya yang sangat terbatas (hanya sebatas pengendali bayangan) Shikamaru mampu mengalahkan musuh-musuhnya yang berkekuatan jauh di atasnya. Salah satu prestasi terbaiknya adalah mampu mengalahkan Hidan, anggota Akatsuki yang tidak bisa mati yang bahkan Asuma-sensei (guru Shikamaru) sendiri tidak bisa mengalahkannya.
Kelemahan terbesar dari Shikamaru adalah sifatnya yang pemalas dan jarang berlatih ninjutsu. Itulah yang membuatnya tidak sekuat teman-temannya, yang kadang membuatnya tidak dapat memaksimalkan strateginya hingga detik-detik terakhir dan berakhir dengan kekalahan. Meski pemalas, namun Shikamaru tetap melatih kemampuan otaknya menyusun strategi dengan bermain Shogi.


#4 Kyomaro Takamine (Konjiki no Gashbell)

Dengan IQ diatas 190, Kiyomaro Takamine merupakan pelajar SMP yang paling jenius di Jepang. Namun karena kejeniusannya itulah Kiyomaro menjadi sombong, memandang rendah teman-temannya yang tidak sepintar dirinya dan bersifat tertutup. Kiyomaro bahkan malas masuk sekolah karena menganggap pelajaran di sekolah sudah bukan levelnya lagi dan memilih mempelajari skripsi mahasiswa MIT.
Hingga pada suatu hari datanglah Gash, bocah iblis yang mengikuti pertarungan 100 anak iblis untuk menentukan raja dunia iblis. Dan Kiyomaro pun ditakdirkan untuk menjadi partner dari Gash. Dalam setiap pertarungan, Kiyomaro bertindak sebagai pengatur strategi, pembuat taktik, bahkan penunjuk arah serangan Gash, karena Gash menjadi tidak sadar ketika menyerang.
Dengan kemampuan otak Kiyomaro yang brilian dan kemampuan bertarung Gash, duet mereka menjadi solid dan tak terkalahkan. Kejeniusan Kiyomaro mengatur strategi terlihat dari hitung-hitungan matematis arah pantulan serangan, kemampuan menjebak dan mengalahkan musuh yang berkekuatan jauh diatasnya.
Berkat petualangannya dengan Gash, lama-kelamaan sifat sombong dan dingin Kiyomaro terkikis, menjadi pemuda baik hati dan memiliki banyak teman.


#3 Taikoubou (Hoshin Engi)

Dan inilah tokoh utama yang sangat pemalas, yang sedapat mungkin tidak perlu turun tangan langsung untuk mengalahkan musuh : Taikoubou.
Taikoubou sendiri adalah seorang sennin (pertapa/dewa) yang ditugaskan untuk menyegel para sennin yang menyebar kekacauan di muka bumi, padahal Taikoubou sama sekali bukan orang yang kuat, meski nantinya dia akan semakin kuat. Bahkan Taikoubou nyaris berakhir di jilid pertama, karena terbalik membaca daftar urutan orang yang harus disegel (yang pertama dikira yang terlemah).
Meski pintar dan ahli strategi, namun keahliannya tersebut lebih karena sifatnya yang pemalas. Sehingga untuk menyegel sennin yang mengacau, Taikoubou hanya perlu mengeluarkan tipu muslihat yang licik untuk membuat orang-orang disekitarnya atau teman-temannya yang maju melawan musuh (yang berarti meringankan tugasnya untuk menyegel sennin).
Meski sangat licik dan menjadi ahli strategi karena saking malasnya, namun kelebihan dari ahli strategi lainnya adalah sifat bijaksana yang dimilikinya meski kadang seenaknya sendiri.


