Minggu, 12 Juni 2011

Review Movie BECK Live Action



Judul : BECK the Movie
Sutradara : Yukihiko Tsutsumi
Rilis : 4 September 2010
Genre : Drama, Musikal
Pemain Utama : Satoh Takeru - Koyuki
Mizushima Hiro - Ryusuke
Nakamura Aoi - Saku
Kiritani Kenta - Chiba
Mukai Osamu - Taira
Kutsuna Shioli - Maho

Walau sudah lama rilis September tahun lalu. Tapi baru minggu ini FUN bisa sempat menonton dan mereviewkannya. Okey, enjoy it!

Yap, akhirnya Yukihiko Tsutsumi kembali mengangkat sebuah judul manga ke layar lebar. Setelah sebelumnya sukses menggarap 21st Century Boys milik Urasawa Naoki sensei. Kali ini Tsutsumi mengangkat sebuah manga yang bercerita tentang band beranggotakan 5 pemuda yang bercita-cita menjadi band rock terhebat, apalagi jika bukan si Mongolian Chop Squad, BECK!

BECK merupakan manga karya Harold Sakuishi sensei, yang pertama kali diserialisasikan di majalah Shonen Magazine pada tanggal 17 Februari 2000 dan sampai saat ini tankoubon-nya sudah mencapai jilid ke 34. Di Indonesia sendiri manga ini diserialisasikan pada majalah manga Shonen Magz dan juga sudah terbit versi tankoubonnya.

Sama seperti serial manga-nya, film ini bercerita tentang seorang anak SMA (atau anak SMP pada versi manga-nya) bernama Koyuki dengan kehidupannya yang membosankan. Hingga akhirnya nasib mempertemukannya dengan Ryusuke, seorang gitaris pindahan dari Amerika. Koyuki seakan menemukan semangatnya yang baru dalam bermusik dan mulai berlatih memainkan gitar. Akhirnya bersama bassis berbakat Taira, vokalis raper Chiba, dan Saku murid cupu yang ternyata jago nge-drum, mereka berlima membentuk BECK dan bercita-cita menjadikan BECK sebagai band rock terhebat, tidak hanya di Jepang tapi dunia.

Perjalanan BECK yang memulai karir dari bawah, perjuangan tiap anggotanya untuk meningkatkan kemampuan (terutama Koyuki) dan beragam konflik antar karakter, baik cinta dan masa lalu, membuat film ini menjadi penuh warna. Karena tidak mungkin mengadaptasi serial manganya yang panjang, maka dalam film ini, arc yang diambil adalah dari awal cerita BECk dimulai hingga klimaksnya ketika BECK berhasil manggung dalam acara konser megah Greatful Sound.

Sebagai film "musikal", sudah pasti dalam film ini bertaburan lagu-lagu. Paling tidak, Red Hot Chili Peppers dengan Around the World, The Black Crowes dengan Remedy, dan Oasis yang berjudul Don't Look Back in Anger menghiasi film ini. Belum lagi lagu-lagu dari band fiktif dalam serial BECK, seperti BECk sendiri dengan Evolution, Moon Beams, dan Looking Back. Lagu dari Dying Breed pimpinan Eddy Lee juga tampil dengan Flat Liners dan Naked. Sementara Belle Ame ft Yoshito sebagai saingan BECK juga memainkan lagu dalam film ini.

Selain musik, faktor pemilihan aktor juga menarik. Apalagi bagi para penggemar tokusatsu, karena dua tokoh utamanya, yakni Koyuki dan Ryusuke yang masing-masing diperankan oleh mantan aktor Kamen Rider, yakni Satoh Takeru (Den-O) dan Mizushima Hiro (Kabuto). Dari sudut pandang kemiripan juga sudah sesuai semua, namun Satoh Takeru masih kelihatan tua untuk memainkan peran Koyuki yang fresh. Sementara akting Mizushima Hiro tampak lebay meski sebagai Ryusuke, ia cukup sukses membawakan dialog berbahasa inggris. Namun, yang paling menjiwai justru datang dari Kiritani Kenta sebagai Chiba yang sukses dalam mewakili karakter, kemiripan, bahkan kemampuan bernyanyi rap Chiba yang ia nyanyikan sendiri.