#2 Lelouch Lamperouge (Code Geass)

Mungkin tak ada penggemar anime yang tidak kenal dengan tokoh yang satu ini, Lelouch Lamperouge pangeran Britannian yang jenius. Sebagai pengatur serang, kelebihannya ada pada kecepatan mengambil langkah dan pola serangan yang sangat detil.
Lebih dari itu, Lelouch juga dapat memprediksikan langkah yang akan diambil lawan dengan akurat dan menyiapkan siasat tersembunyi yang sulit ditebak. Maka tak heran jika banyak lawan yang tertipu dan dibiarkan menikmati kemenangan semu untuk kemudian dihancur leburkan dengan strateginya yang lain.
Dengan Lelouch sebagai komandan perang, para prajurit Black Knights tak ragu menghadapi lawannya. Bagaimana tidak, mengikuti perintah Lelouch seperti menjadi jaminan kemenangan yang gemilang. Karena itulah mereka menjadi sangat bergantung pada pemuda yang lebih dikenal dengan nama samaran Zero ini.
Selain kemampuan otaknya, Lelouch juga memiliki kekuatan Geass dimana ia bisa mengontrol orang yang bertatapan mata dengannya. Dengan kekuatan yang sangat menunjang tersebut, tak heran Lelouch menjadi salah satu ahli strategi terhebat.


#1 Yagami Raito (Deathnote)

Dan inilah ahli strategi terhebat yang mungkin sudah bisa ditebak : Kira alias Light alias Raito Yagami.
Memilik syarat standar sebagai seorang ahli strategi yakni otak yang jenius, ditambah tubuh yang atletis, dan ketampanan yang membuatnya mudah bergaul, populer, dan mudah memanfaatkan orang-orang disekitarnya.
Hal itu masih ditambah dengan sebuah buku mengerikan yang mampu membunuh seseorang hanya dengan menulis namanya di buku tersebut, plus segudang fungsi tak resmi lain seperti dapat mengatur tingkah laku orang tersebut beberapa waktu sebelum kematiannya.
Pada awalnya, Raito menggunakan kejeniusannya untuk membantu kepolisian memecahkan kasus rumit, namun dengan Deathnote ditangannya, Raito sendiri akhirnya jatuh menjadi seorang psikopat yang mengagungkan keadilan dengan caranya sendiri.
Dengan kemampuannya mengatur strategi dan kepandaiannya bersiasat, pemuda berjuluk Kira ini menjadi teror bagi penjahat di seluruh dunia. Menjadi bencana internasional, menjadi iblis sementara di sisi lain menjadi malaikat bagi umat manusia.
Kelemahan terbesar dari Raito adalah kepercayaan dirinya yang terlalu tinggi. Sehingga meski memilik ketenangan yang mengagumkan, namun bisa menjadi sangat gegabah yang membuatnya harus menelan kekalahan di akhir cerita.

Senin, 28 Maret 2011

Daftar Tokoh Jenius dalam Manga

1. Jenius Matematika : So Touma (QED)


So Touma adalah seorang lulusan MIT di bidang matematika diusia 15 tahun (dia diterima masuk MIT di usia 10 tahun). Seperti jenius pada umumnya, Toma digambarkan sebagai sosok yang introvert, dingin, dan kadang aneh (kadang bengong dan sedikit ceroboh). Dalam menganalisa suatu kasus, Toma cenderung tenang dan tidak terburu-buru.
Karena jenius matematika, maka tak heran dalam penyelesaian kasusnya menyinggung tentang kalkulus, teorema ueler, riemann, log dan sebagainya. Dan pada akhir penyimpulan suatu kasus atau misteri, So Toma menuliskan singkatan QED. QED sendiri adalah singkatan dari Quod Erat Demonstrandum yang artinya "yang sudah dibuktikan" atau "yang sudah terbukti" (biasa dituliskan oleh para matematikawan jaman dulu seperti Euklides atau Archimides sebagai pernyataan terakhir dari sesuatu yang telah dibuktikan).



2. Jenius Psikologis : Akiyama Shin'ichi (Liar Game)


Merupakan lulusan Universitas Teito dengan predikat Master Psikologi. Kemampuannya psikologinya pernah digunakan untuk membalas dendam pada sebuah perusahaan, dimana perusahaan tersebut ditipu habis-habisan hingga bangkrut. Hal itulah yang menyebabkan Akiyama dipenjara hingga 3 tahun.
Namun dibalik prestasi "hitam"nya tersebut, Akiyama merupakan seorang yang baik meski sikapnya sangat dingin. Dalam bidang psikologi, Akiyama mampu menganalisa watak seseorang dari tingkah laku dan kata-kata, memanipulasi, menipu, mengarahkan, hingga membuat seseorang menghancurkan dirinya sendiri. Kemampuan itulah yang membuatnya dijuluki seorang jenius penipu daripada jenius psikologi.