Salah satu kehebatan dalam film ini adalah kemampuan menciptakan suasana konser rock Greatful Sound yang menjadi klimaks film. Dimana seakan-akan festival rock itu benar-benar terjadi dan sangat megah serta kolosal, cocok sekali menjadi akhir kisah perjalanan grup BECK dalam film ini.

Namun, berbeda dengan versi anime dimana kita dapat mendengar suara Koyuki bernyanyi, dalam film ini sayang sekali kita tidak bisa mendengar suara Koyuki dan hanya disuguhi rentetan penggambaran visual akan keindahan suara Koyuki. Sementara suaranya sendiri seakan di-mute dan hanya disuguhi lirik saja. Hal ini konon merupakan permintaan dari sang mangaka-nya sendiri.

Terlepas dari itu semua, sebagai film adaptasi, pasti dihadapkan pada konsekuensi dibandingkan dengan versi manga-nya. Menurut FUN sendiri, film ini cukup sukses dengan jalan cerita yang tidak terlalu melenceng dengan versi manga-nya. Penyesuaian adegan juga bisa dimaklumi, tidak mungkin kita melihat Chiba melakukan rider kick seperti dalam manga-nya atau mimpi rock star legendaris dunia memunguti sampah konser BECK, dan lain sebagainya.

Overall, menurut FUN, BECK adalah sebuah film "musikal" yang layak tonton. Apalagi bagi penggemar serial manga BECK, pasti penasaran melihat bagaimana anak-anak BECK konser dalam wujud nyata. Bagi penggemar tokusatsu pun bisa jadi penasaran dengan aksi pemeran Den-O dan Kabuto sebagai tokoh utama yang memegang gitar. So, untuk film ini tidak salah jika FUN memberi rating 7,5/10 karena benar-benar bikin penasaran! Yeah~ We Are the BECK!!!




Jumat, 10 Juni 2011

Mengenal Igo

Bagi yang suka baca manga Hikaru no Go pasti sudah tidak asing lagi dengan game menyusun batu diatas papan ini, yap! Apalagi jika bukan Igo. Nah kali ini FUN akan membahas permainan favorit Hikaru Shindo ini. Enjoy it!

Sekilas Tentang Igo

Permainan Igo
Igo atau biasa disebut Go (Inggris), Weiqi (China), Baduk (Korea), merupakan permainan yang sebenarnya berasal dari Tiongkok sekitar tahun 2000SM hingga 200SM. Menurut wikipedia, igo konon diciptakan oleh Kaisar Tiongkok Yao pada tahun 2337-2258SM untuk melaih anaknya, Danzhu belajar disiplin, konsentrasi dan keseimbangan.
Memang pada kenyataannya igo tidak hanya sekedar sebuah permainan, melainkan memiliki kedalaman, kompleksitas, strategi, melatih konsentrasi, keseimbangan, ingatan, bahkan penuh dengan falsafah yang dapat diterapkan dalam kehidupan nyata.



Aturan Awal Igo

Batu putih di sisi dan
pojok papan, hanya
memiliki 3 dan 2 liberti
1. Dua pemain masing-masing memegang salah  satu batu hitam atau putih. Batu hitam dalam permainan ini adalah yang melangkah pertama kali.
2. Untuk menentukan siapa pemakai batu hitam, salah seorang pemain menggenggam sejumlah batu dan pemain lain menebak apakah batu-batu itu berjumlah genap atau ganjil. Jika jawaban tepat, maka ia memperoleh batu hitam.
3. Pemegang batu hitam, karena jalan lebih dulu maka memiliki komi 5,5 mata. Dimana dalam keadaan permainan imbang, biji putih menang 5,5 mata. Jika pada permainan hitam unggul 6 mata, maka sejatinya ia menang 0,5 mata karena peraturan komi tersebut.
4. Jika perbedaan kemampuan antar dua pemain sangat jauh, maka pemain yang lebih lemah bisa menempatkan sejumlah biji pada tempat-tempat yang dianggapnya strategis sebelum  permainan dimulai. Jumlah biji yang ditempatkan sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Fungsi ini mirip semacam handicap.