3. Jenius Olahraga : Kongo Agon (Eyeshield 21)




Jika manusia mempunyai satu dua bakat, itu wajar. Tapi berbeda dengan Kongou Agon yang memiliki segudang bakat. Bakatnya bisa dibilang dalam hal apapun, sehingga untuk menguasai sampai ahli suatu hal, Agon hanya perlu belajar singkat, bahkan tidak perlu belajar sama sekali.
Bakatnya yang luar biasa tersebut ditambah dengan kemampuan tubuhnya yang disebut god-speed-impulse, dimana syaraf-syaraf dalam tubuhnya dapat menerima respon dan menyalurkan reflek dan bereaksi dalam kecepatan luar biasa. Hal itulah yang membuatnya menjadi jenius di bidang olahraga.
Kongo Agon memiliki kakak bernama Kongo Unsui, namun kebalikannya dari Agon, Unsui tidak berbakat namun seorang jenius pekerja keras. Dengan latihan dan kerja keras, Unsui bisa menyamai bakat adiknya yang tidak dimilikinya.





4. Jenius Komputer : Fujimaru Takagi (Bloody Monday)
Fujimaru sebenarnya adalah seorang pelajar kelas 2 SMA biasa, namun kemampuannya yang sebenarnya hanya muncul ketika ia memegang komputer atau laptop. Ketika mulai berselancar di dunia maya. Fujimaru akan berubah drastis menjadi seorang hacker jenius bersenjatakan Trojan Horse, bejuluk Falcon.
Sebagai seorang jenius hacking, kemampuan Fujimaru sudah terlihat sejak dia masih duduk di kelas 4 SD, dimana ia pernah membobol situs dengan komputer milik temannya.
Tidak seperti hacker pada umumnya, Fujimaru tidak menggunakan keahliannya untuk kepentingan dirinya sendiri, melainkan bertindak untuk kebenaran. Contohnya seperti membobol data korupsi atau mengungkap suatu kejahatan.Dengan kemampuannya yang hebat sebagai seorang hacker, maka tak heran Fujimaru alias Falcon menjadi incaran penjahat di sekitarnya.




5. Jenius Kimia : Shigeru Kanmuri (Yakitate! Japan!)

Merupakan seorang jenius di bidang Kimia Pangan yang lulus Harvard pada usia 16 tahun. Sebagai seorang yang bergelut di bidang pembuatan roti, Shigeru juga memiliki Solar Hand yang membuatnya dapat memaksimalkan eksperimennya untuk menciptakan roti yang luar biasa enak.
Sebagai seorang berotak cerdas, Shigeru lah yang menjadi otak di tim Pantasia dalam menghadapi lawan-lawannya. Dengan pengetahuannya yang luas di bidang bahan makanan, Shigeru lah yang menyarankan perpaduan bahan-bahan terbaik bagi Azuma, ujung tombak tim Pantasia, untuk membuat roti terenak.
Kejeniusan Shigeru sudah terlihat bahkan ketika masih kecil, dimana dia sudah bisa berbahasa Inggris dan Cina di usia 2 tahun.

Minggu, 27 Maret 2011

Dokter-Dokter Terhebat dalam Manga

Perkembangan industri manga yang semakin pesat, membuat para mangaka berusaha mencari tema-tema yang berbeda untuk karyanya. Tema-tema unik pun bermunculan dengan berbagai bidang yang belum pernah digali sebelumnya. Salah satu tema yang sudah sering dipakai namun tetap unik adalah tema kedokteran. Mengingat sudah banyaknya manga bertema kedokteran dengan tokoh utama seorang dokter, maka berikut FUN hadirkan daftar dokter-dokter hebat yang menghiasi manga (juga anime atau dorama) bertema kedokteran :