Aturan Permainan Igo


Batu putih tertangkap
1. Dua pemain secara bergantian meletakkan sebuah biji batu pada titik perpotongan garis pada papan. Umumnya papan berukuran 19x19, namun ada pula yang berukuran 9x9, bermacam-macam.
2. Setiap batu memiliki liberti atau empat titik lain di sekitarnya. Jika pada keempat titik tersebut diletakkan batu lawan. Maka batu tersebut dinyatakan tertangkap, dikeluarkan dari papan untuk diambil oleh lawan. Sebagai tambahan, titik pojok hanya memiliki dua liberti dan titik sisi memiliki tiga liberti saja.
3. Titik kosong setelah penangkapan tadi dinamakan mata. Lawan tidak bisa meletakkan batu pada titik tersebut karena titik tersebut tidak mempunyai liberti.
4. Untuk lolos dari tangkapan, batu bisa diletakkan pada titik yang berhubungan dengan batu yang kita letakkan sebelumnya sehingga membentuk rantai liberti. Lawan harus menutupi semua titik yang dihasilkan dua batu tersebut untuk bisa menangkap dua batu kita.
5. Kita bisa meletakkan batu pada titik mata yang tidak mempunyai liberti, jika pada saat yang bersamaan hal itu untuk menangkap batu musuh.
6. Jika dirasa sudah tidak ada langkah yang bermanfaat, pemain bisa melakukan pass dan tidak perlu meletakkan batunya lagi. Jika kedua pemain pass, maka permainan dinyatakan berakhir dan mulai penghitungan wilayah dan batu lawan yang berhasil didapat, hal ini untuk menentukan siapa pemenangnya.

Strategi dalam Igo


Batu putih bisa diletakkan
pada mata, jika untuk
mengambil batu lawan.
1. Permainan igo pada dasarnya tidak sesimpel hanya bermain untuk mengepung batu lawan untuk mendapatkan batu lawan sebanyak-banyaknya. Melainkan lebih kepada merangkai wilayah sehingga lawan tidak bisa menempatkan batunya pada wilayah tersebut.
2. Penting sekali untuk membuat wilayah tidak bisa diserang, sehingga minimal perlu ada dua mata yang kokoh agar tidak ada batu yang bisa diambil.
3. Mempertahankan batu agar tidak diambil lawan juga sangat penting. Perlu perencanaan dan strategi yang tepat ketika meletakkan batu untuk membentuk rantai liberti. Agar nantinya bisa selamat dan bukan hanya menambah jumlah korban yang sia-sia.
4. Gagalkan lawan membuat wilayah. Hal ini dapat dengan mendesak lawan sehingga wilayah yang didapatkannya sempit atau bahkan gagal mendapatkan wilayah.
5. Analisa dan hitung langkah lawan agar kita tahu apakah langkah kita nanti akan sukses atau tidak.

Kedahsyatan Igo


Susunan batu menciptakan
wilayah. Lingkaran biru merupakan
wilayah hitam, merah wilayah putih,
dan kuling wilayah netral
1. Meski peraturan tadi terlihat sederhana, namun kompleksitasnya sangat tinggi. Hal ini karena luasnya area titik pada papan dan lebih leluasanya kita dalam meletakkan batu. Bahkan kedalaman dan kompleksitas Igo melebihi permainan papan sejenis seperti Othello, Shogi, bahkan catur sekalipun.
2. Dalam wikipedia disebutkan jumlah posisi catur yang sah berada di antara 10^43 dan 10^50 langkah. Bandingkan dengan kemungkinan posisi permainan igo yang ada sekitar 3^361x0,012 = 2,1x10^170 yang merupakan hasil dari sekitar (120)^2 = 4,5x10^397 permainan berbeda tanpa penangkapan, sehingga jumlahnya sekitar 9,3x10^567 permainan, mengizinkan penangkapan memberikan sekitar 10^7,49x10^48 kemungkinan permainan. Bandingkan dengan jumlah proton seluruh alam semesta menurut para fisikawan yang tidak lebih dari 10^90.
3. Karena saking kompleksnya, banyak orang yang berusaha mempelajari igo secara mendalam. Mempelajari langkah demi langkah bahkan dari para pemain yang telah lampau.
4. Igo bukan lah permainan keberuntungan dengan menyusun batu secara acak. Karena perlu strategi dalam menempatkan sebuah batu igo, karena peletakkan sebuah batu saja dapat mempengaruhi jalannya ratusan langkah kedepan. Hal itulah yang menyebabkan aspek pengalaman sangat berperan dalam permainan ini.
5. Para pemain yang berpengalaman sudah bisa membaca langkah apa yang akan diambil lawan. Dari satu langkah batu saja ia sudah harus paham wilayah mana yang akan didapatkan, strategi apa yang akan digunakan, dan bagaimana mengantisipasi serangan lawan. Sehingga dari beberapa langkah saja permainan dimulai, mereka sudah hampir tahu bagaimana akhir dari permainan mereka.