1. Koto aka Goto Kensuke (dr.Koto Shinryosho)

Awalnya Goto Kensuke bekerja di rumah sakit ternama di pulau utama. Namun sebuah peristiwa terjadi, yang membuat Goto dimutasi ke sebuah pulau terpencil bernama Koshiki. Di pulau Koshiki, ia lebih dikenal dengan sebutan dr.Koto lantaran nama kliniknya yang salah tulis menjadi klinik dr.Koto.
dr.Koto versi dorama
dr.Koto sendiri digambarkan sebagai seorang dokter yang ceroboh, lemah, dan payah. Namun ketika berhadapan dengan pasien yang membutuhkan pertolongannya, sifatnya akan berubah 180 derajat menjadi dokter spesialis bedah jenius yang mementingkan keselamatan pasiennya diatas segalanya.
Kehebatannya sebagai dokter terlihat dari berbagai operasi sulit yang berhasil dilakukannya dengan peralatan yang minim dan seadanya di pulau terpencil tersebut. dr.Koto pernah mengoperasi usus buntu seorang anak di dalam kapal yang sedang berlayar, mengoperasi dirinya sendiri dengan bantuan cermin, bahkan menangani dua operasi sulit secara bersamaan.
Namun kehebatan dr.Koto sesungguhnya tidak terletak pada keahliannya memegang pisau bedah atau kejeniusannya di bidang kedokteran. Melainkan ada pada hatinya yang  begitu tulus dan luar biasa baik. Perjuangannya untuk membantu orang-orang di pulau koshiki, membuatnya yang awalnya diacuhkan menjadi disukai dan dihormati.


2. Tessho Iwashiro (Wild Life)


Berbeda dengan manga kedokteran pada umumnya, wild Life mengambil tema dunia kedokteran hewan, dimana Tessho Iwashiro adalah tokoh utamanya.
Tessho sendiri awalnya digambarkan sebagai seorang laki-laki bodoh, ber-IQ rendah dan bertindak serta berperawakan lebih mirip yakuza daripada seorang calon dokter. Namun sebuah peristiwa penyelamatan seekor anak anjing membuat dirinya bertekad untuk menjadi seorang dokter hewan.
Wild Life versi dorama
Lalu apa kehebatan dari dokter bodoh dan ber-IQ rendah ini? Jawabannya adalah pada telinganya, dimana Tessho memiliki kemampuan ketajaman irama. Bakatnya tersebut membuat dirinya dapat mendengar suara yang sangat pelan sekalipun, seperti detak jantung dan saluran pernafasan. Sehingga bagi Tessho, stetoskop sudah tidak diperlukan lagi.
Ketajaman irama pula lah yang menyebabkan Tessho bisa lulus ujian tertulis kedokteran dengan mudah, yakni dengan mendengar suara gumaman peserta ujian lainnya :)
Namun, sesungguhnya kehebatan dari dokter satu ini ada pada tekadnya yang sangat kuat demi menolong nyawa pasien, mau berkorban demi pasiennya, dan ketulusan hati. Tessho juga sangat mudah sekali akrab dengan binatang pasiennya. Dengan kelebihan dan keberuntungannya, maka tak heran jika tidak ada pasien yang ditanganinya yang meninggal.




3. Mahigashi Teru (God Hand Teru)


Teru versi dorama
Teru merupakan satu-satunya korban yang selamat dari sebuah kecelakaan pesawat yang merenggut nyawa ayahnya, yang juga seorang legendaris dokter bedah brilian. Sebelum meninggal ayahnya sempat menyelamatkan nyawa anaknya dengan pijatan dada dan memberi tanda telapak tangan di dadanya. Karena itulah, Teru berusaha menjadi dokter bedah yang hebat seperti ayahnya, yang tak kenal menyerah demi nyawa pasien.
Meski digambarkan sering gugup, namun Teru adalah pribadi yang jujur dan tulus. Jika nyawa pasiennya dalam bahaya, kemampuan sebenarnya dari GodHand akan muncul dan membuatnya sukses menangani operasi-operasi sulit sekalipun.



4. Ryutaro Asada (Team Medical Dragon)


Asada versi dorama
Asada adalah seorang dokter bedah jantung jenius yang dipecat dari North Japanese Hospital karena misdiagnosis (dan suatu alasan tersembunyi). Ia dipanggil kembali untuk menyelesaikan Thesis seorang asisten profesor yang mengangkat tentang operasi Batista yang belum pernah sukses dilakukan di Jepang. Selanjutnya asada dibebaskan untuk membentuk tim operasi berjuluk Team Medical Dragon yang berisi orang-orang dengan kualifikasi yang mumpuni.
Asada sendiri digambarkan sebagai seorang yang tenang, cerdas dan penuh perhitungan. Kemampuannya di bidang bedah jantung sudah tidak diragukan lagi kehebatannya. Asada juga merupakan orang yang tak mudah menyerah menangani keselamatan pasien.