Akhirnya


Sejak pertama kali FUN mengenal igo di sekolah menengah, FUN sudah merasa tertarik dengan permainan papan strategi yang satu ini. Memang tidak dipungkiri, ketertarikan itu salah satunya adalah karena manga Hikaru no Go. Namun seiring waktu, igo masih tetap menjadi favorit meski anime Hikaru no Go sudah lama berlalu.
Perasaan ketika memainkan, sensasi adrenalin ketika melangkahkan batu, memutar otak untuk menyimpulkan beberapa langkah yang mungkin dan menebak langkah lawan yang mungkin diambil membuat permainan ini sangat menarik. Mengecoh lawan untuk terjatuh pada perangkap dan menunggu lawan salah melangkah merupakan sensasi tersendiri.
Kadang kita tidak akan tahu hasil akhirnya sebelum penghitungan wilayah dilaksanakan. Tidak seperti permainan lain yang sudah jelas terlihat jika lawan tamat. Hal inilah yang membuat penasaran, bahkan bisa jadi orang yang mengira dirinya kalah, setelah dihitung ternyata menang tipis.
Sekali lagi, Igo benar-benar permainan menarik yang memacu otak berpikir dan berstrategi. Berkonsentrasi agar tidak salah melangkah dan keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Hal ini merupakan refleksi kehidupan yang sangat berharga dan bisa kita terapkan pada kehidupan nyata.

Bagi yang ingin memberikan ralat, saran, atau pertanyaan seputar Igo, silahkan comment di bawah :)

Rabu, 08 Juni 2011

5 Karakter Bermata Merah dalam Manga Anime

Mata merupakan bagian terpenting dalam sebuah karakter manga. Bentuk mata pada aliran manga yang khas, membuatnya seakan menjadi poin penting apakah suatu karakter menjadi beraliran manga atau tidak. Mungkin karena itulah banyak mangaka yang bereksplorasi pada bagian mata, entah warna, bentuk, atau memiliki kemampuan apa.

Nah, diantara sekian banyak warna mata, ada sebuah warna mata yang sangat familiar dikalangan para mangaka, yakni mata merah. Mata berwarna merah ini seringkali dijadikan spesial dibandingkan warna mata yang lain - meskipun warna mata kuning atau hijau juga sudah cukup aneh.

Umumnya, mata merah dalam manga atau anime seringkali dikaitkan dengan kemampuan yang dahsyat yang dimiliki mata tersebut. Selain itu, mata merah juga digambarkan memiliki masa lalu yang dalam, asal usul atau sangat menentukan jalan hidup si karakter. Dari sekian banyak karakter bermata merah, berikut adalah 5 karakter dengan 5 mata merah beserta kemampuannya yang berhasil FUN himpun, enjoy it!


#5 Mata Kiri Merah - Saitou Yakumo

Mahasiswa pendiam ini dianugerahi bola mata ber-iris merah pada mata kirinya. Melalui mata kiri merah tersebut, Saitou Yakumo menjadi berkemampuan untuk melihat arwah atau hantu yang bergentayangan. Berbeda dengan kebanyakan orang yang takut akan hal-hal gaib, Yakumo sama sekali tidak takut. Arwah atau hantu tersebut menjadi bergentayangan karena memiliki alasan atau urusan yang belum selesai di dunia. Dan menjadi tugas Yakumo lah untuk menyelesaikannya, sehingga arwah tersebut dapat dengan tenang meninggalkan dunia dan tenang di alamnya. Menjadikan Saitou Yakumo dan mata merahnya sebagai seorang Shinrei Tantei atau Psychic Detective Yakumo.



#4 Mata Iblis - Kyo

Si Mata Iblis, begitulah julukan yang disandang oleh Kyo, seorang samurai yang konon telah membantai 1000 nyawa. Julukan tersebut bukan hanya karena sepak terjangnya yang ekstrim, melainkan juga karena bola mata-nya yang berwarna merah sehingga dikaitkan dengan mata iblis.
Mata merah pada Kyo sebenarnya merupakan tanda bahwa ia adalah keturunan terakhir klan Mibu. Klan Mibu sendiri merupakan suatu klan yang seolah memiliki kekuasaan dan kekuatan bagai dewa, yang mengatur Jepang dari balik layar.
Meski pada awal cerita, digambarkan bahwa hanya Kyo yang bermata merah, namun pada akhir cerita banyak karakter  dalam manga Samurai Deeper Kyo yang terungkap memiliki mata berwarna merah sama seperti Kyo.


#3 Geass - Lelouch Lamperouge

Sama seperti Yakumo, Lelouch Lamperouge juga memiliki mata kiri yang dapat berubah warna menjadi merah dengan gambar seperti sayap burung di dalamnya. Mata merah itu disebut Geass yang memegang peranan penting dalam serial terkenal, Code Geass.
Geass sendiri merupakan kemampuan misterius yang didapat seorang manusia setelah mengikat kontrak dengan seorang penyihir. Kemampuan unik dari Geass yang dimiliki tiap orang dapat bermacam-macam, seperti menghipnotis orang lain agar mengikuti keinginan, memanipulasi ingatan, bahkan untuk menghentikan waktu. Jika sering digunakan, kemampuan Geass akan melebihi batas dan dapat menyebar hingga ke kedua mata. Pada tahap ini, kemampuan Geass sudah tidak dapat dikontrol sesuai keinginan dan dapat keluar kapan saja, sehingga berpotensi dapat menimbulkan kekacauan.
Geass milik Lelouch sendiri merupakan Geass Power of the King, yakni kemampuan memberikan perintah mutlak. Dimana orang yang bertatapan dengan mata Geass Lelouch akan mentaati perintah atau kata-kata Lelouch.


#2 Bola Mata Merah Kuruta - Kurapika

Kurapika merupakan karakter dalam Hunter X Hunter yang jika emosi maka matanya akan berubah menjadi merah. Mata merah tersebut berasal dari darah suku Kuruta yang mengalir dalam dirinya.
Suku dengan jumlah penduduk yang sangat sedikit ini memang memiliki bola mata berwarna merah yang hanya muncul ketika mereka emosional, baik marah atau sedih. Karena bola mata unik itulah, suku Kuruta diburu secara sadis oleh para kolektor untuk diambil bola matanya. Dan Genei Ryodan berada di puncak aksi tak berperikemanusiaan tersebut, dengan membantai suku Kuruta sampai habis dan hanya menyisakan Kurapika seorang.
Itulah alasan kenapa Kurapika begitu membenci Genei Ryodan. Bahkan hanya mendengar namanya saja disebut, mata Kurapika akan langsung berubah warna, menunjukkan betapa benci dan marahnya Kurapika pada grup penjahat tersebut. Bagi Kurapika, bola matanya yang berubah merah juga seolah menjadi tanda bahwa ia sedang sungguh-sungguh mengerahkan kekuatannya. Karena kemampuan nen-nya yang sangat berkaitan erat dengan dendamnya pada Genei Ryodan.


#1 Sharingan - Uchiha Sasuke

Dan inilah mata merah yang paling terkenal di penjuru dunia, yap, apalagi jika bukan Sharingan dari serial Naruto.
Kemampuannya mengerikan yang dimilikinya, asal-usulnya yang kelam, serta karakter-karakter pemiliknya, membuat Sharingan menjadi salah satu penggambaran mata merah tersukses dalam manga atau anime.
Sejarahnya, bola mata berkemampuan dahsyat ini dimiliki oleh ninja-ninja dari klan Uchiha, sebuah klan ninja yang dahulu sangat berpengaruh di desa Konoha. Sebuah pembantaian sadis oleh salah seorang anggota klan terjadi, membuat klan ini nyaris punah dan hanya menyisakan beberapa orang saja, diantaranya adalah Sasuke Uchiha yang paling menonjol.
Selain Sasuke, sebenarnya masih banyak pemilik Sharingan yang lain, seperti Itachi Uchiha dan Madara Uchiha. Juga Hatake Kakashi yang meski bukan klan Uchiha namun mendapatkan mata Sharingan hasil transplantasi sahabatnya dari klan Uchiha yang meninggal.
Mata Sharingan ini memiliki tingkatan, seperti Sharingan biasa hingga Mangekyo Sharingan. Jurus yang dihasilkan dari Sharingan pun bisa bermacam-macam sesuai tingkatan tadi, dari hanya meng-copy jurus lawan, membuat genjutsu dari yang biasa hingga tingkat tinggi, sampai membakar tubuh lawan dengan api hitam Amaterasu.