Kamis, 24 Maret 2011

Review Film : LIAR GAME The Final Stage


Judul                : LIAR GAME The Final Stage
Sutradara         : Hiroaki Matsuyama
Musik              : -
Produser          : -
Skenario          : Kuroiwa Tsutomu
Rilis                 : 6 Maret 2010
Durasi             : 133 menit
Genre              : Thriller Psikologi
Pemain Utama : Toda Erika - Kanzaki Nao
                         Matsuda Shota - Akiyama Shinichi
                         Suzuki Kosuke - Fukunaga Yuji
                         Kichise Michiko - Eri

"Can you live with that? My lies?"
"I guess so. If they're gentle enough and make people happy"

Merupakan versi layar lebar dari dorama LIAR GAME yang dirilis 6 Maret 2010, disutradarai oleh Hiroaki Matsuyama yang juga menangani versi dorama. Dalam perilisannya, LIAR GAME The Final Stage berhasil masuk Box Office Jepang dan berhasil menggeser Percy Jackson and the Olypians ke posisi ke-2.

Bercerita tentang babak selanjutnya dari episode terakhir LIAR GAME Season 2, dimana Kanzaki Nao dan kawan-kawan berhasil sampai ke babak semi final dan memenangkan permainan. Tapi demi untuk menyelamatkan Katsuragi Ryo, Nao merelakan tiket finalnya melayang karena uang yang didapat tidak mencukupi. Maka jadilah dua orang yang maju ke babak final adalah Akiyama Shin'ichi dan Fukunaga Yuji.

Namun LIAR GAME seakan tidak mau kehilangan korban paling potensialnya. Dengan mundurnya Yokoya dari babak final, Kanzaki Nao pun kembali dipanggil untuk mengikuti babak paling berbahaya dari LIAR GAME, Final Stage. Seperti biasa, dengan mudah, Kanzaki Nao terhasut untuk ikut permainan, bersama dengan Akiyama dan Fukunaga, serta Yukina dan Kawai dari ronde ke-2, dan ke-6 pemain lainnya, mereka akan bersaing satu sama lain, saling menipu dan menjatuhkan untuk merebut hadiah senilai 50 juta dollar.

Sama seperti 2 season dorama sebelumnya, LIAR GAME The Final Stage masih menawarkan cerita Thriller Psikologi yang mempesona, penuh dengan permainan trik dan strategi, lengkap dengan pengkhianatan dan penipuan.

Karena menyajikan bagian terakhir dari permainan LIAR GAME, tentunya film layar lebar ini sangat patut untuk ditonton untuk melengkapi rangkaian cerita dari permainan LIAR GAME sebelumnya. Apalagi di akhir film akan diungkap misteri di balik permainan LIAR GAME, yang tentunya akan membuat penontonnya penasaran.

Kelemahan dari versi layar lebar ini adalah ceritanya yang langsung berlanjut dari episode terakhir LIAR GAME Season 2, jadi penonton yang tidak mengikuti doramanya akan sedikit kesulitan dan kadang kebingungan memahami cerita, baik situasi maupun perkataan para tokohnya yang kadang langsung merujuk ke versi dorama.

Sebagai versi layar lebar, juga tidak banyak peningkatan signifikan dari versi dorama baik dari segi kualitas gambar, setting, pengambilan gambar atau musiknya. Jadi bisa dikatakan, versi layar lebar ini hanya seperti dorama dengan durasi lebih panjang.

Meski demikian, secara keseluruhan, film LIAR GAME The Final Stage masih menarik untuk ditonton. Paling tidak untuk memuaskan rasa penasaran akan akhir dari permainan LIAR GAME. Juga keingin tahuan akan apa maksud dibalik permainan mengerikan tersebut. Jadi tak salah jika FUN masih memberi rating 8,5/10 untuk film thriller psikologi keren ini :)
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...