Kamis, 02 Juni 2011

10 Manga Terlaris Paruh Pertama 2011

Oricon telah merilis daftar 10 manga dengan penjualan tertinggi selama paruh pertama 2011, yakni dari 22 November 2010 hingga 22 Mei 2011. Berikut daftar 10 manga tersebut :


#1 One Piece (Eiichiro Oda / Shueisha) dengan total penjualan 23.366.030 copy


#2 Gantz (Hiroya Oku / Shueisha) dengan total penjualan 3.110.842 copy


#3 Naruto (Masashi Kishimoto / Shueisha) dengan total penjualan 3.035.593 copy


#4 Shingeki no Kyojin (Hajime Isayama / Kodansha) dengan total penjualan 2.613.851 copy


#5 Fairy Tail (Hiro Mashima / Kodansha) dengan total penjualan 2.501.768 copy


#6 Bakuman (Tsugumi Ohba & Takeshi Obata / Shueisha) dengan total penjualan 2.471.448 copy


#7 Kimi ni Todoke (Karuho Shiina / Shueisha) dengan total penjualan  2.421.162 copy


#8 Gintama (Hideaki Sorachi / Shueisha) dengan total penjualan 2.332.551 copy


#9 Bleach (Tite Kubo / Shueisha) dengan total penjualan 1.980.234 copy


#10 Toriko (Mitsutoshi Shimabukuro / Shueisha) dengan total penjualan 1.836.000 copy

Rabu, 01 Juni 2011

10 Kelompok Antagonis Terkeren

Dalam setiap manga anime bergenre fighting atau adventure, umumnya menemui beberapa antagonis yang akan menjadi lawannya. Diantara musuh-musuh tersebut, tak jarang yang membentuk suatu kelompok atau tim. Kehadiran karakter-karakter antagonis yang berkelompok ini tentu menciptakan duel besar dengan kelompok atau tim si tokoh utama, dimana masing-masing karakter menemukan lawan yang akan dihadapi. Biasanya lawan yang dihadapi memiliki hubungan emosional baik kemiripan atau bahkan dendam di masa lalu yang semakin membuat seru pertarungan.

Diantara sekian banyak geng atau grup antagonis yang berkeliaran di serial manga atau anime, tentunya ada yang paling keren dan legendaris. Nah, berikut daftar sepuluh diantaranya menurut FUN :


#10 Apostles of the Stars (Black Cat)




Manga : Black Cat
Author : Yabuki Kentaro
Nama Kelompok : Apostles of the Stars
Nama Lain : Hoshi no Shito, Apostles, Utusan Bintang
Deskripsi Singkat : Sekumpulan penjahat berkekuatan Tao
Tujuan : Melenyapkan manusia lemah dari muka bumi
Pimpinan : Creed Diskenth
Anggota : Shiki, Charden Flamberg, Kyoko Kirisaki, Deek Slasky, Doctor, Durham Glaster, Eathes, Echidna Parass, Igor Planter, Leon Elliott, Maro, Preta Ghoul


#9 Juppongatana (Rurouni Kenshin)


Manga : Rurouni Kenshin
Author : Nobuhiro Watsuki
Nama Kelompok : Juppongatana
Nama Lain : The Ten Swords
Deskripsi Singkat : Sepuluh petarung samurai penentang pemerintahan Meiji
Tujuan : Menghancurkan pemerintahan Meiji dan menguasai Jepang
Pimpinan : Shishio Makoto
Anggota : Seta Sojiro, Oonuma Usui, Yukyuzan Anji, Sadojima Hoji, Sawagejo cho, Honjo Kamatari, Kariwa Henya, Iwanbo, Elder Saizuchi, Fuji


#8 Gold Saints (Saint Seiya)


Manga : Saint Seiya
Author : Masami Kurumada
Nama Kelompok : Gold Saints
Nama Lain : Gorudo Seinto, Saint Emas
Deskripsi Singkat : Saint-saint paling kuat dalam pasukan Athena
Tujuan : Penjaga kuil masing-masing di Sanctuary
Pimpinan : Pope of Sanctuary (Gemini Saga)
Anggota : Aries Mu, Taurus Aldebaran, Cancer Deathmask, Leo Aiolia, Virgo Shaka, Libra Dohko, Scorpio Milo, Sagittarius Aiolos, Capricorn Shura, Aquarius camus, Pisces Aphrodite


#7 Espada (Bleach)


Manga : Bleach
Author : Tite Kubo
Nama Kelompok : Espada
Nama Lain : Esupada, Ten Blades
Deskripsi Singkat : Sepuluh arrancar terkuat dalam pasukan Aizen
Tujuan : Menghancurkan kota Karakura dan mewujudkan rencana jahat Aizen
Pimpinan : Sosuke Aizen, Gin Ichimaru, Kaname Tosen
Anggota : Coyote Starrk, Baragan Luisenbarn, Tia Harribel, Ulquiorra Cifer, Nnoitra Gilga, Grimmjow Jaegerjaquez, Zommari Leroux, Szayel Aporro Granz, Aaroniero Arruruerie, Yammy Riyalgo


#6 Organisasi Hitam (Meitantei Conan)


Manga : Meitantei Conan
Author : Aoyama Gosho
Nama Kelompok : Organisasi Hitam
Nama Lain : Organisasi Berbaju Hitam, Black Organization
Deskripsi Singkat : Organisasi kriminal elit
Tujuan : Melakukan kejahatan kriminal yang sangat terorganisir dan rahasia
Pimpinan : Anokata (orang itu)
Anggota : Gin, Vodka, Vermouth, Chianti, Korn, Bourbon


#5 Homunculus (Full Metal Alchemist)


Manga : Full Metal Alchemist
Author : Hiromu Arakawa
Nama Kelompok : Homunculus
Nama Lain : Homunkurusu
Deskripsi Singkat : Makhluk buatan yang tercipta dari darah "Father"
Tujuan : Melaksanakan segala perintah dan rencana "Father"
Pimpinan : "Father"/Homunculus
Anggota : Pride, Lust, Greed, Envy, Sloth, Gluttony, Wrath


#4 Pasukan Ginyu (Dragon Ball)


Manga : Dragon Ball
Author : Akira Toriyama
Nama Kelompok : Pasukan Ginyu
Nama Lain : Ginyu Tokusentai, Ginyu Special Corps, Ginyu Force
Deskripsi Singkat : Tim tentara bayaran elit yang bekerja untuk Frieza
Tujuan : Membantu Frieza menguasai planet dan melenyapkan pengganggu
Pimpinan : Captain Ginyu
Anggota : Jeice (Jees), Burter (Barta), Recoome (Rikum), Guldo


#3 Genei Ryodan (Hunter X Hunter)


Manga : Hunter X Hunter
Author : Yoshihiro Togashi
Nama Kelompok : Genei Ryodan
Nama Lain : Phantom Troupe, Laba-Laba
Deskripsi Singkat : Kelompok penjahat terdiri dari 13 orang yang sangat berbahaya
Tujuan : Membunuh, mencuri, merampok, melaksanakan perintah pimpinan
Pimpinan : Kuroro Lucifer
Anggota : Bonolenov, Feitan, Franklin, Koltopi, Machi, Nobunaga Hazama, Pakunoda, Phinks, Shalnark, Shizuku, Uvogin, Hisoka, Kalluto


#2 Shichibukai (One Piece)


Manga : One Piece
Author : Eiichiro Oda
Nama Kelompok : Shichibukai
Nama Lain : Royal Shichibukai, Tujuh dewa bajak laut, Seven Warlords of the Sea
Deskripsi Singkat : Tujuh orang bajak laut terkuat yang diakui pemerintah
Tujuan : Bajak laut yang diberi otoritas khusus dan bekerja untuk pemerintah
Pimpinan : Pemerintah
Anggota : Sir Crocodile (ex), Jinbei (ex), Marshall D Teach (ex), Juraquille Mihawk, Donquixeto Doflamingo, Bartholomew Kuma, Boa Hancock, Gecko Moria (ex)


#1 Akatsuki (Naruto)



Manga : Naruto
Author : Masashi Kishimoto
Nama Kelompok : Akatsuki
Nama Lain : Akatsuki
Deskripsi Singkat : Kelompok berbahaya beranggotakan ninja-ninja kriminal kelas S
Tujuan : Mengumpulkan bijuu berkekuatan mengerikan untuk menguasai dunia
Pimpinan : Pein (Nagato), (Tobi) Madara Uchiha
Anggota : Konan, Deidara, Itachi Uchiha, Zetsu, Kisame Hoshigaki, Kakuzu, Hidan, Sasori